makanan penurun tekanan darah
makanan penurun tekanan darah (Ilustrasi/pixabay)

8 Makanan dan Minuman Penurun Tekanan Darah

Penyakit darah tinggi atau hipertensi sangat sering kita temui. Ada beberapa gejala yang menyertai hipertensi, antara lain kelelahan, nyeri di bagian dada, pusing atau sakit kepala, denyut jantung tidak beraturan, dan gangguan pada penglihatan. Hipertensi disebabkan oleh banyak faktor, antara lain usia, faktor keturunan, merok*k, obesitas, kurang olahraga, kadar garam yang tinggi, stres. Sementara itu, sebanyak 10% dari kasus hipertensi disebabkan oleh adanya penyakit, yaitu diabetes, ginjal, lupus, obat-obatan tertentu, penyempitan pembuluh, dan gangguan hormon.

Beberapa gejala hipertensi ternyata dapat dicegah dan diobati dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan dengan mudah di sekitar kita. Berikut ini jenis-jenis makanan dan minuman penurun tekanan darah:

  1. Sayuran Hijau

Contohnya ialah bayam, tomat, dan seledri. Bayam, tomat, dan seledri memiliki kandungan kalium dan serat yang tinggi yang keduanya sama-sama membantu proses penyembuhan penyakit darah tinggi. Selain itu, ada buncis yang memiliki banyak vitamin dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah.

makanan penurun tekanan darah
makanan penurun tekanan darah (Ilustrasi/pixabay)

Bawang putih juga berkhasiat besar dalam menurunkan tekanan darah. Bawang putih terbukti mampu mencegah pembekuan darah dan mencegah efek yang ditimbulkan  dari hipertensi. Bawang putih juga merupakan makanan rendah kolesterol sehingga membantu mengurangi penyumbatan pada jantung.

Selain sayuran di atas, kentang dan kedelai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah. Keduanya memiliki kandungan magnesium dan kalium yang tinggi yang membantu mengontrol tekanan darah  dan memperlancar aliran darah.

  1. Buah-buahan

Telah kita ketahui dari penjelasan di atas bahwa zat kalium dapat menurunkan tekanan darah. Pisang, jeruk, blewah, dan melon merupakan contoh buah-buahan yang memiliki kadar kalium yang tinggi. Sedangkan alpukat dan mengkudu memiliki banyak nilai gizi, seperti vitamin, kalsium, dan serat yang dapat membantu tubuh dalam menyembuhkan hipertensi.

  1. Coklat

Coklat mengandung zat antioksidan yang tinggi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tetapi, jenis cokelat yang bekerja optimal dalam menurunkan tekanan darah hanyalah cokelat pahit.

  1. Yoghurt

Yoghurt memiliki banyak kandungan yang sama dengan susu, antara lain magnesium, kalium, dan kalsium. Selain itu, yoghurt merupakan makanan rendah lemak, sehingga bagus untuk mengurangi penyumbatan pada jantung dan pembuluh darah.

  1. Susu Skim Bebas Lemak

Susu ini mengandung kalsium dan vitamin D yang tinggi. Selain itu, susu ini rendah lemak sehingga cocok diminum bagi Anda penderita hipertensi.

  1. Ikan Salmon

Kandungan vitamin dan mineral pada ikan salmon menjadi pilihan terutama untuk menurunkan tekanan darah.

  1. Oatmeal dan Roti Gandum

Produk olahan gandum ini berperan penting dalam menyembuhkan penyakit tekanan darah tinggi. Kedua makanan ini dapat dikonsumsi di pagi hari ketika sarapan. Oatmeal dan roti gandum membantu menjaga kesehatan jantung dan kelancaran peredaran darah.

  1. Minyak Zaitun

Minyak ini telah terkenal memiliki begitu banyak manfaat, salah satunya ialah menurunkan tekanan darah. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat digunakan untuk menjaga tekanan darah.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- 8 makanan penurun tekanan darah tinggi, - makanan dan minuman penurun tekanan darah, - Makanan dan minuman penurun tensi darah, - minuman peneurun tekanan darah, - minuman penurun darah tinggi, - minuman penurun tekanan darah, - minuman penurun tensi

data-ad-format="link">
8 Makanan dan Minuman Penurun Tekanan Darah Post in | Last updated: March 9th, 2017 | 1,520 views
Perempuan kelahiran 17 Januari 2000 asal Kediri. Saat ini sedang menempuh pendidikan di SMA Negeri 1 Kediri. Tertarik pada kegiatan menulis dan sains biologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *