Cara menghilangkan dagu bergelambir
Cara menghilangkan dagu bergelambir

Selamat Tinggal Dagu Bergelambir!

¬†Infosehatkeluarga.com | Cara menghilangkan dagu bergelambir –¬†Mendapatkan tubuh yang ideal merupakan dambaan semua orang baik pria maupun wanita. Tubuh yang sehat, ramping dan menarik menjadi poin tambahan. Caranya pun bermacam-macam seperti diet ketat, konsumsi makanan diet, olahraga ketat atau bahkan tidak makan sama sekali. Satu hal yang pasti, untuk mendapatkan tubuh yang indah tidak harus dengan cara yang menyeramkan dan menyakitkan diri sendiri. Asupan makanan sehat, serta olahraga yang rutin bisa menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal.

Tapi ada beberapa orang yang merasa terganggu pada satu hal ini, yaitu gelambir di bawah dagu. Dagu bergelambir tidak hanya ditemukan di dagu orang yang bertubuh gemuk saja, bahkan orang yang kurus atau ideal pun juga banyak yang masih memiliki dagu bergelambir. Dagu bergelambir ini bukan merupakan lemak yang tumbuh layaknya pada orang gemuk, hal ini bisa disebabkan karena faktor keturunan dari orang tua, kurangnya keseimbangan komposisi cairan di dalam tubuh atau bisa juga karena pola hidup dan pola makanan yang tidak sehat sebelumnya.

Dagu yang bergelambir bisa juga disebabkan karena kurangnya olahraga. Lemak yang tertimbun di bagian dagu tidak ikut terbakar karena kurang lama atau kurang tepat dalam olahraga. Untuk menghilangkan dagu bergelambir anda bisa mulai dengan berhenti mengonsumsi makanan yang tidak penting, tidak sehat dan tidak berguna untuk tubuh Anda. Pola hidup yang sehat dan kegiatan khusus seperti di bawah ini juga akan membantu anda mengurangi atau bahkan menghilangkan gelambir pada dagu anda.

Cara menghilangkan dagu bergelambir

Cara menghilangkan dagu bergelambir
Cara menghilangkan dagu bergelambir

Lakukan olahraga dagu. Olahraga yang menyertakan otot wajah, dagu dan rahang bisa membuat sirkulasi darah di wajah semakin lancar, mengikir lemak yang ada di wajah penyebab gelambir di dagu dan tentu saja lebih mengencangkan wajah anda. Selain menghilangkan gelambir pada dagu, olahraga dagu dan wajah ini diyakini bisa menyegarkan wajah dan memperlambat proses penuaan pada kulit wajah anda. Olahraga dagu dan wajah yang bisa anda lakukan ialah sebagai berikut:

  • Buka mulut selebar mungkin. Tutup bibir bagian bawah ke atas menuju hidung. Usahakan bibir bagian bawah sedekat mungkin dengan hidung. Lalu kembali buka mulut lebar-lebar. Jika terasa sakit, bantulah bibir bawah naik ke atas dengan gerakan tegas dari rahang bawah. Lakukan kegiatan ini selama 1 menit, istirahat 1 menit lalu lanjutkan sampai 3-5 kali.
  • Putaran kepala. Putar kepala anda searah jarum jam dan juga tidak searah jarum jam. Lakukan secara perlahan, jangan sampai terlalu kencang sehingga menimbulkan rasa sakit pada leher anda. Anggukkan kepala anda sekali lalu angkat kepala semampu anda sampai bisa melihat atas dan ke belakang. Lakukan gerakan ini 30 kali lalu istirahat sejenak kemudian lanjutkan hingga 3-5 kali kegiatan.
  • Gerakan rahang. Rahang yang kuat mempunyai peranan penting dalam membantu menyempurnakan bentuk wajah dan dagu. Caranya ialah dengan mulut yang terbuka lebar, gerakkan rahang ke arah kiri dan kanan secara bergantian. Lakukan gerakan ini paling tidak selama 5 menit. Atau sebanyak yang anda mampu. Jika lelah, istirahat sejenak lalu ulangi lagi gerakan tadi. Menggerakkan rahang seperti ini harus hati-hati. Jangan menggerakkan rahang terlalu keras karena akan terasa sakit jika terjadi pergeseran antara rahang atas dan rahang bawah. Lakukan gerakan ini pelan-pelan dan buatlah suasana sesantai mungkin.
  • Ucapkan huruf A, I, U, E, dan O dengan gerakan mulut maksimal. Selebar mungkin dan sekeras mungkin. Gerakan ini dapat melatih otot wajah sampai leher. Lakukan gerakan ini minimal 15 kali dalam sekali latihan. Semakin sering melakukan olahraga ini semakin bagus. Karena tidak hanya otot dagu saja yang kencang, otot wajah juga akan terasa lebih kencang dan segar.
  • Gerakan mengunyah. Metode ini merupakan metode yang paling mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Gerakan mengunyah ini bisa dilakukan dengan menggunakan permen karet sebagai bahan untuk dikunyah. Ingat, permen karet usahakan yang rendah gula karena kan percuma jika permen karet yang dipilih merupakan permen karet yang sangat manis. Dan permen karet yang dikunyah hanya 1 permen untuk 1 kali latihan otot rahang. Jangan menambahkan permen karet lagi atau mengganti permen karet yang sudah tidak berasa manis dengan permen karet baru. Permen karet tidak akan habis ketika dikunyah walaupun rasa permen karet tersebut sudah hilang. Lakukan gerakan mengunyah ini sesering mungkin dan semampu anda.

Posisi tidur. Di samping olahraga otot wajah dan dagu secara teratur, posisi tidur juga sedikit banyak mempengaruhi banyaknya timbunan lemak yang ada pada daerah wajah dan sekitarnya. Posisi tidur yang kurang tepat bisa membuat penumpukan lemak tidak merata atau hanya terjadi pada bagian tubuh yang menjadi penopang berat tubuh saja. Ubahlah posisi tidur anda dengan sedikit menaikkan posisi kepala bisa menggunakan bantal atau selimut. Usahakan kepala lebih tinggi dibandingkan posisi anggota badan yang lain. Posisi tidur dengan kepala agak naik seperti ini dapat membantu melancarkan pernapasan anda dan sirkulasi darah ke seluruh tubuh.

Demikianlah Cara menghilangkan dagu bergelambir, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- komedo di dagu, - leher bergelambir

data-ad-format="link">
Selamat Tinggal Dagu Bergelambir! Post in | Last updated: March 16th, 2018 | 2,483 views
Eka Kuncoro
Kontributor Info Sehat Keluarga Ponorogo Jawa Timur