Inilah Makanan Penyebab Jantung Koroner

By | September 14, 2015
Inilah Makanan Penyebab Jantung Koroner 1

Makanan Penyebab Jantung Koroner – Jantung masih menempati urutan teratas sebagai penyakit yang menyebabkan kematian. Penyakit jantung koroner bersifat multifaktor, artinya penyakit jantung dapat ditimbulkan oleh berbagai faktor resiko. Ada dua faktor resiko atau penyebab, yaitu:

  1. Penyebab yang tidak dapat dirubah, misalnya umur dan garis keturunan yang mengidap penyakit hipertensi, diabetes dan jantung.

  2. Penyebab yang dapat dirubah, misalnya gaya hidup, jarang berolahraga, merokok, kebiasaan mengonsumsi makanan yang mengandung kolesterol, kebiasaan mengonsumsi makanan yang menyebabkan hipertensi, dan lain-lain.

Kolesterol masih dianggap sebagai penyebab utama stroke dan penyakit jantung. Beberapa penelitian menunjukkan dakta bahwa seseorang yang mengonsumsi lemak trans atau lemak tersaturasi akan meningkatkan kolesterol kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

Makanan Penyebab Jantung Koroner

Makanan yang paling banyak menyebabkan jantung koroner adalah makanan yang mengandung lemak trans dan lemak tersaturasi. Berikut adalah penjelasan tentang lemak trans dan lemak tersaturasi:

Makanan Yang Mengandung Lemak Trans Lemak Tersaturasi:

  1. Makanan yang mengandung lemak tersaturasi adalah makanan yang didapat dari hewan, dan makanan yang diolah dengan cara dibakar atau digoreng.

  2. Makanan yang mengandung lemak trans adalah makanan yang diolah dengan proses industri dan menggunakan bahan pengawet agar memperpanjang masa berlaku atau konsumsi makanan tersebut.

Makanan Penyebab Jantung Koroner

Inilah Makanan Penyebab Jantung Koroner (Ilustrasi)

Contoh makanan yang mengandung lemak tersaturasi:

Makanan yang didapat dari hewan secara langsung, misalnya misalnya susu, lemak sapi, daging domba, babi, kulit unggas, ayam goreng, dan lain-lain.

Contoh makanan yang mengandung lemak trans:

  1. Makanan yang dibakar, misalnya cookies kulit pai dan kulit pai.

  2. Makanan ringan, misalnya snack olahan kentang, tortilla chips dan jagung.

  3. Makanan yang digoreng, misalnya kentang goreng, dan donat. Gorengan mendapatkan kandungan lemak trans dari minyak yang digunakan untuk menggoreng.

  4. Makanan kalengan dan makanan yang didinginkan dalam lemari es.

  5. Mentega, keju dan creamer

Setelah Anda mengetahui makanan yang menyebabkan jantung koroner, yang harus Anda lakukan adalah menghilangkan kesenangan Anda terhadap berbagai makanan yang dapat menyebabkan penyakit tersebut. Kesehatan akan menjadi sangat mahal ketika penyakit sudah meyerang, karena itu jagalah kesehatan Anda dengan melakukan hal sederhana yang sebenarnya dapat Anda lakukan sedini mungkin.

Demikianlah informasi tentang Makanan Penyebab Jantung Koroner, semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *