Manfaat daun seledri bagi kesehatan
Manfaat daun seledri bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Betapa Mengejutkannya 12 Khasiat Seledri Untuk Kesehatan Ini!

Betapa Mengejutkannya Khasiat Seledri Untuk Kesehatan Ini! Seledri atau apium graveolens adalah salah satu jenis bahan masakan yang biasanya sebagai bahan pelengkap pada sayur sup. Tak heran jika seledri sering disebut juga sebagai daun sop. Namun, tahukah Anda di samping sebagai pelengkap masakan ternyata daun seledri ini memiliki kandungan gizi yang begitu tinggi, diantaranya vitamin B6, vitamin B2, vitamin B1, vitamin C dan vitamin A. Sayuran pembuat aroma dalam masakan ini mengandung banyak manfaat untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit. Seledri mengandung Natrium yang berperan penting untuk melepaskan deposit kalsium pada sendi dan ginjal. Kandungan magnesium pada seledri juga ternyata bisa meningkatkan kinerja otak, menghilangkan stres, mengatasi hiperaktivitas, eksim dan menyembuhkan alergi.

Manfaat daun seledri bagi kesehatan
Manfaat daun seledri bagi kesehatan (Ilustrasi/pixabay)

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca ulasan mengenai manfaat daun seledri yang sangat menakjubkan bagi kesehatan tubuh berikut ini :

12 Khasiat Seledri Untuk Kesehatan

  1. Daun seledri Mengobati Penyakit Reumatik

Daun seledri yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh ini, ternyata bisa dimanfaatkan untuk mengobati reumatik. Adapun cara memanfaatkan daun seledri untuk penyakit reumatik ini adalah dengan mencuci daun seledri tadi hingga bersih. Setelah itu, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung untuk dijadikan lalapan. Untuk membantu penyembuhan reumatik secara optimal, Anda bisa memanfaatkannya sesering mungkin dengan teratur.

2. Daun seledri Mengobati Batuk

Tak hanya untuk mengatasi reumatik saja, ternyata kandungan nutrisi pada seledri bermanfaat juga untuk mengatasi batuk yang membandel. Kini Anda tak harus membeli obat generik untuk mengatasi batuk, cukup dengan memanfaatkan daun seledri. Adapun caranya adalah siapkan beberapa batang daun seledri kemudian potong daun tersebut dan rebus ke dalam air secukupnya sekitar 3 gelas. Rebus air tadi sampai mendidih, dan saring air rebusan seledri tersebut. Biarkan hingga dingin lalu tambahkan madu dan minum air tadi setidaknya sehari 2 kali secara rutin sampai batuk membaik.

3. Daun seledri Mengobati Anemia

Penyakit kurang darah atau anemia ternyata bisa juga diobati dengan daun seledri secara alami dan aman tanpa efek samping tentunya. Adapun cara mengatasi anemia dengan daun seledri adalah, pertama-tama siapkan susu segar, madu, seledri dan nanas. Kemudian cuci bersih bahan-bahan tadi, setelah itu potong buah nanas hingga beberapa potongan kecil. Lalu masukan bahan-bahan tadi pada blender dan haluskan sampai berbentuk jus. Kemudian minum air jus dari seledri ini untuk mencegah dan mengobati anemia. Anda bisa melakukannya secara rutin.

4. Daun seledri Mengandung Zat Anti Kanker

Dengan mengonsumsi jus seledri, ternyata Anda bisa menekan perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini dikarenakan, jus seledri memiliki kandungan zat anti kanker yang terdapat di dalamnya. Pasalnya, jus seledri ini bisa mencegah terjadinya kanker usus, kanker lever, kanker tenggorokan, lidah hingga kanker kulit. Tak hanya itu saja, daun seledri juga memiliki kandungan zat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel yang diakibatkan oleh radikal bebas. Lebih dahsyatnya lagi, seledri mampu meningkatkan kinerja sel darah putih dalam melawan perkembangan kanker serta mampu menjaga kekebalan tubuh secara alami.

5. Daun seledri Menurunkan Tensi Darah

Dalam kandungan daun seledri terdapat sekelompok zat-zat yang mampu menenangkan otot yang terdapat di sekitar arteri. Hal inilah yang membuatnya sangat efektif untuk menurunkan tekanan darah atau tensi darah. Dengan mengonsumsi jus seledri secara rutin setiap hari, maka tekanan darah dalam tubuh pun selalu terkontrol dengan baik. Daun seledri merupakan salah satu makanan penurun tekanan darah.

6. Daun seledri Mencegah Berkembangnya Sel Tumor

Kandungan phenolic dan acetylenic pada seledri, diketahui dapat mencegah perkembangan dari sel-sel tumor yang ada dalam tubuh. Di mana kedua zat ini bisa menekan aktivitas dari prostaglandins yang bisa memicu perkembangan sel-sel tumor di dalam tubuh.

7. Daun seledri Menurunkan kadar Kolesterol

Seledri yang dijadikan sebagai jus lalu dikonsumsi, efektif menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Sebab, kandungan zat-zat yang terdapat pada seledri ini dapat meningkatkan sekresi pada cairan empedu tubuh.

8. Daun seledri Mengatasi Obesitas

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, tak perlu menggunakan obat-obatan pelangsing yang dijual di pasaran secara bebas. Karena Anda tidak mengetahui kandungan yang sebenarnya yang terdapat pada obat-obatan tersebut. Namun, Anda tak perlu khawatir karena kini bisa memanfaatkan daun seledri ini untuk dijadikan jus sebagai menu diet sehat Anda. Minumlah jus seledri sebelum Anda makan, lalu konsumsi jus tersebut dengan rutin sampai berat badan Anda menjadi lebih ideal sesuai yang diinginkan.

9. Daun seledri Mengatasi Mata Kering

Untuk gangguan mata yang kering, Anda bisa memanfaatkan daun seledri ini untuk mengobati mata yang kering. Adapun caranya adalah dengan menyiapkan daun kelor, daun seledri dan daun bayam sekitar 1/3 genggam masing-masing, lalu cuci sampai bersih. Kemudian tumbuk hingga halus dan tercampur merata. Setelah itu, bubuhkan garam dapur sedikit saja lalu tambahkan air matang sekitar 1/3 gelas dan aduk-aduk. Langkah berikutnya saring campuran tadi lalu ambil airnya. Anda bisa meminum air ramuan ini sehari 3x.

10. Daun seledri Penghilang Rasa Sakit

Kita juga bisa memanfaatkan daun seledri ini untuk pereda rasa sakit. Adapun caranya adalah dengan mempersiapkan 100 gram seledri, 100 gram rebung asparagus, 100 gram wortel, 2 buah apel, 1 gram jeruk lemon, air dan madu secukupnya. Pertama-tama kupas kulit wortel dan apel terlebih dahulu lalu cuci sampai bersih bersamaan dengan seledri dan asparagus. Selanjutnya, potong-potong bahan-bahan di atas agar lebih mudah dihancurkan. Langkah selanjutnya, masukkan semua bahan potongan tadi pada blender kemudian tambahkan dengan sedikit madu dan air matang. Lalu blender sampai halus hingga tercampur sempurna.

11. Daun seledri Memenuhi Cairan Tubuh

Seledri memiliki kandungan sodium dan potasium, yang berguna untuk menggantikan elektrolit yang ada di dalam tubuh. Hal ini sangat berguna terutama setelah Anda beraktivitas atau berolahraga. Daun seledri yang dijus juga bisa memenuhi cairan yang ada dalam tubuh. Saat berolahraga, maka tubuh sudah kehilangan banyak cairan lewat keringat. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi jus seledri setelah berolahraga bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, jus seledri memiliki kandungan mineral yang tinggi serta bisa membantu untuk menambah kehilangan energi.

12. Daun seledri Membersihkan Darah

Seledri juga sangat efektif untuk membersihkan darah secara alami. Untuk menyehatkan sekaligus membersihkan darah, Anda bisa memanfaatkan seledri yang dicampurkan bahan-bahan lainnya. Adapun bahan-bahan yang harus disediakan adalah ¬Ĺ buah jeruk keprok, 1 buah apel, 1 buah lobak berukuran kecil, gula pasir secukupnya dan 75 gram daun seledri.

Cara pembuatannya adalah dengan mencuci bersih bahan-bahan jeruk keprok, apel dan lobak lalu kupas kulitnya dan blender sampai menjadi jus. Sementara seledri sendiri Anda tumbuk sampai halus lalu peras dan saring. Ambil air perasan seledri dan campurkan ke dalam jus tadi, lalu tambahkan gula secukupnya saja. Ramuan ini juga sangat baik untuk penderita jantung koroner, hipertensi, kanker usus dan bagi ibu hamil.

Demikian ulasan mengenai manfaat dan khasiat daun seledri yang menakjubkan bagi kesehatan. Semoga bermanfaat!

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- efek samping minum rebusan daun seledri, - efek samping daun seledri, - Efek samping jus seledri, - efek samping minum jus seledri, - manfaat rebusan seledri, - Manfaat rebusan daun seledri, - efek samping minum air rebusan seledri, - manfaat air rebusan daun seledri, - manfaat rebusan sledri, - kesan makan daun selderi

data-ad-format="link">
Betapa Mengejutkannya 12 Khasiat Seledri Untuk Kesehatan Ini! Post in | Last updated: March 19th, 2018 | 13,368 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *