Bahaya tidur pagi
Bahaya tidur pagi (Ilustrasi/pexels)

Jangan Biasakan Tidur di Pagi Hari Kalau Tak Mau Mengalami 4 Efek Buruk Ini

Tidur memang sebuah kebutuhan untuk mengistirahatkan tubuh dari berbagai aktivitas yang telah dilakukan. Dengan tidur akan membuat sel-sel dalam tubuh akan mengalami regenarasi sehingga badan akan lebih segar ketika bangun nanti. Tidur secara cukup akan sangat baik untuk kesehatan, namun jika dilakukan secara berlebihan justru akan membawa dampak yang buruk. Berikut inilah bahaya yang mengintai ketika tidur di pagi hari dijadikan sebuah kebiasaan:

4 Bahaya Tidur Pagi hari

1. Membuat proses metabolisme terganggu

Tidur terlalu lama dari malam dan tidak juga bangun di pagi hari hingga menjelang siang membuat tubuh hanya diam begitu saja. Waktu ideal untuk sarapan pada pukul 06:00-08:00 juga terlewatkan yang membuat tubuh bereaksi lebih lama dalam menahan rasa lapar. Kacaunya jadwal tersebut akan membuat proses metabolisme tubuh terganggu dan dapat mengakibatkan seseorang berisiko lebih besar mengalami obesitas apabila tidak mengontrol seberapa banyak makanan yang dikonsumsi setelah bangun nanti.

Bahaya tidur pagi
Bahaya tidur pagi (Ilustrasi/pexels)

2. Sakit kepala

Saat anda masih tetap tidur hingga pagi hari, itu berarti anda sudah tidur terlalu lama dan melebihi batas normal. Padahal saat tidur cairan serebrospina akan mengalir ke otak. Saat anda tidur dalam waktu yang lama, cairan tersebut akan terus mengalir. Hal itulah yang membuat anda sakit kepala begitu bangun.

3. Memicu penyakit kanker darah

Saat tidur, sel darah putih di dalam tubuh akan meningkat. Tidur terlalu lama terutama di pagi hari sebelum jam 11.00 dapat membuat anda kelebihan sel darah putih yang menjadi penyebab penyakit kanker darah.

4. Berisiko diabetes

Tidur dari malam dan berlanjut sampai pagi harinya akan membuat metabolisme tubuh tidak seimbang. Terganggunya metabolisme tersebut akan berakibat pada menurunnya kinerja tubuh dalam mengatur kadar gula di dalam darah sehingga jumlahnya dapat melebihi batas normal. Karena itulah risiko terkena diabetes akan lebih besar bagi seseorang yang tidak bisa bangun pagi.

Nah, itulah 4 bahaya yang dapat terjadi jika anda tidak segera menghilangkan kebiasaan tidur di pagi hari. Demi kesehatan ubahlah kebiasaan tersebut dengan bangun pagi dan berolahraga serta menyempatkan untuk sarapan bersama keluarga tercinta.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- penyakit tidur di pagi hari, - tidur di pagi hari, - efek tidur di pagi hari, - bahaya tidur pagi, - Apa benar tidur pagi bisa menaikkan darah putih, - efek tidur pagi, - bahaya tidur di pagi hari, - apa tidur pagi bisa menaikkan sel darah putih, - apakah pap smear itu?, - tidut dari jam 7-9 pagi menaikan darah putih bagi wanita hamil

data-ad-format="link">
Jangan Biasakan Tidur di Pagi Hari Kalau Tak Mau Mengalami 4 Efek Buruk Ini Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 4,538 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *