Gejala Kanker Neuroblastoma

Gejala Kanker Neuroblastoma – Apa yang anda ketahui mengenai Neuroblastoma ini? Neuroblastoma merupakan kanker yang menyerang sistem saraf yang sering ditemukan pada masa anak-anak. Kanker ini dapat tumbuh dan berkembang di berbagai bagian tubuh. Kanker ini berasal dari jaringan yang membentuk system saraf yang merupakan bagian dari system saraf yang mengatur fungsi pada tubuh. Dan paling sering berasal dari jaringan kelenjar adrenal di perut. Kanker ini biasanya akan menyebar ke organ lainnya misalnya  kelenjar getah bening, hati, tulang, dan sumsum tulang belakang.

Siapa saja dapat terkena kanker. Baik tua maupun muda, bahkan anak-anak atau bayi juga dapat diserang kanker. Di Amerika, kanker ini mencapai jumlah angka 650 kasus pertahun sedang di Inggris mencapai 100 kasus pertahun. Kanker ini termasuk kanker ganas yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu stadium rendah, sedang, dan tinggi.

Penyebab dan gejala kanker Neuroblastoma

Penyebab kanker Neuroblastoma belum diketahui, mungkin dari factor keturunan yang ditemukannya sel-sel tumor atau juga ditemukannya faktor genetik tertentu. Kanker ini biasanya paling sering ditemukan pada anak-anak terutama anak perempuan lebih banyak dibanding laki-laki. Umumnya jenis kanker ini sering ditemui pada kelenjar anak ginjal. Kanker ini dapat menghadirkan banyak beberapa gejala bergantung pada letaknya tumor. Biasanya gejala awal diketahui dan sulit ditemukan. Jika timbulnya di daerah leher atau rongga dada maka dapat menyebabkan bola mata menonjol dengan kelopak mata turun serta pupil melebar. Untuk gejala, gejala akan datang sesuai dengan tumor yang timbul pada bagian tubuh tertentu. Gejala awalnya biasanya perut membesar, perut tersebut terasa penuh dan terasa sakit. Gejala juga dapat berhubungan dengan penyebaran pada tumor. Jika kanker telah menyebar pada tulang maka tulang tersebut akan terasa sakit. Kanker yang telah menyebar ke bagian sumsum tulang dapat menyebabkan berkurangnya sel darah merah sehingga menyebabkan anemia, berkurangnya trombosit sehingga jika terjadi pada anak-anak akan mudah untuk memar, dan berkurangnya sel darah putih sehingga rentan sekali untuk terkena infeksi.

Gejala Kanker Neuroblastoma

Ashira Shalva, balita yang menderita neuroblastoma, jenis tumor yang menyerang anak-anak. (Ilustrasi/Foto: Instagram PrayforAshira)

Gejala lainnya yang dapat ditemukan pada Neuroblastoma diantaranya adalah kulitnya pucat, di sekeliling mata tampak hitam, kelelahan menahun dan kelelahan yang berlebihan yang berlangsung berminggu atau bahkan berbulan-bulan. Tidak enak badan karena mengeluarkan banyak keringat. Jika kanker tumbuh cukup menyebar banyak, dapat diraba dalam pemeriksaan perut. Jika tumor telah menyebar ke hati, hati akan teraba makin membesar.

Lalu bagaimana pengobatannya? Pengobatannya bervariasi, tergantung pada lokasi maupun penyebaran dan usia penderita. Jika kanker belum menyebar, biasanya dapat diatasi dengan pembedahan atau pengangkatan. Jika kanker berukuran besar atau telah banyak tersebar, maka dapat diatasi dengan kemoterapi atau terapi penyinaran. Penyakit ini sangatlah berbahaya dan harus segera cepat menghubungi dokter serta terus melakukan cek-up.

Demikianlah Gejala Kanker Neuroblastoma, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*