6 Tips Asyik Hadapi Nyeri Haid Tanpa Obat

By | March 3, 2016
Tips mengatasi nyeri haid tanpa obat

Para wanita yang sudah mengalami haid, pasti pernah merasakan yang namanya nyeri haid. Nyeri haid atau dalam istilah medisnya disebut dismenore, ditandai dengan kram pada perut bagian bawah menjelang atau selama haid. Hal ini terjadi karena tingginya kadar prostaglandin dalam darah menjelang atau selama haid. Prostaglandin akan memicu rahim mengalami kontraksi sehingga menimbulkan nyeri. Nyeri yang ditimbulkan berbeda-beda pada tiap wanita. Ada yang hanya nyeri ringan tapi ada juga yang mengalami nyeri berat.

Tips mengatasi nyeri haid tanpa obat

Tips mengatasi nyeri haid tanpa obat (Ilustrasi/youtube)

Nyeri haid bukan merupakan penyakit berbahaya, tapi nyeri yang ditimbulkan dapat membuat aktivitas terganggu. Mengonsumsi obat penghilang nyeri hanya dapat bertahan sekian waktu. Padahal deadline sedang menumpuk! Anda tentu tidak ingin semua rencana gagal total karena nyeri haid yang menyerang tiba-tiba. Nah, untuk para wanita aktif yang tidak mau aktivitas terganggu karena si nyeri haid, ada baiknya cek tips asyik hadapi nyeri haid berikut.

  1. Kompres perut bagian bawah dengan botol atau bantalan berisi air hangat.
    Kompres hangat membantu merilekskan otot yang tegang sehingga membantu meredakan rasa nyeri.
  2. Banyak minum air putih dan kurangi konsumsi garam dan minuman berkafein seperti teh dan kopi. Banyak mengonsumsi makanan yang asin dan berkafein selama haid akan menyebabkan retensi cairan sehingga membuat perut kembung dan pa*yu*da*ra mengencang yang membuat kurang nyaman.
  3. Olah raga teratur setidaknya 30 menit sehari dan lima kali dalam sepekan. Olah raga akan membantu tubuh melepaskan hormon endorfin, hormon yang dapat membantu meredakan rasa nyeri dan menimbulkan perasaan bahagia. Anda bisa berjalan kaki, lari, yoga, pilates, bahkan berenang. Buang jauh mitos yang mengatakan bahwa wanita haid harus menghindari olah raga. Justru olah raga akan membantu Anda rileks dan meredakan nyeri.
  4. Makan makanan yang banyak mengandung zat besi, kalsium, vitamin B kompleks, magnesium, dan vitamin E seperti susu, yoghurt, kacang almond, kacang kedelai, bayam, brokoli, asparagus, alpukat, dan lain-lain. Kandungan zat besi, kalsium, vitamin B kompleks, magnesium, dan vitamin E pada makanan dapat membantu mengurangi nyeri haid.
  5. Melakukan aktivitas untuk menghilangkan stres seperti pijat, yoga, meditasi, atau menikmati aromaterapi yang menenangkan dari lavender oil atau menyegarkan dari lemon oil, dapat membantu meredakan gejala nyeri haid.
  6. Berbaring dan angkat panggul melebihi bahu. Hal ini akan menguatkan panggul dan membantu mengurangi nyeri pada punggung bagian bawah.

Mudah bukan? Dengan melakukan tips-tips di atas, Anda bisa lebih enjoy beraktivitas walaupun nyeri haid datang. Apabila nyeri yang Anda rasakan tetap tidak reda dan disertai dengan perdarahan yang lebih lama dan lebih banyak dari biasanya, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *