Waktu tidur yang ideal
Waktu tidur yang ideal (Ilustrasi/pixabay)

Berapa Jam Waktu Tidur Yang Ideal ?

Berapa Jam Waktu Tidur Yang Ideal ? Sejak bangku sekolah kita sering diajarkan bahwa waktu tidur yang cukup ialah sebanyak 8 jam setiap malamnya. Pada kenyataannya setiap orang memiliki ritme tubuh dan kebutuhan tidur yang berbeda-beda. Sebagian besar orang bisa jadi membutuhkan tidur selama 8 jam, namun tidak sedikit yang cukup segar di pagi hari hanya dengan 4-5 jam tidur bahkan beberapa diantaranya cukup hanya dengan tidur 2 jam setiap malam selama berpuluh-puluh tahun tanpa keluhan fisik apapun. Di lain pihak ada juga beberapa orang yang membutuhkan waktu 9-10 jam untuk memulihkan staminanya setelah bekerja seharian. Akhirnya pengetahuan berapa lama tidur yang ideal ialah tergantung kondisi masing-masing orang. Namun ada teknik sederhana yang bisa dilakukan untuk menguji apakah waktu tidur kita selama ini memang sudah ideal bagi tubuh masing-masing.

Waktu tidur yang ideal
Waktu tidur yang ideal (Ilustrasi/pixabay)

Tentukan berapa lama waktu tidur Anda sekarang

Langkah pertama ialah untuk menentukan rata-rata waktu tidur kita. Hal ini tidak sesimpel “Oh aku biasanya tidur pukul sekian dan bangun pukul sekian, maka kira-kira aku tidur sekian lama per hari.”. Penghitungan waktu tidur yang seksama membutuhkan informasi yang menyeluruh mengenai berapa lama Anda bisa tertidur setelah berbaring di tempat tidur, karena ada beberapa orang yang butuh waktu berjam-jam sebelum mereka dapat tidur dengan baik, apalagi di zaman teknologi smart phone dimana orang cenderung membawa gadgetnya ke kamar tidur untuk menunggu saat mereka telah sangat mengantuk. Kemudian juga perlu dimasukkan dalam perhitungan saat-saat tertentu di tengah malam apabila kita terbangun entah untuk buang air kecil dan lain sebagainya dan berapa lama untuk kemudian bisa kembali tidur lelap. Beberapa orang yang telah melakukan perhitungan dengan lebih cermat baru menyadari bahwa selama ini mereka tidur selama 6-7 jam dalam semalam.

Baca juga:

* Kurang tidur dapat menyebabkan berat badan naik

* Kurang tidur, bahayakah?

* Pentingnya menjaga kualitas tidur saat hamil

* 3 Kiat agar anak mau tidur siang

Kemudian kita beranjak ke pertanyaan berikutnya.

Apakah waktu tidur saya selama ini cukup?

Ada tes sederhana untuk menentukan apakah kita cukup tidur atau tidak. Yaitu dengan menanyakan hal ini kepada diri sendiri; Apakah aku memerlukan bantuan alarm untuk dapat bisa bangun tepat pada waktu yang dikehendaki? Apakah aku mempunyai kesulitan untuk bangun dari tempat tidur setiap pagi? Apakah aku sering merasa ngantuk saat berada di kendaraan? Apakah aku memiliki kesulitan untuk mengingat sesuatu atau untuk berkonsentrasi? Apakah malam hari aku sering tidur pulas manakala kepala ini menyentuh bantal? Apabila Anda menjawab ya bahkan di salah satu pertanyaan di atas maka ada kemungkinan Anda tidak mendapatkan jumlah tidur yang cukup.

Tidur seyogianya mengembalikan energi yang telah terkuras sehari penuh, sehingga Anda siap untuk beraktivitas keesokan harinya. Beberapa macam gangguan tidur atau kelainan metabolisme bisa jadi berdampak kepada kualitas tidur Anda, maka jika Anda merasa kualitas tidur Anda kurang baik ada baiknya berkonsultasi dengan dokter keluarga atau konsultan kesehatan yang Anda percaya.


Sumber: http://sleepacademy.org/2012/02/02/how-to-tell-if-you-are-getting-enough-sleep/

data-ad-format="link">
Berapa Jam Waktu Tidur Yang Ideal ? Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 2,904 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Reigersbos, Amsterdam. Enthusiastic, experienced in marketing, healthcare and customer care over 10 years with an excellent interpersonal and team-management skills

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *