Cara menjaga kesehatan tulang
Cara menjaga kesehatan tulang (Ilustrasi/tulang)

7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan anggota gerak yang pasif, sedangkan otot merupakan anggota gerak yang aktif. Tulang manusia begitu banyak ruasnya. Mulai dari tengkorak, badan, anggota gerak tubuh atas, anggota gerak tubuh bawah, dan gelang panggul. Dengan begitu keberadaan tulang sangatlah penting karena tanpa tulang kita tidak bisa bergerak, dan tidak bisa menopang tubuh kita. Namun, di balik semua itu pasti ada saja gangguan ataupun penyakit yang mempengaruhi kerja tulang itu sendiri dan juga struktur tulang kita. Mulai dari osteoporosis, rhakitis, rheumatik, dan lain-lain. Maka dari itu sekarang kita akan menyimak beberapa cara agar kita menjaga kesehatan tulang kita.

7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Cara menjaga kesehatan tulang
Cara menjaga kesehatan tulang (Ilustrasi/tulang)

1.       Minum susu

Mengapa harus minum susu ? karena susu memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya tulang. Susu mengandung banyak mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan tulang dan juga kesehatan tulang. Maka dari itu remaja sangat dianjurkan untuk minum susu, namun manula pun dianjurkan untuk minum susu untuk mencegah osteoporosis. Mineral yang terkandung dalam susu diantaranya, Kalsium yang berperan penting dalam mencegah pengeroposan tulang. Oleh karena itu kita dari sekarang minum susu kaya akan kalsium agar mencegah pengeroposan tulang di masa tua nanti.

2.       Mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin D

Vitamin D biasanya ditemukan pada minyak ikan, sayuran hijau, ikan berlemak, susu, kuning telur, keju, hati sapi. Dan manfaat mengonsumsi vitamin D diantaranya, mencegah rhakitis. Rhakitis menyebabkan tulang tidak kokoh menopang sehingga rapuh dan rawan patah. Dan juga mencegah osteoporosis, mungkin penyakit yang sering diidap pada masa tua. Maka dari itu untuk mencegah masa tua anda dengan osteporosis, anda harus banyak mengonsumsi yang mengandung vitamin D.

3.       Mengonsumsi makanan yang mengandung Fosfor (P)

Fosfor merupakan salah satu unsur penting penyusun struktur tulang dan gigi. Fosfor biasanya ditemukan dalam susu, keju, daging, ikan, kacang-kacangan. Bila kita kekurangan fosfor maka akan ada dampak buruk bagi tulang kita.

4.       Mengonsumsi makanan yang mengandung Kalsium (Ca)

Kalsium sangat dibutuhkan sekali oleh manula karena pada masa inilah tulang akan terus tergerus, maka asupan kalsium pun harus banyak agar tulang dapat terus menopang. Kalsium biasanya ditemukan dalam susu, keju, yoghurt, bayam, brokoli, kangkung, kacang-kacangan. Manfaat kalsium untuk remaja berperan penting dalam pertumbuhan tulang, sedangkan manfaat untuk manula ialah membantu dalam pencegahan pengeroposan tulang (osteoporosis).

5.       Mengonsumsi makanan mengandung magnesium (Mg)

Magnesium merupakan mineral yang dibutuhkan untuk pemeliharaan tulang sehari-hari dan juga memperkuat tulang. Selain itu magnesium juga salah satu penyusun dalam tulang. Makanan yang biasa mengandung magnesium diantaranya, rempah-rempah seperti bawang-bawangan, susu, labu, tomat, dan lain-lain.

6.       Olahraga rutin

Olahraga sangat memantu dalam menjaga kesehatan tulang, Karena dengan bergeraknya tulang maka tulang akan terdorong untuk menguat. Selain untuk menguatkan, olahraga juga dapat membantu mendorong pertumbuhan tulang pada remaja. Maka dari itu remaja dianjurkan rajin bergerak, sedangkan untuk manula dianjurkan juga untuk banyak bergerak dan olahraga namun yang ringan-ringan saja untuk membantu penguatan tulang.

7.       Berjemur

Ini salah satu cara yang efektif untuk penguatan tulang. Mengapa ? karena sinar matahari pada pagi hari membantu mengubah provitamin D menjadi vitamin D. Namun, dianjurkan berjemur pada pagi hari pukul 7 sampai 9 pagi karena itu merupakan waktu yang sangat efektif untuk pemaparan sinar matahari.

Demikianlah 7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang, semoga bermanfaat.

 

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- bagaimana cara memelihara kesehatan tulang dan otot, - bagaimana kita menjaga kesehatan tulang, - cara menjaga kesehatan tulang, - untuk memelihara kesehatan tulang pada kerangka tubuh minum susu yang mengandung, - cara menjaga tulang dengan susu, - cara menjaga kesehatan tulang pada remaja, - cara menjaga kesehatan tulang com, - cara menjaga kesehatan anggota gerak, - cara memelihara organ gerak manusia, - bagaimana cara kita merawat kesehatan tulang

data-ad-format="link">
7 Cara Menjaga Kesehatan Tulang Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 1,524 views
Kontributor www.Infosehatkeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *