Mengatasi gejala radang usus
Mengatasi gejala radang usus

8 Langkah Mudah Mengatasi Gejala Radang Usus

4/5 (2)

8 LANGKAH MUDAH MENGATASI GEJALA RADANG USUS – Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem penting dalam tubuh manusia. Jika sistem pencernaan terganggu, akan mengganggu aktivitas tubuh yang lainnya. Salah satu hal yang bisa menyebabkan terganggunya sistem pencernaan adalah adanya peradangan pada usus atau dikenal sebagai penyakit radang usus.

Kata radang sendiri merupakan reaksi pada jaringan tertentu terhadap kondisi tertentu, yang ditunjukkan melalui serangkaian perubahan pada jaringan tersebut. Ini berarti penyakit radang usus merupakan serangkaian perubahan yang terjadi pada jaringan usus sebagai reaksi terhadap kondisi tertentu, misalnya meningkatnya gas lambung dan sembelit atau susah buang air besar. Meskipun belum diketahu secara pasti penyebab utama penyakit ini, peradangan pada usus dapat disebabkan oleh reaksi tubuh terhadap pola makan dan jenis makanan yang masuk ke dalam pencernaan.

Gejala Radang Usus

Pada kondisi yang belum parah, penyakit ini akan menunjukkan gejala – gejala awal yang dikenal sebagai gejala radang usus. Pada tahap awal tubuh menunjukkan gejala mengarah pada terjadinya peradangan usus, beberapa kondisi yang mungkin dirasakan diantaranya:

  • Nyeri pada perut bagian dalam, bahkan terasa hingga bagian belakang. Sebagian orang mungkin akan mengira kondisi ini sebagai gejala penyakit ginjal karena rasa nyeri yang luar biasa. Namun ada cara sederhana yang dapat digunakan untuk mendeteksi rasa nyeri pada bagian ini apakah disebabkan oleh kelainan pada ginjal atau hal lain. Caranya dengan meletakkan satu telapak tangan pada bagian yang sakit, kemudian memukul bagian ini dengan tangan lainnya dengan posisi menggenggam. Jika bagian ginjal tidak merasakan rasa sakit akibat pukulan ini, maka rasa sakit disebabkan oleh hal lain, salah satunya gejala radang usus.
  • Susah buang air besar (BAB). Pada tahap ini usus kurang aktif bergerak sehingga feses atau sisa – sisa aktivitas pencernaan yang seharusnya terbuang sulit keluar melalui anus karena lemahnya dorongan yang diberikan kepadanya. Hal ini menyebabkan sembelit atau susah BAB.
  • Susah buang angin yang berakibat sesak nafas. Jika susah BAB terjadi cukup lama, anus yang biasanya untuk pembuangan termasuk dalam bentuk gas dapat tersumbat. Hal ini mengakibatkan zat buangan dalam bentuk gas juga akan sulit keluar. Maka gas juga akan turut menumpuk di dalam perut yang menyebabkan paru – paru terdesak sehingga berakibat sesak nafas.
  • Pusing dan lemas. Kondisi yang tidak bagus pada pencernaan menyebabkan asupan nutrisi dan oksigen ke otak dan seluruh bagian tubuh lainnya terganggu. Akibatnya kepala akan terasa pusing dan tubuh menjadi lemas.

Memperbaiki pola hidup selalu dianjurkan oleh ahli kesehatan untuk melawan berbagai penyakit, termasuk penyakit radang usus. Hal ini terutama cocok bagi Anda yang tidak terbiasa dengan obat – obatan. Pada fase tubuh menunjukkan gejala yang dapat menyebabkan terjadinya radang usus, berikut beberapa hal yang bisa diterapkan dalam pola hidup sehari – hari jika ingin menyembuhkan gejala radang usus:

8 LANGKAH MUDAH MENGATASI GEJALA RADANG USUS

1. Banyak minum air putih

Sebagaimana telah diketahui air putih memiliki fungsi yang laur biasa bagi tubuh, demikian pula bagi usus. Konsumsi air putih yang cukup berguna pula untuk mencukupi kebutuhan cairan pada sistem pencernaan. Cairan ini dibutuhkan untuk membentuk massa kotoran dan dibutuhkan dalam proses – proses fisik dan kimiawi yang terjadi dalam sistem pencernaan. Air putih juga membantu menetralisir kondisi lambung dan usus.

2. Konsumsi susu hangat

Kandungan nutrisi dalam susu mampu mendorong pertumbuhan probiotik yang sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan, apalagi jika dikonsumsi saat masih hangat. Suhu yang hangat pada minuman ini dapat membantu proses pencernaan makanan secara kimiawi dan fisik. Suhu panas pada cairan ini juga dapat menekan gas – gas yang ada di lambung dan usus sehingga terdorong keluar. Suhu yang hangat pada minuman ini juga dapat mendorong pergerakan usus sehingga baik bagi penderita masalah usus, salah satunya sembelit sehingga dapat mengurangi risiko radang usus.

3. Konsumsi teh hangat

Teh dipercaya memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, baik teh hitam maupun teh hijau. Teh memiliki khasiat mengurangi gas perut, mengatasi peradangan pada organ pencernaan serta melancarkan buang air besar. Namun takarannya harus pas. Jika mengonsumsi teh terlalu pekat justru akan membahayakan lambung, karena teh memiliki kandungan kafein. Konsumsi kafein yang berlebihan justru dapat meningkatkan produksi asam lambung. Sebagaimana mengonsumsi susu dalam keadaan hangat, mengonsumsi teh dalam keadaan hangat juga dapat mendorong pergerakan usus dan membantu proses pencernaan.

4. Makan pepaya

Merupakan rahasia umum jika pepaya memiliki khasiat dalam memperlancar pencernaan, sehingga memperlancar BAB. Jika BAB lancar, tentu akan mengurangi salah satu gejala radang usus tersebut. Sebagaimana keterangan di atas bahwa salah satu yang dirasakan pada fase gejala radang usus (yang dapat mengarah pada radang usus akut) adalah susah BAB atau sembelit. Selain karena kandungan serat dan airnya yang tinggi, di dalam buah pepaya juga terkandung enzim pencernaan yaitu papain. Buah ini juga bermanfaat melunakkan daging sehingga lebih mudah dicerna.

5. Perbanyak konsumsi serat

Serat makanan dapat berasal dari buah maupun sayur yang disebut sebagai serat kasar, serta berasal dari makanan seperti beras, kentang, singkong dan kacang hijau sebagai serat halus. Di dalam tubuh, serat menghasilkan asam organik yang sangat berguna untuk membantu memelihara lapisan usus. Selain itu, serat juga memiliki fungsi mendorong aktivitas saluran usus sehingga dapat mengeluarkan kotoran/ feses secara normal. Dengan demikian, risiko sembelit dapat dihindari.

6. Kurangi konsumsi bumbu yang berlebihan

Konsumsi bumbu berlebih, salah satunya garam dapat merusak selaput lendir pada lambung dan usus sehingga dapat menimbulkan luka. Apalagi jika bumbu yang dimaksud mengandung MSG, lebih baik dihindari.

7. Kurangi konsumsi makanan yang terlalu pedas

Jika Anda penyuka makanan pedas, untuk sementara hentikan dulu kebiasaan makan makanan terlalu pedas. Makanan jenis ini dapat memperparah terjadinya peradangan pada usus. Namun jika Anda merasa sudah membaik, boleh sesekali menikmati kesukaan Anda tersebut. Namun penting untuk diingat, Anda perlu mengimbanginya dengan konsumsi air putih untuk membantu pencernaan dan menetralisir kondisi lambung.

8. Perbaiki pola makan

Umumnya, penderita gejala radang usus memiliki pola makan yang tidak teratur. Kondisi ini menyebabkan asam lambung meningkat dan meningkatkan gas yang dihasilkan. Usus juga menjadi kurang aktif sehingga pembuangan feses juga terganggu. Jika dibiarkan berlarut, kondisi ini dapat menyebabkan peradangan pada usus. Selain pola makan yang teratur, baik juga diselingi dengan makan – makanan kecil yang sehat pada jam – jam tertentu.

Demikian tadi 8 langkah mudah yang dapat diterapkan untuk mengobati gejala radang usus, yang ditulis berdasarkan pengalaman pribadi pasien yang divonis menderita gejala radang usus. Penanganan sedini mungkin dapat membantu mengurangi risiko yang mungkin dapat muncul jika kondisinya lebih parah. Langkah – langkah tersebut juga bagus diterapkan untuk mengatasi permasalahan lambung atau usus lainnya. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- makanan yang dianjurkan bagi penderita radang usus, - makanan untuk penderita radang usus, - sayuran untuk penderita radang usus, - kacang hijau untuk radang usus, - menu makanan untuk penderita radang usus, - pepaya untuk radang usus, - radang usus sembelit, - singkong untuk radang usus, - apakahyg punya radang usus bisa makan pepaya, - makanan yang baik untuk penderita radang usus

data-ad-format="link">
8 Langkah Mudah Mengatasi Gejala Radang Usus Post in | Last updated: July 27th, 2018 | 6,446 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Yogyakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *