Mencegah dehidrasi dengan infused water
Mencegah dehidrasi dengan infused water (Ilustrasi/flickr)

Cegah Dehidrasi Dengan Infused Water

Ketika harus memilih salah satu antara sehat dan kaya apa yang akan anda pilih? Sebagian besar orang pasti akan menjawab memilih sehat. Kondisi badan sehat merupakan suatu harta yang lebih berharga daripada kekayaan sebesar apapun di dunia ini. Banyak orang kaya yang habis hartanya karena mengidap suatu penyakit. Apa yang mereka cari? Mereka menginginkan kondisi badan mereka kembali sehat.

Mencegah dehidrasi dengan infused water
Mencegah dehidrasi dengan infused water (Ilustrasi/flickr)

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, sebenarnya bukanlah hal yang sulit dan mahal. Dengan menjaga pola makan, dan olah raga teratur merupakan usaha untuk menjaga kesehatan tubuh. Tidak sulit sebenarnya namun kekonsistenan dibutuhkan dalam hal ini.

Selain itu, meminum cukup air putih juga diperlukan untuk menjaga agar tubuh tidak kekurangan cairan atau dehidrasi. Dehidrasi bagi tubuh memiliki dampak sebagai berikut,

  • Kekurangan cairan sebanyak 2% saja akan mengakibatkan gangguan fungsi otak. Seperti, sulit berkonsentrasi, dan kemampuan berpikir yang melemah.
  • Kekurangan sebanyak cairan 6% dapat mengakibatkan sakit kepala, letih dan lemah.
  • Kekurangan cairan sebanyak 12% berakibat gangguan fungsi pergerakan dan otot.
  • Kekurangan cairan sebanyak 25% berakibat gangguan pada ginjal dan saluran kemih.

Jadi, memang sangat diperlukan bagi kita agar jangan sampai kekurangan cairan.

Dua tahun belakangan ada trend terbaru untuk mengonsumsi air putih bagi masyarakat, masyarakat perkotaan khususnya. Mereka mengonsumsi air putih yang diramu bersama buah- buahan, sayur, dan tanaman herbal yang dikenal sebagai air infusan atau infused water.

Infused water menurut Ir. Trini Sudiarti MSI, dosen Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, infused water adalah inovasi untuk mendorong masyarakat untuk lebih banyak mengonsumsi air putih sehingga terhindar dari efek buruk dehidrasi.

Menurut penelitian tingkat kesadaran masyarakat di Indonesia untuk meminum banyak air putih masih sangat rendah. Hal tersebut juga dibuktikan oleh penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) yang menyebutkan bahwa 46,1% dari responden di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Selatan mengalami dehidrasi ringan.

Penyebab tingginya penderita dehidrasi biasanya dipicu oleh kurangnya pengetahuan akan manfaat air putih bagi tubuh. Dan lebih suka mengonsumsi teh, kopi, minuman ringan, dan minu, man berkarbonasi.

Jumlah asupan air putih yang dibutuhkan oleh tubuh setiap orang selalu berbeda. Hal tersebut bergantung jumlah kalori yang dikonsumsi setiap orangnya. Setiap 1 kalori yang dikonsumsi, maka jumlah air yang harus diminum sebanyak 1cc. Jika seorang laki- laki dewasa membutuhkan 2000 kalori perhari, maka ia harus mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter perhari. Oleh karenanya ada anjuran untuk meminum air putih minimal sebanyak 8 gelas perhari sesuai dengan pedoman gizi seimbang dari Kementerian kesehatan. Hal tersebut bertujuan agar terhindar dari efek dehidrasi bagi tubuh.

Lalu apa manfaat dari infused water ?

Selain mencegah dehidrasi, manfaat lain dari infused water bergantung pada buah yang digunakan. Nutrisi yang umumnya dikandung dari buah dan sayur antara lain, vitamin B kompleks dan vitamin C. Vitamin B kompleks berperan sebagai pemroduksi energi dalam tubuh, menjaga kesehatan fungsi saraf, pencernaan, rambut dan kuku, serta menurunkan kadar kolesterol jahat. Sementara, vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Infused water juga mengandung serat yang dikandung oleh buah yang menjadi bahan baku, meskipun tidak sebanyak jika mengonsumsi buah secara langsung. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa serat yang tidak dapat larut dalam air seperti selilosa, hemiselulosa dan lignin. Sehingga disarankan agar sisa buah yang direndam dalam air tetap dikonsumsi walau rasanya sudah tidak enak.

Buah apa saja yang bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan air infusan ini? Pilih buah yang bertekstur daging keras dan mudah hancur dalam air. Seperti lemon, jeruk, anggur, strawberry dan lain-lain. Selain buah, dapat juga ditambahkan sayuran, dan tanaman herbal seperti kayu manis, batang serai dan yang lainnya. Dan agar lebih aman, sebaiknya air yang digunakan tetaplah direbus terlebih dahulu meskipun itu air mineral dalam kemasan agar terjamin higienies dari kuman yang mungkin saja masih terkandung.

data-ad-format="link">
Cegah Dehidrasi Dengan Infused Water Post in | Last updated: December 19th, 2015 | 179 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *