Penyakit Ginjal

Penyakit Ginjal – Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia yakni untuk  mengeluarkan/mengekskresikan zat-zat sisa metabolisme tubuh dalam bentuk urin. Lama kelamaan fungsi ginjal tersebut dapat menurun dan akhirnya fungsi ginjal pun dapat terganggu (timbul penyakit ginjal),  gangguan tersebut bisa di sebabkan oleh racun, infeksi atau obat-obatan yang memiliki efek samping yang dapat merusak ginjal. Bila ginjal tidak berfungsi atau gagal ginjal sisa metabolisme yang tidak di keluarkan akan menjadi racun dalam tubuh kita.

Jenis-Jenis Penyakit ginjal:

  1. Gagal Ginjal:
    Gagal Ginjal disebut juga Kidney Failure / Renal Failure. Suatu kondisi di mana ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya secara normal. Penyebab gagal ginjal adalah volume darah yang kurang, dehidrasi, obat obatan,  gangguan aliran darah, sistem imun berlebihan, kerusakan otot dan perandangan akut pada glomerulus. Gejalanya adalah mudah lelah, keperingan, dan lain lain.
    Gagal ginjal digolongkan menjadi akut (ketika serangannya tiba-tiba) atau kronis. Gagal ginjal akut berakibat pada berkurangnya volume urin, kadar zat-zat bernitrogen, potasium, sulfat, dan fosfat diatas normal dalam darah, dan rendahnya kadar sodium, kalsium, dan karbon dioksida darah yang juga jauh dibawah normal.
    Pencegahan Gagal Ginjal:Hati hati dalam mengkonsumsi obat obatan
    Mengkonsumsi air putih yang cukup
    Konsumsi makanan dengan teratur
  2. Ginjal Terapung:Penyakit ini adalah keadaan di mana ginjal dapat bergerak. Kadang-kadang ginjal bergerak sedemikian rupa sehingga diraba melalui dinding perut. Gejala dari penyakit ini ialah rasa nyeri akibat terganggunya peredaran darah, tersumbatnya saluran air seni, dan kadang kadang tidak tampak gejala apapun.
  3. Kanker Ginjal:Kanker ginjal adalah jenis penyakit ginjal yang terdapat pada ginjal atau Tubulus Renal Proksimal, Kanker terjadi akibat adanya kerusakan sel. Kerusakan sel itu sendiri disebabkan obanyak hal, dari obat obatan sampai dengan virus. Gejalanya adalah rasa nyeri pada bagian pinggang

    Pencegahan:Tidak merokok
    Mengkonsumsi makanan yang higienis dan bergizi
    Olahraga teratur
  4. Nefritis:Kerusakan bagian ginjal akibat alergi racun kuman. Disebabkan oleh bakteri . Gejalanya sangat bervariasi mulai dari demam, nanah pada air kemih, dan lain lain.
  5. Pyelonephritis merupakan infeksi dan peradangan jaringan ginjal dan renal pelvis (ruang yang terbentuk dari perluasan ujung atas ureter tubulus yang menyalurkan urin ke kandung kemih). Infeksi ini biasanya disebabkan karena bakteri. Kelainan ginjal yang paling sering terjadi, pyelonephritis dapat menjadi kronis dan akut.
  6. Glomerulonephritis, penyakit ginjal lain yang sering terjadi, ditandai dengan peradangan sebagian glomeruli ginjal. Kondisi ini dapat terjadi ketika sistem imun tubuh lumpuh. Antibodi dan zat-zat lainnya membentuk partikel dalam aliran darah yang terjebak dalam glomeruli. Hal ini menyebabkan peradangan dan membuat glomeruli tidak dapat bekerja dengan baik. Gejala dari penyakit ini bisa termasuk darah dalam urin, pembengkakan jaringan tubuh, dan adanya protein dalam urin, dalam hasil tes laboratorium. Glomerulonephritis bisa sembuh sendiri tanpa pengobatan. Jika pengobatan diperlukan, dapat dilakukan diet khusus, obat-obatan pencegah kekebalan (immunosuppressant), atau plasmapheresis (pemisahan plasma dari darah), suatu prosedur untuk membuang bagian darah yang mengandung antibodi.
  7. Hematuria:
    Penyakit yang ditandai sel darah merah pada urine. Disebabkan adanya peradangan pada organ urinaria atau karena iritasi akibat gesekan batu ginjal. Gejalanya adalah berubahnya warna urin pada penderita.

    Pencegahan:
    Menjaga kesehatan
    Meminum air putih 8 gelas sehari
    Tidak terlalu sering mengikuti olahraga yang berat
  8. Anuria:
    Penyakit anuria adalah penyakit dimana penderitanya tidak dapat mengeluarkan air seni lebih dari 50 mililiter. Anuria biasanya merupakan tanda dari gagal ginjal. Penyebab anuria adalah tidak lengkapnya preneral dalam produksi urine. Gejala penyakit ini adalah tidak dapat memproduksi urine lebih dari 100 mililiter dalam 24 jam.

    Pencegahan:
    Tidak menahan pembuangan air kemih terlalu lama
    Meminum 8 Gelas air putih setiap hari
  9. Polyuria:
    Polyuria adalah penyakit di mana ekskresi urine yang besar dalam periode tertentu. Penyebabnya adalah pada medula ginjal. Gejala penyakit ini adalah banyaknya melakukan ekskresi.

    Pencegahan:
    Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan higienis
    Olahraga teratur
    Sering mengkonsumsi makanan yang bervitamin
  10. Oliguria:
    Keluaran urin kurang dari seharusnya. Oliguria merupakan salah satu tanda dari gagal ginjal. Oluguria adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh fungsi ginjal menurun / gagal ginjal intrinsik dan gagal postrenal.Penyakit oliguria ditandai dengan eksresi urin kurang dari 1 ml / kg/ hari pada bayi, 0,5 ml / kg /jam pada anak dan 400 ml / hari pada orang dewasa.

    Pencegahan:
    Mengkonsumsi makanan yang bergizi dan higienis
    Olahraga teratur
    Mengkonsumsi air putih 8 gelas sehari
  11. Albuminuria:
    Penyakit yang ditandai dengan adanya molekul albumin dan protein lain dalam urine. Penyebabnya adalah kerusakan pada bagian glomerulus. Gejala pada penderitanya adalah pembengkakan berisi cairan.

    Pencegahan:
    Tidak mengkonsumsi hanya 1 zat gizi
    Mengkonsumsi 8 gelas air putih
  12. Batu Ginjal:
    Batu Ginjal, disebut juga Renal Calculus, plural Renal Calculi. Batu ginjal terbentuk karena pengendapan garam kalsium di dalam rongga ginjal, saluran ginjal, atau kantung kemih. Penyebabnya adalah terlalu banyak mengkonsumsi garam mineral dan terlalu sedikit mengkonsumsi air. gejala penyakit ini adalah sulitnya ekskresi pada penderitanya.
    Batu ginjal dapat ataupun tidak menyebabkan tanda dan gejala sampai batu tersebut bergerak di dalam ureter, pipa yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih. Pada satu titik, tanda dan gejala yang dapat terjadi adalah:

    – Nyeri yang parah pada sisi tubuh atau punggung, di bawah pinggul
    – Nyeri yang menyebar ke bagian bawah tubuh dan pangkal paha
    – Nyeri pada saat buang air kecil
    – Urin berwarna pink, merah atau coklat
    – Mual dan muntah
    – Sering buang air kecil
    – Demam dan menggigil saat infeksi terjadi.Penyebab Batu Ginjal:Batu ginjal sering tidak terdefinisikan dengan satu penyebab. Beberapa faktor yang sering berkombinasi, membuat kondisi dimana seseorang rentan mengalami batu ginjal.Batu ginjal terbentuk ketika komponen urin –cairan dan berbagai mineral dan asam- hilang keseimbangan. Ketika hal ini terjadi, urin anda terdapat lebih banyak zat yang mengkristal, seperti kalsium, oxalate dan uric acid, daripada cairan. Pada saat yang sama, pada urin anda terdapat zat yang mengkristal dan menggumpal sehingga terbentuk batu ginjal. Hal ini membuat kondisi dimana batu ginjal lebih mungkin terbentuk.Pencegahan Batu Ginjal:
    Tidak terlalu lama menahan pembuangan air kemih
    Meminum air putih 8 gelas sehari
    Sebelum tidur mengkonsumsi air putih terlebih dahulu.

penyakit ginjal

Penyebab penyakit ginjal secara Umum

Penyakit ginjal disebabkan  oleh berbagai macam penyakit yang mendasari. Gangguan atau kondisi yang menyebabkan kerusakan ginjal seperti : obstruksi, infeksi, keganasan, peradangan, kelainan bentuk, menelan racun, suplai darah yang berkurang ke ginjal penyebab meliputi : Hipertensi, diabetes yang merusak ginjal dari waktu ke waktu, kanker ginjal, penyalahgunaan obat, over dosis obat-obatan, alkohol, dan rokok.

Gejala penyakit ginjal secara Umum

  1. Perubahan kencing. Gejala penyakit ginjal yang pertama ini sudah tentu terjadi karena ginjal memang merupakan salah satu organ dalam sistem urin. Biasanya jika ginjal anda memiliki masalah, terjadi frekuensi abnormal ketika anda buang air kecil, entah itu lebih sedikit atau lebih banyak dan biasanya berwarna pucat. Pada kasus lain, urin anda dapat berbusa atau bergelembung dan bahkan hingga keluar darah. Untuk kasus batu ginjal, biasanya anda akan kesulitan saat buang air kecil dan terasa perih.
  2. Pembengkakan. Gejala penyakit ginjal ini biasanya terjadi pada penderita gagal ginjal. Gagal ginjal menyebabkan cairan menumpuk di dalam tubuh sehingga akan menimbulkan pembengkakan pada beberapa bagian seperti kaki, wajah, tangan dan lain sebagainya.
  3. Mudah lelah. Pada penderita gagal ginjal, eritropoietin (Eritropoietin adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel khusus di ginjal yang merangsang sumsum tulang untuk meningkatkan produksi sel darah merah) lebih sedikit. Dengan lebih sedikit sel darah merah untuk membawa oksigen, otot dan otak menjadi lelah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, anda perlu waspada jika anda merasa anda cepat lelah tidak seperti biasanya. Karena memang gejala penyakit ginjal ini hanya anda yang dapat merasakannya.

Cara mengobati penyakit ginjal dengan ramuan tradisional yang dapat anda coba dengan mudah, di antaranya yaitu:

  1. Daun kumis kucing
    Daun kumis kucing dapat anda manfaatkan dalam cara mengobati penyakit ginjal yaitu dengan merebus sebanyak 60 gram daun kumis kucing dengan 4 gelas air. Tunggu hingga mendidih dan air tersisa 2 gelas. Minum ketika air sudah dingin dan lakukan secara rutin.
  2. Semangka
    Semangka merupakan salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk penderita ginjal. Oleh karena itu, cara mengobati penyakit ginjal ini dapat anda lakukan dengan rutin makan buah semangka setelah makan jika anda mengalami beberapa gejala umum yang biasa dialami oleh penderita ginjal.
  3. Alang-alang
    Selain dapat mengobati radang tenggorokan, ternyata alang-alang pun dapat anda manfaatkan untuk mengobati penyakit ginjal. Bagian tanaman ini yang dapat anda ambil manfaatnya adalah pada bagian akar alang-alang.
  4. Banyak minum air putih
    Para pakar kesehatan memang menganjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas untuk sehari meskipun anda tidak menderita penyakit ginjal. Hal ini anda lakukan demi membantu menjaga kesehatan organ metabolisme terutama ginjal. Oleh karena itu, mulai saat ini, biasakan untuk hidup sehat dengan minum air putih minimal 8 gelas dalam sehari.

Hindari Mengonsumsi Obat-Obatan dan Jamu/Herbal Sembarangan.

Karena terkadang penyakit ginjal tidak terasa gejalanya, Gejalanya baru terasa pada saat penyakit ginjal sudah kronis. Oleh sebab itu ginjal harus dijaga dengan baik, Hindari mengkonsumsi  jamu atau herbal  yang tidak jelas mekanismenya yang akan memperparah kondisi ginjal.

Demikianlah artikel mengenai Penyakit Ginjal, semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- yhs-ddc_bd, - penyebab anuria, - Jika volume urine seseorang berlebihan maka penyebabnya adalah kerusakan pada bagian, - apa yang dimaksud polyuria dan glomerulus, - jelaskan perbedaan antara poliuria dan oligouria, - penyebab oliguria, - perbedaan poliuria dan oligouria, - Keadaan dimana glomeruli merancang dan ginjal tidak dapat menjalankan fungsinya sering disebut penyakit, - perbedaan antara poliuria dan oligouria, - apabila dalam urine seorang pasien mengandung protein berarti terjadi kerusakan pada salah satu bagian ginjal yaitu

data-ad-format="link">
Penyakit Ginjal Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 11,279 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *