Keuntungan Dan Kekurangan Obat Herbal

Keuntungan Dan Kekurangan Obat Herbal – Penemuan-penemuan obat-obatan herbal memang sedang diminati oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, obat ini diunggulkan dalam beberapa aspek. Di sisi lain obat-obatan herbal ini sudah ada sejak generasi nenek moyang. Dan hingga kini obat-obatan tradisional tersebut juga masih dipercaya untuk mengobati penyakit ringan ataupun penyakit serius sekalipun. Sehingga tidak heran jika terkadang masyarakat sering mengkombinasikan obat-obatan kedokteran / obat modern dengan obat herbal. Bahkan banyak juga masyarakat yang lebih percaya dan memilih mengkonsumsi obat-obatan herbal dalam menyembuhkan penyakit yang sedang dideritanya. Terlepas dari tingginya minat dan antusias masyarakat Indonesia, perlu anda ketahui mengetahui seluk beluk mengenai obat-obatan herbal terlebih dahulu.

Keuntungan Konsumsi Obat Herbal

Keuntungan yang sangat bisa dirasakan oleh pengguna obat herbal adalah dari segi harga. Obat herbal ditawarkan dengan harga terjangkau dan biasanya lebih murah dibandingkan dengan pengobatan modern. Obat herbal jauh lebih terjangkau tentu alasannya sangat masuk akal. Mengapa demikian? Obat-oabatan herbal di Indonesia tidak perlu didatangkan dari beberapa penjuru negara di dunia. Indonesia merupakan salah satu negara pusat bahan-bahan alami yang digunakan pada obat herbal. Dengan demikian biaya produksinya tidak dipatok dengan harga yang tinggi. Selain itu, beberapa bahan-bahan herbal pun sangat mudah ditemui di sekitar rumah. Dengan faktor kemudahan dalam mendapatkannya tersebut, obat-obatan herbal digunakan oleh masyarakat luas.

Keuntungan Dan Kekurangan Obat Herbal

Keuntungan Dan Kekurangan Obat Herbal (Ilustrasi/Foto: koran-sindo.com)

Masyarakat Indonesia saat ini memang tengah menyadari pengaruh penggunaan obat-obatan dengan kandungan bahan kimia yang tinggi yang bisa menyebabkan beberapa hal yang tidak diinginkan. Atas dasar hal itu mereka lebih meyakini dan memilih menggunakan obat herbal dalam penyembuhan penyakit. Obat jenis ini dianggap lebih banyak memberi kelebihan yaitu penggunaan obat jenis ini tidak memberikan efek samping yang tinggi. Hal itu berangkat dari unsur-unsur alami yang terkandung dari obat herbal yang mudah untuk di proses dan diserap oleh tubuh. Selain itu penggunaan obat herbal dalam waktu jangka panjang tidak akan menimbulkan kekebalan pada tubuh.

Kekurangan Konsumsi Obat Herbal

Obat-obatan herbal memang memiliki keuntungan yang bisa dimanfaatkan dalam menjaga tubuh yang sehat, terbebas dari penyakit. Namun seperti sisi mata uang logam, obat herbal ini juga memiliki kekurangan jika dikonsumsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Salah satunya adalah ketidakakuratan bahan dalam hal uji klinis. Tentunya berbeda dengan obat-obatan modern yang diramu dengan nutrisi dan kandungan yang dibutuhkan tubuh, dengan takaran dan kehigienisan yang terjamin. Sedangkan obat herbal diramu berdasarkan kepercayaan atau racikan secara turun temurun dari nenek moyang. Masyarakat luas terlanjur mempercayai jika obat-obatan yang berasal dari alam tidak memiliki efek samping sehingga tidak mempermasalahkan jika uji klinis tidak di optimalkan.

Kekurangan mengkonsumsi obat herbal selanjutnya adalah proses pengobatan pada penyakit yang serius cukup memakan waktu yang lama dibandingkan dengan pengobatan modern. Sehingga pada awalnya harga obat-obatan herbal memang cukup murah namun jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama tentunya anda juga harus mengeluarkan uang yang tidak sedikit. Hal itu dikarenakan obat herbal tidak bisa menjamin dengan pasti dapat membuktikan jika suatu penyakit sudah benar teratasi atau masih menjangkit dalam tubuh penderita.

Di antara obat modern ataupun obat herbal tentunya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Keputusan untuk memilih menggunakan obat herbal ataupun obat modern merupakan mutlak keputusan anda. Tentunya anda bisa menyesuaikan dalam penggunaan obat modern ataupun obat herbal. Anda juga bisa mempertimbangkan seberapa serius penyakit yang sedang anda derita. Dengan demikian anda bisa menentukan pengobatan mana yang lebih seusia dengan kebutuhan anda.

Demikianlah Keuntungan Dan Kekurangan Obat Herbal, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*