Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya – Infeksi saluran kemih yang disebut juga sebagai infeksi saluran kencing adalah infeksi yang menyerang beberapa organ tubuh yang masih berhubungan dalam saluran kemih atau urin. Organ-organ tubuh yang berhubungan dengan saluran kemih adalah ginjal, ureter, dan kandung kemih. Saluran kemih adalah bagian tubuh yang berfungsi sebagai organ pembuangan kotoran (dalam hal ini adalah urin). Pola makan, kebersihan diri dan lingkungan yang tidak dijaga dengan baik dapat menyebabkan petumbuhan bakteri yang akhirnya menyebabkan infeksi saluran kemih.

Wanita lebih mudah terserang infeksi saluran kemih dibanding pria. Hal tersebut terjadi karena letak saluran kemih wanita memang berdekatan dengan anus yang juga merupakan tempat bersarangnya berbagai jenis bakteri. Selengkapnya tentang gejala, penyebab dan cara mencegah infeksi saluran kemih dapat Anda temukan dalam penjelasan di bawah ini:

Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya

5 Gejala Infeksi Saluran Kemih:

1. Sering buang air kecil:

Salah satu gejala yang sering terjadi pada penderita infeksi saluran kemih adalah keinginan buang air kecil yang berlebihan. Bahkan rasa ingin buang air kecil bisa terjadi tidak beberapa lama setelah buang air kecil.

2. Disuria:

Disuria adalah rasa sakit yang terjadi ketika buang air kecil. Tak hanya itu, seseorang yang mengalami disuria juga akan merasakan rasa panas pada saluran kencingnya ketika dia buang air kecil.

3. Urin yang becampur darah atau hematuria:

Bakteri adalah penyebab utama terjadinya infeksi saluran kemih. Setelah berkembang dalam jumlah yang banyak, bakteri tersebut menyerang lapisan uretra sehingga menyebabkan luka berdarah yang kemudian terbawa bersama urin ketika buang air kecil. Kondisi tersebut disebut sebagai hematuria.

Infeksi Saluran Kemih - Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya
Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya (Ilustrasi)

4. Demam tinggi:

Dalam banyak kasus, infeksi saluran kemih juga bisa berkembang menyerang ginjal. Bila hal itu terjadi, gejala yang paling sering terjadi adalah demam tinggi pada penderita infeksi saluran kemih. Gejala lain yang timbul adalah rasa lelah yang berlebihan dan mual-mual.

5. Nyeri punggung:

Rasa sakit karena infeksi saluran kemih dapat menjalar, salah satunya di punggung. Bila hal tersebut terjadi, penderita akan merasakan rasa sakit pada punggung bagian bawah dan di sekitar selangkangan. Dalam beberapa kasus, rasa sakit juga akan menjalar ke bagian perut dan meyebabkan rasa sakit dan kram yang sangat menyakitkan.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih:

Infeksi saluran kemih termasuk salah satu jenis penyakit yang jumlah penderitanya semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada awalnya penyakit tersebut terjadi karena pola hidup dan pola makan yang tidak terjaga dengan baik, misalnya kurang minum air putih, terlalu sering menahan kencing, terlalu banyak mengonsumsi kopi, teh atau minuman sejenisnya. Kondisi tersebut akan bertambah parah dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih:

Selain pola makan dan minum yng tidak dijaga dengan baik, kebersihan pakaian dalam dan toilet yang tidak diperhatikan juga akan memicu perkembangan bakteri sehingga dapat memperparah infeksi saluran kenih.
Karena itulah, untuk mencegah agar tidak terserang infeksi saluran kemih, jagalah pola makan Anda. Imbangi konsumsi makan Anda dengan meminum air putih, setidaknya 8 gelas dalam sehari. Kebersihan diri, kebersihan pakaian dan kebersihan lingkungan juga akan mencegah bakteri yang dapat memperparah infeksi saluran kemih.

Demikianlah penjelasan tentang penyebab, gejala dan cara mencegah infeksi saluran kemih. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya”, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- letak kandung kemih, - disuria, - letak kantung kemih, - disuria adalah, - letak kandung kemih pada wanita, - letak saluran kencing wanita, - letak saluran kemih, - letak kandung kemih pria, - dimana letak kandung kemih, - letak kantong kemih

data-ad-format="link">
Infeksi Saluran Kemih: Penyebab, Gejala dan Cara Mencegahnya Post in | Last updated: October 1st, 2014 | 6,928 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *