Penyakit Flu

Penyakit Flu

Penyakit Flu – Flu adalah penyakit virus yang sangat menular dan sangat umum yang disebarkan oleh batuk dan bersin. Flu disebabkan oleh kelompok yang berbeda dari virus dan gejala cenderung lebih parah dan berlangsung lebih lama. Anda dapat tertular flu atau influenza sepanjang tahun, tetapi terutama umum di musim dingin, yang mengapa juga dikenal sebagai ‘flu musiman’. Flu menyebabkan nyeri, suhu yang mendadak tinggi, sakit kepala, kelelahan dan sakit tenggorokan. Anda juga dapat kehilangan nafsu makan, merasa mual dan batuk.
Gejala flu dapat membuat Anda merasa begitu kelelahan dan tidak sehat. Jika Anda mengalami gejala seperti itu maka Anda harus tinggal di tempat tidur dan beristirahat sampai Anda merasa lebih baik.

Menurut Wikipedia:

Influenza, yang lebih dikenal dengan sebutan flu, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari famili Orthomyxoviridae (virus influenza), yang menyerang unggas dan mamalia. Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah menggigil, demam, nyeri tenggorok, nyeri otot, nyeri kepala berat, batuk, kelemahan, dan rasa tidak nyaman secara umum.

Penyakit Flu disebabkan oleh virus. Penyakit ini ringan tapi membutuhkan perawatan yang cukup serius. Jangan pernah sepelekan flu yang Anda derita, siapa tahu flu Anda termasuk dalam bagian flu-flu berikut.

  1. Flu Babi.
    Flu ini ditemukan di Benua Amerika tepatnya di meksiko. Pada saat itu banyak manusia peternak babi yang ikut mati bersamaan dengan hewan ternaknya. Sebetulnya flu ini hanya menular pada sesama babi. Namun flu ini dapat tertular langsung pada orang yang memelihara babi itu sendiri.Anda perlu mewaspadai, karena flu ini sangat dengan cepatnya menyebar pada orang yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah. Pada awal agustus di tahun 2009, korban flu babi di dunia mencapai 1.154 orang. Penyakit ini dengan cepat menyebar dan menjangkiti sekitar 168 negara.
  2. Flu Burung
    Flu Burung atau Avian Influenza (Al) adalah salah satu jenis penyakit yang mematikan dan disebabkan oleh virus yang menyerang baik unggas maupun manusia. Belum tersedianya vaksin maupun obat yang tepat untuk mencegah dan mengobati penyakit infeksi Al membuat upaya penanggulangan sulit. Flu ini ditemukan banyak terdapat di Hongkong, Vietnam, Thailand, dan Jepang. Lalu banyak ditularkan melalui turis-turis yang datang dan akhirnya sampai di Indonesia.Virus ini sendiri memliki 3 tipe, Tipe A (banyak menyerang Unggas), lalu TIpe B dan C (banyak menyerang manusia).Sama halnya flu babi, Virus flu burung sangat mematikan,tak jarang penderitanya akan menemui kematian jika penyakit ini tak dapat disembuhkan. Namun di indonesia sudah tidak terdapat lagi Flu burung, ketika pemerintah mensosialisasikan vaksinasi secara serius untuk hewan ternak.Gejala dan perawatan Flu Burung:Gejala umum yang dapat terjadi adalah demam tinggi, keluhan pernafasan dan (mungkin) perut. Replikasi virus dalam tubuh dapat berjalan cepat sehingga pasien perlu segera mendapatkan perhatian medis.Penanganan medis maupun pemberian obat dilakukan oleh petugas medis yang berwenang. Obat-obatan yang biasa diberikan adalah penurun panas dan anti virus. Di antara antivirus yang dapat digunakan adalah jenis yang menghambat replikasi dari neuramidase (neuramidase inhibitor), antara lain Oseltamivir (Tamiflu) dan Zanamivir. Masing-masing dari antivirus tersebut memiliki efek samping dan perlu diberikan dalam waktu tertentu sehingga diperlukan opini dokter. Source wikipedia
  3. Flu Kuda
    Di India pada bagian kota Rajasthan dan Gujarat, flu ini ditemukan setelah terdapat 43 ekor kuda mati secara mendadak. Flu ini belum ditemukan dapat menularkan virus pada manusia, namun jika kita melihat kasus flu burung dan flu babi, kita harus tetap waspada dengan penyakit ini kedepannya.
  4. Flu Tulang.
    Penyakit flu tulang adalah salah satu epidemi influeza yang diakibatkan oleh parvovirus B19. Penyakit flu tulang ini sering disebut dan dikenal sebagai chikungunya atau demam tulang. Flu tulang ini sendiri merupakan makin parahnya penyakit influenza karena karakteristik virus flu yang selalu berubah-ubah untuk mempertahankan hidupnya. memang penyakit flu tulang ini tidak menyebabkan kematian namun menyebabkan kelumpuhan.Kata chikungunya berasal dari bahasa swahili yang berarti posisi tubuh melengkung dan meliuk, bentuk tubuh penderita membungkuk karena mengalami nyeri sendi yang begitu hebat.Chikungunya berasal dari daratan afrika dan di indonesia sendiri mulai ditemukan pada tahun 1973. Tempat pertama kali ditemukannya penyakt flu tulang/chikungunya adalah di Samarinda. pada tahun 2001-2003 kasus penyakit flu tulang diperkirakan mencapai 3.918 tanpa mengakibatkan kematian.Penyebab flu tulang sendiri adalah virus Parvovirus B19 yang sudah menginfeksi nyamuk Aides Aegypty, sama seperti penyakit DBD.Adapun Untuk Gejala Flu Tulang Adalah Sebagai Berikut :
    Gejala awal penyakit ini adalah secara tiba-tiba tubuh terasa demam tinggi disertai nyeri, linu atau pegal-pegal pada persendian dan seluruh tulang. Oleh karena itu kebanyakan orang menyebutnya sebagai flu tulang.
    Masa inkubasi dari virus chikungunya ini dua sampai empat hari. Manifestasi penyakit berlangsung tiga sampai 10 hari. virus ini termasuk self limiting disease alias hilang dengan sendirinya. Namun, rasa nyeri masih tertinggal dalam hitungan minggu sampai bulan.

Penyakit Flu

Langkah-langkah untuk mencegah datangnya penyakit flu antara lain :

1.    Rajin mencuci tangan terutama saat makan atau setelah berjabat tangan. Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa mencuci tangan atau menggunakan larutan sterilisasi bisa bermanfaat lebih banyak untuk menghentikan penyebaran flu.
2.    Jauhkan tangan anda dari hidung agar kuman penyakit tak mudah masuk
3.    Istirahat yang cukup
4.    Olahraga yang teratur
5.    Konsumsi makanan sehat dan bergizi
6.    Jika diperlukan Vaksin Flu bisa membantu mencegah penyakit ini
7.    Hindari / batasi kontak langsung dengan penderita Influenza
8.    Jaga kebersihan tubuh dan lingkungan
9.    Biarkan sinar matahari masuk kedalam rumah / tempat anda beraktivitas
10.    Hindari stress dan hiduplah lebih bahagia

Cara Alami Mengatasi Penyakit Flu Influenza

  1. Sering-sering membuang lendir hidung. Ketika diserang penyakit kita pasti banyak mengeluarkan ingus atau lendir hidung, dengan sering mengeluarkan lendir ini hidung kita akan lega, dan bakteri flu akan terbuang, maka seringlah membuang lendir hidung.
  2. Perbanyak Istirahat. Ketika awal-awal anda diserang flu, segera ambil kesempatan untuk istirahat cukup, karena dalam fase ini tubuh anda mencurahkan energi untuk melawan virus influenza, jadi jangan beraktivitas walau hanya menonton atau hal lain yang anda anggap ringat, tetapi istirahat atau tidur.
  3. Berkumur-kumur. Hal lain yang bisa anda usahakan adalah dengan berkumur-kumur, anda bisa menggunakan air larutan garam untuk berkumur atau melembabkan tenggorokan anda yang sedang meradang. Selain air garam, anda juga bisa berkumur dengan air perasan lemon, caranya: ambil satu sendok makan air lemon campurkan dengan segelas air, kemudian aduk merata dan tambahkan satu sendok makan madu, dinginkan air hangat ini pada suhu kamar.
  4. Minum minuman hangat. Minuman sangat membantu dalam menyembuhkan penyakit flu, minuman hangat bisa melegakan pernafasan, menghilangkan dehidrasi dan bisa membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman.
  5. Makan ala kadar (secukupnya). Ketika seseorang diserang influeza, biasanya nafsu makan menurun. Ini sepertinya adalah gejala alami dari pertahanan terhadap tubuh. Kalau anda makan dalam banyak maka energi yang seharusnya digunakan untuk menyembuhkan flu dialihkan untuk menguraikan makanan. Sehingga penyakit flu lama sembuhnya. Makanlah secukupnya saja ketika flu menyerang.
  6. Menggunakan salep menthol. Pakai salep menthol dibawah hidung anda, dengan cara ini mampu mengatasi hidup anda yang tersumbat, dan bisa melegakan pernafasan anda. Menthol juga bisa mengeluarkan aroma yang bisa merangsang produksi lendir dalam hidung, sehingga lendir lama dapat dikeluarkan.
  7. Bersauna (mandi Uap). Dengan mandi uap ketika flu akan melembabkan rongga hidung serta membuat tubuh menjadi rilex. Begitu juga menghirup beberapa tetes minyak kayu putih dalam semangkok air hangat bisa membantu proses penyembuhan penyakit flu ini.
  8. Tidur dengan meninggikan kepala. Tidur dengan kepala tinggi diatas tumpukan bantal bisa melegakan pernafasan kita, membuat rongga hidup leluasa untuk bernafas dan membuat tidur lega dan nyaman.
  9. Meminum segelas air campuran 1 sdm madu dan 1/4 sdm bubuk kayu manis yang di aduk dalam segelas air hangat. lakukan langkah ini selama 3 hari, insya Allah penyakit flu segera sembuh.

Penyakit Flu Influenza sebenarnya tidak memerlukan pengobatan khusus, karena disebabkan oleh virus maka jika kekebalan tubuh sudah membaik sebenarnya Virus ini dapat hilang dan sakit akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan pengobatan lebih di fokuskan hanya untuk mengurangi gejala rasa sakit yang ditimbulkan oleh virus Influenza itu sendiri.

Pengobatan secara Simptomatis (berdasarkan keluhan dan gejala) yang bisa dilakukan saat flu sebenarnya sangat mudah, langkah yang bisa anda lakukan diantaranya sebagai berikut:

1.    Istirahat yang cukup
2.    Perbanyak asupan makanan dan minuman yang sehat dan bergizi
3.    Perbanyak asupan buah dan sayuran terutama yang mengandung vitamin C

Ingat, virus flu tidak berumur pendek. Virus flu dapat mempertahankan kekuatannya untuk menyebarkan penyakit hingga tiga jam setelah menempel dan mengering.

 

Penggunaan antibiotik

Penggunaan antibiotik memiliki efek samping bagi sehingga bisa menjadi ancaman serius kesehatan. Antibiotik memiliki reaksi dan efek beracun, mengganggu keseimbangan alami dan kekebalan terhadap pengobatan. Antibiotik hanya efektif terhadap bakteri. Mereka sama sekali tidak berguna melawan virus yang menyebabkan pilek, flu dan beberapa radang tenggorokan. Penggunaan yang berlebihan terhadap obat-obatan ini juga dapat menyebabkan Infeksi jamur. Penggunaan yang terlalu sering dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, merangsang alergi, kerusakan organ tubuh dan bahkan menyebabkan depresi.

Demikianlah artikel mengenai Penyakit Flu ini, semoga bermanfaat

data-ad-format="link">
Penyakit Flu Post in | Last updated: December 4th, 2017 | 7,691 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *