5 Khasiat Menakjubkan Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Anda pasti sudah tak asing lagi dengan ubi jalar bukan? Makanan ini memang banyak disukai masyarakat Indonesia. Cemilan yang kaya akan karbohidrat ini biasa ditemani dengan teh atau kopi. Menyantap ubi jalar di sore hari sembari mengobrol bersama keluarga, tentu akan membuat percakapan semakin mengasyikkan. Namun, tahukah anda? sebenarnya ubi jalar juga memiliki banyak khasiat lho untuk kesehatan.  Berikut ini akan kami paparkan 5 khasiat ubi jalar:

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Ubi jalar memiliki banyak kandungan nutrisi, diantaranya ialah vitamin B kompleks, vitamin C, zat besi, dan fosfor. Nutrisi penting inilah yang menjadikan kekebalan  tubuh meningkat jika mengkonsumsi ubi jalar.

  1. Mengatasi bronkitis dan asma

Nutrisi yang ada pada ubi jalar juga dapat mengatasi bronkitis. Ubi jalar yang dikonsumsi dalam keadaan masih panas bisa membantu menghangatkan tubuh, apalagi jika dimakan di daerah yang bercuaca dingin. Aroma ubi jalar yang masih panas ini dapat mengatasi hidung yang mampet serta meredakan asma.

khasiat ubi jalar

khasiat ubi jalar (Ilustrasi/pixabay)

  1. Membantu mengatasi peradangan

Ubi jalar memiliki kandungan betakaroten, magnesium, dan vitamin C sehingga memiliki efek mengatasi peradangan. Mengonsumsi ubi jalar dapat mengatasi peradangan internal atau pun eksternal.

  1. Membantu meredakan penyakit artritis

Kandungan magnesium, seng, vitamin B kompleks, dan lainnya yang ada pada ubi jalar dapat membantu meradakan penyakit artritis. Caranya dengan mengompres bagian tubuh yang sakit menggunakan air rebusan ubi jalar.

  1. Bagus untuk pencernaan

Serat pada ubi jalar lebih tinggi dibanding kentang. Meski seratnya tinggi, namun ubi jalar ini juga mudah dicerna sehingga dapat meringankan kerja lambung dan usus halus. Selain itu, nutrisi penting yang ada pada ubi jalar, seperti: kalium, kalsium, vitamin C dan lainnya efektif dalam meredakan radang lambung. Mengonsumsi ubi jalar dapat menjadi pilihan untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Demikianlah 5 khasiat ubi jalar bagi kesehatan. Setelah tahu banyaknya manfaat yang diberikan oleh makanan khas orang Indonesia ini, jangan ragu lagi ya untuk menyantap ubi jalar. Meski anda generasi milenial yang kekinian, tak ada salahnya kok tetap mengonsumsi makanan sederhana namun lezat ini.

Leave a Reply

*