5 Tips agar terhindar dari Insomnia

By | January 5, 2017
Cara mencegah insomnia

Tidur merupakan saat dimana tubuh kita beristirahat dari rutinitas sehari-hari, tidur menjadi berkualitas ketika terbangun dengan badan yang terasa lebih segar dan berenergi. Namun ternyata masih banyak orang yang kesulitan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Inilah yang disebut dengan insomnia, yaitu suatu gangguan tidur dimana penderitanya kerap kali kesulitan untuk tidur atau mendapatkan tidur yang berkualitas. Banyak hal yang dapat menyebabkan insomnia, salah satunya aktivitas seharian yang padat.

[Baca juga: 10 Daftar terapi sederhana untuk redakan insomnia]

Berikut beberapa tips agar terhindar dari insomnia :

5 Tips agar terhindar dari Insomnia

Cara mencegah insomnia

Cara mencegah insomnia (Ilustrasi/Deviantart)

1. Atur jadwal tidur

Salah satu artikel yang dimuat oleh The National Sleep Foundation menyebutkan bahwa mengatur jadwal tidur dapat mencegah insomnia. Usahakan agar waktu tidur dan bangun tidur setiap harinya adalah sama. Atur jadwalmu dengan alarm, dengan begitu tubuhmu secara otomatis akan me-reset ulang jam biologis tubuhmu.

2. Memadamkan lampu

Memadamkan lampu tidak hanya memudahkan untuk tidur. Hal ini juga penting dilakukan untuk kesehatan tubuhmu. Salah seorang profesor di Havard Medical School, Charles Czeisler, Ph. D., mengatakan bahwa menyalakan lampu pada saat tidur akan menghambat tubuh dalam memproduksi suatu hormon bernama melatonin yang berfungsi membantumu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Menyalakan lampu saat tidur juga akan mengganggu irama sirkadian tubuh dengan adanya dorongan agar tetap terjaga, sehingga dapat mengacaukan jam biologis tubuh.

3. Minum air putih sebelum tidur

Banyak sekali manfaat air putih untuk tubuh kita, salah satunya untuk membantumu mendapatkan tidur yang berkualitas. Kamu akan bangun dengan badan lebih segar jika meminum air putih sebelum tidur karena ketika tertidur tubuh akan melakukan detoksifikasi, yaitu “pembuangan” zat-zat yang sudah tidak digunakan oleh tubuh. Air putih membantu proses detoksifikasi tersebut, sehingga ketika terbangun pada pagi hari badan akan terasa lebih segar dan berenergi.

4. Batasi kafein

Memiliki kebiasaan meminum teh dan kopi tidaklah salah. Namun perlu diperhatikan waktu dan jumlahnya. Kafein merupakan salah satu zat aktif yang terdapat dalam kopi dan teh dan mempunyai efek stimulan. Di dalam tubuh, kafein dapat bertahan selama 7-8 jam, sehingga waktu yang paling baik untuk menikmati kopi dan teh adalah saat pagi hari. Jika kamu meminumnya saat menjelang tidur, maka efek stimulan kafein akan membuatmu sulit untuk tidur.

5. Sinar matahari pagi

Ketika terbangun pada pagi hari, usahakan secepatnya menuju keluar dan mendapatkan paparan sinar matahari. Sinar matahari pagi membantu meregulasi jam biologis tubuh kembali ke normal. Sinar matahari pagi juga membantu tubuhmu memproduksi hormon yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin lama kamu terpapar sinar matahari pagi, semakin mudah kamu mendapatkan tidur yang berkualitas saat malam hari.

Itulah beberapa tips agar terhindar dari insomnia. Semoga bermanfaat. Salam sehat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *