10 Daftar Terapi Sederhana untuk Redakan Insomnia

Daftar Terapi Sederhana untuk Redakan Insomnia

Terapi sederhana untuk meredakan insomnia

Terapi sederhana untuk meredakan insomnia (Ilustrasi/Wikipedia)

Gejala kesulitan tidur saat malam hari bisa saja terjadi pada siapapun, mulai dari remaja yang memang sedang sulit-sulitnya mengatur adaptasi waktu maupun pada orang dewasa yang hidup dengan penuh rutinitas setiap harinya atau juga terkadang hal ini bisa menimpa pada anak-anak dengan kondisi tertentu misalnya kurangnya didikan yang memadai dari orang tua tentang jadwal maupun pola kegiatan harian mereka yang mana bila telah terjadi kesalahan kebiasaan sejak awal khususnya tentang jadwal tidur anak tentulah ini akan menimbulkan dampak yang kurang baik dan akan sulit untuk dibenahi di kemudian hari. Maka dari itu pada kesempatan kali ini penulis ingin membagikan tips tentang cara meredakan gejala sulit tidur, semoga daftar berikut mampu membantu para pembaca yang sedang mengalami masalah dalam hal ini, langsung saja kita mulai:

10 Daftar Terapi Sederhana untuk Redakan Insomnia

  1. Pahami Hakikat Tidur:

Pada mulanya kita perlu mempunyai pengertian mendasar yakni jika setelah melakukan kegiatan tanpa henti seharian maka tak dapat dipungkiri lagi jika tubuh kita memerlukan istirahat, yang mana tidur itu sendiri merupakan jenis istirahat terbaik, saat tidur tubuh kita mampu mencapai kondisi rileks yang paling maksimal, seluruh anggota tubuh diistirahatkan dari segala aktifitas dan hal ini akan menjadi waktu yang sangat baik untuk mengisi ulang energi yang tentunya akan kita butuhkan untuk menjalani hari besok dengan rutinitas yang baru. Hal ini sangat penting untuk anda pahami sehingga mampu membangun pola pikir yang terpatri kuat bahwa anda membutuhkan istirahat, anda membutuhkan tidur, dengan begini seharusnya kebutuhan mendasar anda pastilah mampu mengalahkan keinginan-keinginan anda pada hal lain, sibuk dengan gadget misalnya jika memang hal ini yang biasa membuat anda memundurkan jadwal tidur anda jadi tidak dapat tepat waktu.

2. Tetapkan Jadwal:

Setelah memahami kebutuhan pokok anda untuk mengistirahatkan tubuh, kini mulai pikirkan tentang jadwal tidur anda secara terperinci, seperti misalnya mungkin anda perlu tidur selama 9 jam dari total waktu 24 jam yang anda miliki dalam sehari, pikirkan juga tentang rutinitas harian anda yang lain, sesuaikan segala jadwal anda, dengan begini hidup anda akan lebih terorganisir dan yang tak kalah penting adalah patuhilah jadwal yang telah anda buat, tidak ada gunanya jika anda sibuk menyesuaikan segala kegiatan anda dalam sebuah jadwal namun hanya untuk anda abaikan, setialah pada susunan program anda karena dengan begitu anda telah menunjukkan seberapa besar penghargaan anda terhadap diri anda sendiri, terhadap apa yang telah anda putuskan untuk anda jalankan.

3. Temukan Alasan Penting untuk Bangun Pagi:

Tentulah tiap kali menjelang tidur malam semua orang sedang menyimpan harapan untuk menyongsong kehidupan di hari esok, namun anda mesti lebih rinci dalam memandang hari esok anda, dengan begini anda bisa lebih termotivasi untuk segera mulai tidur pada jam awal anda, tentu saja karena hari esok akan ada hal penting yang harus anda kerjakan, semisal anda butuh sembahyang pada subuh hari yang mana jika anda lewatkan itu bisa saja mempengaruhi ketenangan pagi hari anda, atau misalkan juga anda pikirkan tentang jadwal olahraga bersama teman anda pada esok hari yang tidak akan bagus jika sampai anda lewatkan, bisa juga pikirkan tentang tugas anda seperti misalnya membereskan rumah ataupun memberi makan peliharaan anda pada keesokan pagi yang tidak boleh anda tinggalkan dan lain sebagainya. Dengan begini dijamin keinginan anda untuk begadang jadi menurun drastis.

4. Pertahankan Konsistensi:

Yang tak kalah penting dari segalanya adalah untuk selalu menjaga konsistensi, anda bisa saja sangat mahir menciptakan jadwal anda di atas kertas lalu mematuhinya dalam satu hari, namun yang sangat diperlukan demi keberlanjutan program tidur awal anda adalah kesabaran anda untuk setia pada itu semua setiap harinya sehingga timbulah suatu konsistensi yang sejujurnya dengan bertambahnya waktu untuk terus berlatih maka akan semakin mudah juga bagi anda untuk terus menjalaninya.

5. Tidur Sejenak Siang Hari:

Untuk dapat tertidur nyenyak pada malam hari, anda tidak serta merta harus meniadakan kebutuhan tidur siang anda, tanpa disadari tidur siang justru sangat diperlukan bagi tubuh kita, istirahat siang namun sejenak tidak lebih sampai 1 jam mampu menyegarkan badan dan pikiran di tengah rutinitas kerja harian yang padat dari pagi sampai menjelang sore. Istirahat sejenak juga terbukti mampu memaksimalkan potensi anda untuk dapat menyelesaikan rutinitas anda dengan lebih sempurna, dibutuhkan tubuh yang tetap rileks untuk menyelesaikan keseluruhan kegiatan harian anda, dengan begini tugas anda akan selesai dengan maksimal dan malam anda bisa anda habiskan untuk memasuki waktu istirahat anda secara penuh tanpa perlu ada gangguan yang tersisa.

6. Tanggalkan Stres:

Saat memasuki waktu malam, waktu untuk beristirahat, tanggalkan semua pekerjaan anda, semua beban pikiran anda, ini akan dapat membantu anda untuk bersegera dapat memasuki alam mimpi anda. Membawa pikiran kacau yang berlebihan pada tempat tidur anda bukanlah ide yang bagus untuk program tidur awal anda. Jadi sebisa mungkin anda harus bisa terlebih dahulu meminimalisir efek stres yang berpotensi mengganggu istirahat anda.

7. Perhatikan Makanan dan Minuman:

Ada baiknya anda memberi jeda yang cukup dari saat anda terakhir kali melahap makan malam anda dengan jadwal tidur anda. Makanan berat akan membuat tidur anda menjadi berkurang kenyamanannya, tubuh anda butuh istirahat dan anda tidak perlu untuk memberinya beban berat pada waktu yang kurang tepat. Agar dapat tidur lebih awal tentu anda perlu untuk menghindari minuman berkafein semacam kopi pada malam hari, anda butuh istirahat dan ketenangan dan bukannya senyawa yang akan menghentak peredaran darah anda. Ada baiknya anda mencoba minum susu hangat untuk membuat tubuh anda rileks dan tentunya jangan lupakan air putih, hal ini akan membantu melancarkan metabolisme tubuh anda dan menghindarkan dehidrasi meskipun saat anda harus tertidur beberapa jam kedepan, jadi tidur anda tentulah akan lebih nyaman.

8. Manajemen Gadget:

Tentulah semua orang telah paham tentang betapa bermacam gadget ini mampu membantu kehidupan manusia, namun saat anda memasuki waktu tidur anda ada baiknya anda meletakkan gadget anda sejenak jauh dari jangkauan anda. Beberapa saat sebelum memasuki waktu tidur ada baiknya anda mulai mengakhiri acara nonton TV, matikan televisi, jauhkan telepon genggam dari tangan anda, anda butuh untuk berhenti dari segala keriuhan media sosial utamanya yang tidak ada habisnya dan tentunya akan berdampak buruk untuk program tidur awal anda jika anda tidak memiliki ketegasan untuk berhenti sejenak demi waktu istirahat anda.

9. Aktifitas Ringan:

Ada saran tentang melakukan gerakan tubuh ringan menjelang beberapa saat sebelum waktu tidur, hal ini mampu melenturkan dan meregangkan otot tubuh anda dan memaksimalkan peredaran darah anda, sensasi setelah berolah raga ringan misalnya akan memberi efek lelah sehabis mengeluarkan energi sehingga akan lebih mudah untuk memberi pengaruh capek dan ngantuk bagi anda sehingga program tidur awal anda pun akan berjalan sukses. Anda pun bisa mengganti alternatif ini dengan melakukan sembahyang karena efek yang diberikan pun juga tidak jauh berbeda, atau mungkin anda bisa melakukan variasi dengan membaca buku ataupun kitab suci sebelum tidur, dengan begini rasa lelah dan mengantuk pun bisa lebih mudah untuk didapatkan sehingga anda akan lebih mudah untuk segera tertidur.

10. Kenyamanan Yang Utama:

Setelah semua hal yang tidak boleh anda lewatkan adalah faktor kenyamanan, sebelum tidur ada baiknya anda membereskan tempat tidur anda dari segala hal yang bisa mengganggu kenyamanan anda, jangan lupa cuci bersih tangan, kaki, wajah serta gosoklah gigi anda sebelum tidur, atur temperatur suhu yang anda perlukan, temukan aromatherapy yang anda sukai, mungkin anda juga bisa mencoba mendengarkan deretan musik lembut sebagai teman penghantar tidur anda (atau mendengarkan lantunan ayat-ayat suci), juga usahakan untuk tidur miring menghadap sisi kanan tubuh anda karena hal ini akan membuat tubuh anda bisa menjadi lebih rileks serta hal ini merupakan posisi yang paling ideal bagi organ dalam tubuh untuk tetap berfungsi dengan baik sekalipun anda sedang tertidur dan yang tak kalah penting lagi untuk anda lakukan tentunya adalah mengatur pencahayaan tempat tidur anda, usahakan tidur dalam cahaya redup, atau anda juga bisa mencoba gunakan penutup mata sebelum anda tidur. Cahaya temaram mampu mengantarkan anda pada istirahat seluruh tubuh secara maksimal dan hal ini berefek bagus untuk aktifitas otak anda selagi anda tertidur.

Selesai sudah penulis membagikan beberapa daftar terapi nan sederhana untuk mengatasi insomnia, selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk membantu dalam mengatasi gejala sulit tidur yang selama ini anda derita.

Leave a Reply

*