8 Manfaat Air Untuk Kesehatan

8 Manfaat Air Untuk Kesehatan – Pasti anda sudah tahu dengan air, bahkan setiap hari anda meminumnya. Air atau dalam istilah kimia nya H2O adalah elemen penting dalam kehidupan. Air pun memiliki banyak fungsi dan peran untuk kehidupan manusia. Diantaranya untuk kesehatan manusia, namun mayoritas masyarakat hanya menganggap air sebagai pelepas dahaga dan hanya untuk penyegar saja. Padahal peran air bukan saja untuk hal seperti itu, masih banyak peran dan fungsi air untuk kesehatan manusia. Berikut ini kegunaan air untuk kesehatan.

8 Manfaat Air Untuk Kesehatan

1. Air sebagai pelepas dahaga

Ya kegunaan yang pertama sudah umum kita ketahui, karena bila kita haus berarti tandanya kerongkongan kita kering atau mulut kita kering atau kekurangan cairan. Maka dari itu dengan meminum air putih akan memenuhi kebutuhan kerongkongan dan mulut kita.

2. Air sebagai pelarut Vitamin B dan C

Manfaat air untuk kesehatan

Manfaat air untuk kesehatan (Ilustrasi)

Seperti yang kita ketahui, menurut sifat kelarutannya, ada 2 macam vitamin, yaitu vitamin yang larut dalam lemak (A, D, E, K) dan vitamin yang larut dalam air (B dan C). Vitamin B memiliki fungsi membantu oksidasi dalam sel-sel dan juga pembentukan antibodi, sedangkan vitamin C memiliki fungsi membantu daya tahan tubuh, dengan kita mengkonsumsi air minimal 8 gelas sehari itu sudah sangat cukup dalam membantu kinerja vitamin B dan vitamin C.

3. Air sebagai penetral racun

Dengan kita mengkonsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari itu sudah membuat racun-racun yang hinggap di dalam tubuh kita akan netral, maka dari itu untuk pekerja lapangan yang sering bekerja di luar kantor dan sering terkontaminasi polusi dianjurkan untuk sering minum air putih untuk menetralkan semua racun yang masuk.

4. Air sebagai penyeimbang suhu tubuh

Coba anda rasakan, apa yang terjadi bila kita berkeringat? Suhu tubuh kita akan berangsur-angsur menurun. Lalu apa hubungannya dengan air? Air yang sering kita minum akan berguna sebagai cadangan cairan dalam tubuh, dan apabila panas tubuh berlebih maka air akan mengangkut panas tubuh dan membawa keluar melalui pori-pori kulit sebagai keringat.

5. Air sebagai pencegah konstipasi

Pasti anda pernah mengalami konstipasi atau sembelit, konstipasi atau sembelit terjadi karena kurangnya konsumsi air. Maka disarankan sebelum dan sesudah makan untuk mengkonsumsi air putih untuk memperlancar kerja pencernaan.

6. Air mencegah keriput

Selain dikonsumsi, air bisa juga digunakan untuk mencegah kulit keriput. Dengan kita menerapkan kebiasaan membasuh atau mencuci muka setiap bangun tidur, akan memberikan kulit sebuah kesegaram.

7. Air memperlancar kerja otak

Otak adalah organ yang begitu vital bagi kita manusia, dalam 24 jam otak terus bekerja untuk menjaga keseimbangan dalam tubuh, maka dari itu dengan kita mengkonsumsi air maka kebutuhan otak untuk terus bekerjapun tidak tersendat.

8. Air menyeimbangkan asam dan basa

Asam mengandung ion H+ sedangkan basa mengandung ion OH-, maka dengan kita mengkonsumsi air putih (H2O) akan menyeimbangkan jumlah asam dan basa dalam tubuh.

Demikianlah 8 Manfaat Air Untuk Kesehatan, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*