Menggosok gigi dengan benar
Menggosok gigi dengan benar

6 Kesalahan Menggosok Gigi Yang Sangat Sering Kita Lakukan

Gigi merupakan bagian yang penting dalam menunjang penampilan manusia. Perawatan gigi sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan gigi beserta mulut secara keseluruhan. Kebiasaan menyikat gigi biasanya dilakukan dua kali sehari yang dilakukan pada saat mandi untuk menjaga kebersihan gigi. Padahal, sebaiknya menyikat gigi dilakukan setelah makan untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di gigi.

Menggosok gigi dengan benar
Menggosok gigi dengan benar (Wikipedia)

Terkadang orang yang sudah melakukan sikat gigi secara teratur menghadapi permasalahan pada gigi seperti gigi berlubang, gangguan gusi dan lain sebagainya. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kesalahan pada saat menyikat gigi. Berikut beberapa kesalahan yang dilakukan pada saat menyikat gigi:

1. Tidak membersihkan pada waktu yang tepat

Biasanya orang menyikat gigi pada saat mandi. Padahal waktu yang tepat untuk menyikat gigi ialah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Setelah makan sisa makanan pasti akan menempel ataupun nyangkut pada gigi, makanya sangat dianjurkan setelah makan untuk sikat gigi supaya gigi menjadi bersih.

2. Menggunakan sikat gigi yang salah

Sebaiknya gunakan sikat gigi yang lembut supaya bisa menjangkau bagian sela-sela gigi dan dapat mengangkat plak yang menempel. Apabila menggunakan sikat gigi yang keras maka akan mengakibatkan iritasi pada gusi anda yang membuat gusi menjadi berdarah.

3. Melupakan obat kumur

Gunakanlah obat kumur setelah menyikat gigi. Belum tentu gigi menjadi bersih seutuhnya apabila hanya disikat saja ditambah lagi menyikat gigi yang semaunya. Obat kumur akan membantu membersikan plak yang menempel yang cukup sulit dijangkau oleh sikat gigi. Apabila tidak terbiasa menggunakan obat kumur, boleh saja menggunakan air untuk berkumur-kumur.

4. Melakukan teknik yang salah

Jangan pernah menyikat gigi dalam posisi yang lurus, karena tidak akan memberikan hasil yang optimal. Lakukanlah menyikat gigi dengan gerakan melingkar supaya lebih efektif dalam menghilangkan plak.

5. Tidak mengganti sikat gigi

Disarankan untuk mengganti sikat gigi setiap 3 atau 4 bulan sekali. Apabila sikat gigi tidak diganti dalam jangka waktu yang lama akan menyebabkan pengangkatan plak dan bakteri menjadi tidak efektif.

6. Mengabaikan seluruh bagian mulut

Jangan pernah melupakan seluruh bagian mulut, salah satunya ialah lidah. Tanpa kita sadari bahwa lidah dalam rongga mulut dapat menjadi perangkap berbagai jenis bakteri yang berbahaya. Selain itu, makanan akan mudah menempel pada celah-celah lidah.

data-ad-format="link">
6 Kesalahan Menggosok Gigi Yang Sangat Sering Kita Lakukan Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 756 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *