8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak

8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak – Gigi yang sedang ngilu, meradang hingga pipi jadi bengkak membuat segala aktifitas tidak bisa dilakukan secara normal. Emosi yang semakin menyulut menambah parah kondisi, dikarenakan rasa sakit yang tak kunjung sembuh. Makan tak enak, tidur apalagi. Daripada berlama lama, di sini ada beberapa resep sederhana yang bisa dicoba saat sakit gigi menyerang.

8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak

1. Cengkeh
Ambil cengkeh dan tumbuk hingga halus. Setelah itu, letakkan pada gigi yang berlubang dan tutup dengan kapas. Atau, bisa juga menggunakan alternatif lain yaitu mencelupkan kain bersih pada cairan yang berisikan cengkeh bubuk yang sudah ditumbuk dengan garam kemudian tempelkan pada bagian gigi yang sakit. Bahan alami ini dipakai oleh dokter gigi karena memang sangat membantu untuk meringankan nyeri.

2. Belimbing Wuluh
Bahan dapur ini tak hanya sekedar membuat masakan menjadi enak, tapi juga meringankan nyeri pada gigi. Caranya cukup dengan mengunyah belimbing wuluh dengan memberi sedikit garam terlebih dahulu. Lakukan secara perlahan kemudian bersihkan mulut dengan minum air putih.

3. Daun Sirih
Orang tua dulu menggunakan daun sirih sebagai penguat gigi dengan cara mengunyahnya sambil menambahkan kapur sirih. Manfaat ini juga bisa diterapkan untuk meredakan nyeri dengan cara menumbuknya hingga sedikit halus, setelah itu seduh dengan air hangat kemudian campurkan dengan garam secukupnya. Setelah itu, berkumurlah hingga habis ramuan tersebut.

4. Air
Air putih tak hanya menyehatkan tubuh tapi juga bisa menenangkan daerah gigi yang terasa nyeri. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya perhatikan kondisi cuaca. Jika sedang mengalami udara dingin, sebaiknya gunakan air hangat dan sebaliknya. Caranya, minum air putih dan diamkan di dalam mulut terutama pada area yang terserang sakit.

8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak
8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak (ilustrasi)


5. Bawang Merah
Jangan khawatir dulu dengan aromanya, namun perhatikan manfaat yang diberikan. Bawang merah bisa meredakan rasa nyeri pada gigi. Ditambah lagi, kandungan enzim yang terdapat didalamnya bisa membunuh kuman atau bakteri pada mulut.

6. Memijat dengan Es
Memberi pijatan lembut dengan menggunakan es dipercaya bisa membuat rasa nyeri pada gigi berkurang. Apa sebab? Pemijatan yang dilakukan dengan memanfaatkan rasa dingin pada es bisa menyentuh sel syaraf terutama yang sedang meradang.

7. Jeruk Nipis
Bahan dapur ini kaya akan vitamin C yang bisa berfungsi sebagai pereda sakit gigi. Caranya, peras sari jeruk nipis kemudian oleskan pada daerah gigi yang sakit setiap 10 menit sekali hingga perasannya habis.

8. Garam
Kandungan yodium yang ada pada garam, bisa meringankan ngilu pada gigi. Disarankan, untuk tidak mengkonsumsinya secara langsung mengingat rasa asin yang dimilikinya. Namun, campurkan dengan air hangat kemudian aduk secara perlahan. Kumurlah dengan menggunakan bahan tersebut hingga rasa nyeri berkurang.

Meski bahan tersebut mudah didapat, tapi khasiat yang ditawarkan cukup tinggi. Selain itu, bahan tersebut juga tidak memiliki efek samping berbahaya layaknya bahan kimia lainnya.

Demikianlah artikel mengenai 8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak, semoga bermanfaat.



Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- obat sakit gigi bengkak di pipi, - pipi bengkak karena sakit gigi, - pipi bengkak, - cara menghilangkan bengkak sakit gigi, - pipi bengkak akibat sakit gigi, - cara menghilangkan bengkak akibat sakit gigi, - cara mengobati pipi bengkak akibat sakit gigi, - obat pipi bengkak, - cara mengobati pipi bengkak, - cara mengobati pipi bengkak karena sakit gigi
Gravatar Image

Summase S Pd

Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan
Gravatar Image

Artikel Terkait dan Link Sponsor

8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 29,681 views

7 thoughts on “8 Trik Sederhana Redakan Sakit Gigi dan Pipi Bengkak

  1. Anak saya masie balita usia 20 bulan
    Sekarang pipi.x jadi bengkak sampai ketelinga nya
    Bagaimana cara mengobatinya biar gk bengkak cz dr td nangis terus
    Mohon info secepat.x

  2. Gigi saya berlubang dan tiba2 sakitnya menyulut ke gusi yang slalu keluar nanah dan pipi membengkak bagai mana cara mengobati nya ini sakit skali membuat saya Jarang skali makan…

    1. Untuk masalah sakit gigi, jika sudah dicoba cara di atas namun tidak ada perubahan, silahkan periksakan gigi di puskesmas atau ke dokter gigi. Jangan dibiarkan sakit giginya berlarut-larut

  3. Awal nya gigi saya berlubang dan stlah itu di tambal untuk sementara
    Tapi stlh di tambal sementar kok malah makin sakit ya .
    Kemudian pipi saya mulai membengkak .
    Bagaimana cara agar kempis kembali .
    Trimakasih

    1. Sebaiknya Ibu kembali ke dokter gigi yang menambal gigi Ibu untuk pemeriksaan lebih lanjut

  4. saya dulu pernah sakit gigi karena gigi saya yg graham sbleah kanan bawah bolong , trus saya diamkan saja rasa sakit itu ” brp lama kmudian saya baru merasa kalo pipi saya yg sblah kanan mnjadi besar . Pdahal saya sudh tdak sakit lagi pda gusi , cmn bila sya makan ada yg trsangkut di gigi yg bolong suka mrasa sakit . Saya mau tanya apa pipi saya mmbeaar yg sblah kanan akibat gigi saya yg bolong mnjadi gusi saya bngkak ? bgaimana cara mngobatin kmbali ya … tlong di bls ” thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *