Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung
Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung (Ilustrasi/By NIH: National Heart, Lung and Blood Institute [Public domain], via Wikimedia Commons)

6 Pertolongan Pertama Pada Pasien Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu penyakit yang telah merenggut jutaan jiwa manusia di seluruh dunia. Penyakit ini datang secara mendadak dan butuh penanganan yang cepat. Semakin cepat ditangani, semakin kecil risiko yang dihadapi.

Sebelum kita mengambil tindakan pertolongan, kita harus mengetahui dulu gejala-gejala serangan jantung. Gejala serangan jantung antara lain:

  1. Nyeri pada dada dan berlangsung selama 5 menit. Nyeri ini hilang-muncul secara silih berganti. Lokasi nyeri ini berada di kiri atau tengah dada. Gejala nyeri pada dada ini pasti akan muncul pada serangan jantung.
  2. Nyeri yang menjalar di seluruh tubuh. Biasanya disertai pegal dan kesemutan di sekitar bahu, lengan atas, punggung, leher, atau rahang bawah.
  3. Sesak napas.
  4. Keringat dingin yang muncul tiba-tiba.
  5. Mual dan lemas.
  6. Jantung berdegup kencang dan tidak teratur.

Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung
Pertolongan Pertama Pada Penderita Serangan Jantung (Ilustrasi/By NIH: National Heart, Lung and Blood Institute [Public domain], via Wikimedia Commons)
Apabila seseorang ditemukan dalam kondisi seperti di atas kita perlu melakukan pertolongan pertama, yaitu dengan cara berikut:

  1. Mendudukkan penderita atau membaringkannya. Usahakan untuk meminimalkan jumlah gerakan karena banyak bergerak akan memperburuk keadaan.
  2. Sebelum terjadi serangan jantung, siapkan obat khusus serangan jantung menurut resep dokter. Sehingga saat serangan jantung datang secara tiba-tiba, obat tersebut dapat membantu meredakan rasa sakit akibat serangan jantung.
  3. Sediakan aspirin. Aspirin dapat diminum kecuali ketika penderita sedang mengalami alergi tertentu. Aspirin membantu memperlancar peredaran darah. Aspirin dapat dikonsumsi dengan cara dikunyah.
  4. Sambil menunggu pihak kesehatan datang, usahakan penderita tetap tenang dan dalam keadaan sadar. Anda bisa mengajaknya berbicara. Dengan kondisi yang sadar, penderita dapat mengontrol tubuhnya dan menjaga jantung untuk tidak melambat.
  5. Apabila penderita sudah dalam kondisi tak sadarkan diri sedang bantuan belum datang, Anda perlu memberikannya resusitasi jantung paru. Pastikan bahwa Anda benar-benar memahami prosedur resusitasi tersebut.Secara singkat, beginilah prosedur resusitasi jantung: letakkan tumit tangan di tengah dada pasien. Lalu, letakkan tangan yang satunya di atas tangan tadi. Kemudian tekan dada hingga sedalam 5-6 cm. gunakan berat badan tubuh untuk menekannya lebih dalam.
  1. Ketika dalam kondisi genting seperti ini, jangan lupa menelpon 118. Anda bisa menanyakan hal-hal yang perlu Anda lakukan serta cara melakukan resusitasi dengan prosedur yang benar.

Demikianlah gejala dan pertolongan pertama bagi penderita serangan jantung, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
6 Pertolongan Pertama Pada Pasien Serangan Jantung Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 148 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *