Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak – Alergi adalah kondisi dimana tubuh seseorang memberikan reaksi yang berlebihan terhadap zat tertentu, misalnya bahan kimia, makanan, obat, sengatan serangga, polutan, dan lain-lain. Alergi bisa dialami orang dewasa atau anak-anak.

Pada manusia yang normal, tubuh dapat melawan virus atau bakteri yang masuk dalam tubuh. Pada penderita alergi, hal itu akan terjadi sebaliknya, sistem kekebalan tubuh yang tidak bisa melawan polutan atau zat yang dianggap “musuh” akan menghasilkan reaksi yang disebut alergi.

Berbagai gejala yang ditimbulkan oleh alergi berbeda-beda pada setiap orang. Permasalahan menjadi lebih serius ketika alergi menyerang anak-anak. Anak-anak dengan keterbatasannya mungkin tidak bisa mengatakan bahwa dia sedang mengalami alergi. Lalu bagaimana cara kita sebagai orang tua mengetahui jika anak kita alergi terhadap sesuatu? Penjelasan di bawah kami berikan agar Anda bisa mengetahui Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak:

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi DEBU Pada Anak:

Debu atau udara yang kotor merupakan penyebab yang paling sering menimbulkan alergi. Debu mengandung jutaan bakteri, virus dan beberapa zat yang dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Gejala yang timbul pada anak yang terserang alergi debu misalnya batuk, bersin, napas menjadi sesak dan badan menjadi gatal. Jika anak Anda mengalami alergi debu, segera bawa ke tempat yang udaranya bersih. Selanjutnya rajin-rajinlah untuk membersihkan rumah beserta perabotannya agar anak tidak mengalami alergi kembali.

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi MAKANAN Pada Anak:

Beberapa makanan yang menyebabkan alergi pada anak antara lain kacang-kacangan, susu, gandum, ikan, telur dan makanan yang berasal dari laut, misalnya kerang, cumi-cumi, udang dan ikan-ikan tertentu. Beberapa gejala yang timbul dari alergi makanan misalnya sakit perut, muntah, gatal-gatal, sesak nafas dan eksim. Walupun jarang terjadi, alergi makanan dapat menyebabkan kematian.

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak (Ilustrasi)

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi HEWAN Pada Anak:

Beberapa hewan peliharaan di rumah dapat menyebabkan alergi, terutama hewan yang berbulu, misalnya kucing, anjing dan burung. Alergi hewan dapat menimbulkan asma atau gangguan saluran pernafasan lainnya.

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi MUSIM atau CUACA Pada Anak:

Alergi jenis ini muncul jika si anak terlalu peka terhadap cuaca dingin atau cuaca panas. Gejala yang ditimbulkan oleh alergi musim atau cuaca hampir sama dengan alergi makanan. Hanya saja gejala yang timbul karena alergi cuaca atau musim lebih ringan daripada alergi yang disebabkan makanan.

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi SENGATAN SERANGGA Pada Anak:

Sengatan serangga pada anak dapat menyebabkan bengkak, gatal dan warna kulit menjadi kemerahan. Sengatan serangga yang menyebabkan reaksi parah disebut dengan anafilaksis. Anafilaksis pada anak bisa berbahaya, karena bisa mengancam jiwa. Tanda-tanda anafilaksis misalnya pembengkakan saluran pernafasan, kehilangan kesadaran, ruam kulit parah, sesak nafas berat dan muntah. Untuk mengatasi alergi yang parah atau Anafilaksis Anda harus secepat mungkin membawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif.

Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi OBAT Pada Anak:

Pemberian obat bertujuan untuk mengatasi penyakit. Namun pada anak yang mengalami alergi terhadap obat tertentu, hal tersebut dapat mengakibatkan gejala lain selain sakit yang sedang diderita oleh anak. Ketika anak Anda sedang menjalani pengobatan, amati pada awal-awal pemberian obat tertentu. Bila anak Anda mengalami gejala lain atau justru penyakitnya menjadi lebih parah, segera hentikan pemberian obat tersebut dan berkonsultasilah dengan dokter yang merawatnya.

Jika alergi pada anak semakin parah, segera menghubungi dokter Anda untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Setelah diketahui jenis alergi pada anak, dokter akan segera memberikan obat untuk mengatasi alergi.

Demikianlah informasi Jenis, Penyebab dan Gejala Alergi Pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

*