Cara mengatasi penat berlebih
Cara mengatasi penat berlebih (Ilustrasi/pixabay)

6 Cara Mengatasi Penat Berlebih

Namanya juga manusia, semua orang juga bakal penat ketika tugas-tugas atau pekerjaan terus menumpuk dan tidak ada habisnya. Setiap hari, itu-itu saja yang dikerjakan. Selain itu, juga 13 Kebiasaan yang Membuat Anda Merasa Lelah. Kalau sudah begitu, biasanya kebanyakan orang mulai mengeluh kalau mereka penat dengan rutinitas harian tersebut. Eh, tapi jangan pernah anggap remeh rasa penat ya! Karena penat yang diabaikan bisa berkembang menjadi stres kalau tidak ditangani dengan baik. Berikut ini beberapa cara yang akan membantumu mengatasi penat!

6 Cara Mengatasi Penat Berlebih

Cara mengatasi penat berlebih
Cara mengatasi penat berlebih (Ilustrasi/pixabay)

1. Welcome to Holiday!

Kebanyakan orang mencintai liburan sebagai kegiatan yang menyenangkan. Selain membahagiakan, liburan juga diyakini mampu meningkatkan energi positif dalam diri yang sering hilang akibat rutinitas pekerjaan dan tugas-tugas yang melelahkan. Saatnya berlibur merupakan saat yang tepat untuk men-charge kembali energi kita. Kata dosen saya yang juga seorang psikolog, diri kita sama halnya dengan ponsel. Ponsel yang terus-menerus digunakan akan kehabisan baterai dan lama-lama akan mati dengan sendirinya jika tidak di-charge. Nah, begitu juga dengan diri kita. Kita tidak bisa terlalu egois dengan menetapkan target-target yang terlalu tinggi yang pada akhirnya nanti membuat hidup terkesan berat untuk dijalani. Eits, target selalu penting, tapi jangan lupa charge hidup kita ya! Setelah lelah berkutat dengan semua rutinitas tersebut, liburan menjadi salah satu alat charge yang manjur untuk mengisi penuh daya dalam diri kita lagi. Selesai liburan, rasakan saja perbedaannya! Kamu bakal tampil lebih baik karena dirimu sudah di-charge penuh!

2. Apa Kabar Teman Lama?

Mengatasi penat tidak harus mahal dan mengeluarkan banyak biaya. Kalau kamu ingin mengatasi rasa penatmu dengan kegiatan sederhana yang juga bisa membangkitkan energi positif sekaligus mengisi daya dalam dirimu, mengunjungi teman lama bisa jadi salah satu solusi yang tepat. Berkumpul dan mengobrol dengan teman lama selalu jadi waktu berkesan yang sulit dilewatkan begitu saja. Cukup duduk di cafe kesayangan kalian dulu, mengobrol ringan dan menertawakan hal-hal konyol semasa sekolah atau kuliah, jadi hiburan mewah yang sama nikmatnya dengan menghabiskan uang dengan holiday! Kalian tahu kan, mengetahui kabar sahabat-sahabat semasa sekolah atau kuliah dulu jadi momen yang menyenangkan untuk dibahas. Topik bahasan lain yang selalu menggairahkan ialah mengulas kehidupan masa lalu dan membandingkannya dengan hidupmu sekarang. Melalui obrolan singkat tersebut, kamu juga jadi tahu kalau kualitas hidupmu cukup meningkat atau tidak. Dari situ, instropeksi diri bakal membuatmu terlihat makin cemerlang ketika kembali ke tempat kerja karena kalian siap menjadi pribadi yang lebih baik lagi! Nah kan, insight tersebut berguna juga sebagai refleksi untuk kemajuan hidupmu!

3. Let’s Read!

Kamu bisa datang ke perpustakaan kota yang nyaman, atau menghabiskan siangmu di sebuah Gramedia yang adem untuk menghilangkan rasa penatmu. Jangan salah, kamu tidak harus membaca buku-buku berat yang mengulas tentang ilmu pengetahuan kok! Datang saja ke sana untuk sekedar membaca hal-hal yang kamu sukai, mulai dari tabloid wanita, majalah kesayangan Anda, sampai buku humor yang menyenangkan. Datang ke Gramedia atau taman bacaan bakal membuatmu merasakan suasana yang beda dari hari-hari biasanya. Atau, kalau kamu kangen kasur kamarmu, rasanya tidak ada salahnya kalau kamu menghabiskan harimu dengan novel kesukaanmu! Kamu tahu kan kalau membaca berguna untuk membuka wawasanmu tentang dunia masa kini. Kalau kamu terkungkung dengan bidang pekerjaanmu saja karena setiap hari hanya berkutat di sana, kapan kamu tahu berita-berita masa kini kalau tidak dengan membaca? Sisihkan waktumu untuk itu ya!

4. Di Mana Cafe Kesayanganmu?

Kamu sudah muak dengan ruangan tempat kerjamu? Begitu sampai di rumah, eh kamu masih harus menyelesaikan banyak pekerjaan bersama laptopmu di kamar pribadimu? Jangan khawatir. Sekarang, ayo deh keluar dari rumahmu akhir minggu ini dan kunjungi cafe kesayanganmu. Kamu bisa bersantai di sana, entah sendirian atau bersama teman-teman dekatmu. Kalau kamu benar-benar ingin menikmati me time, duduk di cafe kesayanganmu dengan dekorasi yang cantik dan makanan kesukaanmu bakal jadi waktu me time yang menyenangkan dan meningkatkan energi positif. Kamu bisa menghabiskan waktu dengan sekedar membuka media sosialmu, membawa majalah dan membacanya, atau memperhatikan keadaan sekitarmu. Kalau kamu bisa memilih tempat, pilih meja di samping jendela agar kamu bisa melihat ke bawah. Menatap pemandangan mobil berseliweran dalam posisi santai juga bisa membangkitkan mood-mu menjadi lebih baik. Atau, kalau kamu punya teman yang menyukai cafe yang sama, tidak ada salahnya menghabiskan siangmu bersama dia. Duduk di sana berjam-jam sambil menyantap hidangan kesukaan kalian masing-masing, menjadi momen yang lengkap ketika kalian mengobrol panjang lebar tentang hal lain di luar pekerjaan dan rutinitasmu!

5. It Is My Hobby!

Tanamanmu hampir layu karena pekerjaanmu akhir-akhir ini terlalu menumpuk? Atau kamu sudah tidak pernah mengunjungi kolam renang kesayanganmu karena tidak punya waktu untuk itu? Hei, ayo deh, lakukan hobimu untuk mengatasi penatmu kali ini! Kamu bisa kok menghilangkan kepenatanmu dengan hal-hal sederhana yang kamu sukai. Merawat kembali tanaman yang sudah hampir layu jadi kegiatan yang bisa memuaskan hatimu dan menyuntikan energi positif yang sulit ditukar dengan hal lain. Atau bagi pecinta olahraga, kamu bisa berolahraga untuk menyegarkan kembali tubuh dan otakmu. Besok pagi, ketika kamu bangun pagi dan harus menjalankan rutinitasmu lagi, hatimu sudah siap karena semuanya sudah segar kembali! Ssssst, melakukan hobi punya banyak manfaat lho. Selain bisa menyenangkan hatimu sendiri dengan kegiatan yang satu ini, kamu juga bisa memanfaatkan hal ini jadi peluang yang menjanjikan kalau kamu mau. Contohnya? Kamu suka menulis cerita-cerita anak? Akhir pekanmu bakal terkesan istimewa ketika kamu bersantai di atas kasur sambil mengetik beberapa cerita anak dan mengirimkannya ke media. Atau, kamu suka memasak? Ayo deh, siapkan celemekmu dan titipkan hasil masakanmu ke rumah makan di dekat rumahmu! Kalau kamu cermat, hobimu yang menyenangkan itu siap jadi hal yang menjanjikan kok di tangan orang yang tepat! Baca juga: 4 Hobi yang Dapat Membuat Anda Lebih Sehat.

6. Sleep!

Oke deh, ini pilihan paling terakhir buatmu! Bagi kamu yang merasa sangat lelah sekaligus kurang tidur akibat pekerjaan yang terus menumpuk, menghabiskan waktu luangmu itu dengan tidur berkualitas sepertinya jadi pilihan paling menggiurkan yang bisa kamu lakukan. Tidur tanpa gangguan untuk menebus semua utang-utangmu selama beberapa hari yang lalu bakal membuatmu segar kembali. Eh, tapi ingat ya, kamu tetap harus menjaga waktu tidurmu tetap cukup setiap harinya agar tubuhmu tetap fit dan bugar. Sesibuk apapun kamu, kamu tetap punya kewajiban menjaga tubuhmu sendiri ya!

Nah, 6 tips tersebut bisa membantumu mengatasi rasa penat yang berlebihan. Mana pilihanmu? Apapun pilihanmu, yakini kalau hal itu benar-benar mewakili dirimu sehingga besok pagi kamu siap kembali pada rutinitasmu dengan tubuh dan hati yang segar!

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara menghilangkan rasa penat, - obat penghilang penat, - cara menghilamgkan penat, - cara menghabiskan liburan menghilangkan penat, - cara mengeluarkan penat, - cara mengatasi penat, - cara mengatasi badan penat penat, - berlibur sekedar penghilang penat dan kebisingan kota bukannya lari dari masalah ya, - trik hilangkan penat, - badan penat penat

data-ad-format="link">
6 Cara Mengatasi Penat Berlebih Post in | Last updated: February 4th, 2018 | 1,082 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *