7 Manfaat Tanaman Bayam Untuk Tubuh, Ibu Hamil, dan Tips Memasaknya

By | January 19, 2020
Manfaat tanaman Bayam

Ada banyak manfaat tanaman bayam yang bisa dirasakan oleh manusia. Mulai dari untuk meningkatkan kesuburan, mencegah anemia, mencegah peradangan pada sendi, hingga mencegah penyakit kanker. Sayangnya tidak banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan hal ini.

Baca juga: Manfaat Bayam Merah Untuk Mengobati Penyakit Tekanan Darah Rendah, Anemia, dan Disentri

Padahal tanaman dengan nama latin Amaranthus ini sudah banyak diteliti di seluruh dunia dan mulai digunakan sebagai salah satu obat herbal alami. Khususnya bayam merah atau Amaranthus Gangeticus yang saat ini diakui sebagai obat khas dari beberapa negara besar seperti Korea Selatan dan India.

Di Indonesia sendiri bayam biasa dimasak dan disajikan dalam bentuk sayur bening. Dan ternyata, sayur bayam ini juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh, khususnya untuk diet dan menguruskan badan.

Kandungan Vitamin Bayam

Sebelum masuk ke pembahasan utama mengenai manfaat tanaman bayam, kita perlu tau dulu apa saja kandungan kimia, vitamin serta mineral yang ada dalam sayuran ini. Sebab biasanya kita hanya tau bayam kaya akan kandungan zat besi saja.

Padahal ada lebih banyak lagi kandungan vitamin dan mineral yang ada dalam tanaman ini. Beberapa di antaranya ialah :

Memang kandungan vitamin dan mineral yang paling banyak dalam sayuran bayam ialah kandungan zat besi dan vitamin B kompleks. Kedua vitamin ini sangat baik untuk penderita anemia sebab bisa meningkatkan produksi sel darah merah serta meningkatkan kandungan asupan zat besi di dalam tubuh.

Khasiat Bayam Merah Untuk Tubuh Manusia

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, salah satu jenis bayam yang paling baik dan bermanfaat untuk tubuh manusia ialah bayam merah. Tanaman ini bisa mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis yang mematikan.

Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa manfaat tanaman bayam merah yang bisa anda rasakan jika mengonsumsinya secara rutin.

Pencegah Sel Kanker Dalam Tubuh

Kanker merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan untuk tubuh manusia. Sebab sel kanker bisa menyebar ke seluruh tubuh dan merusak sel–sel lain hingga merusak organ di dalam tubuh.

Tetapi dengan rutin mengonsumsi bayam merah, anda bisa mencegah munculnya sel kanker di dalam tubuh. Sebab antioksidan yang ada di dalam sayuran ini sangat efektif dalam menghancurkan bakteri, virus, serta sel–sel yang sifatnya merusak tubuh manusia.

Tetapi, sebaiknya anda mengonsumsi bayam merah dan sayuran dengan kandungan antioksidan lainnya sebelum sel kanker muncul. Sebab sayuran ini hanya bisa sebagai pencegah saja.

Mengobati Penyakit Anemia

Seperti yang telah dituliskan di atas, salah satu kandungan paling banyak dimiliki oleh bayam merah ialah zat besi dan vitamin B. Kedua kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengobati penyakit anemia atau kekurangan sel darah merah.

Sebenarnya, anemia disebabkan karena kualitas sel darah merah yang buruk. Sehingga tidak bisa mengangkut oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh dan tidak bisa memenuhi kebutuhan zat besi.

Oleh karena itu, bayam merah akan membantu memperbaiki kualitas sel darah merah serta membantu memberi asupan zat besi di dalam tubuh. Sehingga anda tidak akan merasa pusing atau berkunang–kunang lagi karena efek dari anemia.

Menguatkan Tulang

Manfaat tanaman bayam merah yang berikutnya ialah untuk menguatkan dan menyehatkan tulang–tulang dalam badan kita. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk orang dengan usia 40 tahun ke atas dan sudah mengalami beberapa masalah tulang seperti rematik atau osteoporosis.

Nah, kandungan vitamin K, zat besi, kalium serta magnesium bisa sangat membantu tubuh dalam menguatkan tulang. Khususnya di beberapa bagian tertentu seperti tulang kering di kaki, tulang pungung dan pinggang.

Melancarkan Sistem Metabolisme Tubuh

Manfaat tanaman bayam untuk metabolisme tubuh

Mengonsumsi bayam secara rutin juga bisa membantu anda melancarkan pencernaan dan sistem metabolism dalam tubuh. Sebab tanaman yang satu ini sangat kaya akan kandungan serat yang membuat pencernaan menjadi lebih lancar.

Bukan hanya itu, sayur ini juga bisa mencegah panas dalam. Yang mana panas dalam bisa membuat sistem metabolisme terganggu dan menyebabkan susah buang air besar.

Manfaat Bayam Merah Untuk Ibu Hamil

Bukan hanya untuk orang biasa, bayam merah juga memiliki banyak manfaat untuk wanita hamil. Bahkan bayam menjadi salah satu makanan atau sayuran yang banyak direkomendasikan oleh dokter kandungan untuk menjaga kesehatan sang ibu maupun janinnya.

Berikut ini abeberapa manfaat bayam merah untuk ibu hamil yang bisa anda rasakan.

Membantu Perkembangan Janin

Semua ibu hamil, pasti sangat memprioritaskan perkembangan janinnya. Oleh karena itu, mereka akan melakukan apapun untuk membuat janinnya berkembang dengan baik.

Salah satu caranya ialah dengan rutin mengonsumsi bayam karena mengandung asam folat yang cukup tinggi. Sehingga dapat membantu perkembangan saraf pada janin ibu hamil.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Seorang ibu hamil juga akan lebih mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya menurun. Dan bila sang ibu terserang penyakit, hal ini akan mempengaruhi janin di dalam perutnya.

Di sinilah khasiat bayam merah dibutuhkan oleh wanita hamil. Kandungan vitamin C dan vitamin A dalam bayam akan memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membuatnya kuat terhadap serangan virus–virus dan bakteri.

Menjaga Kesehatan Kulit

Bila anda seorang wanita hamil yang memiliki masalah jerawat di wajah, mungkin  anda perlu mulai mengonsumsi bayam. Sebab beberapa wanita akan mengalami perubahan hormon ketika janinnya mulai tumbuh.

Kandungan vitamin C di dalam bayam merah akan menjaga kulit anda tetap lembab dan terjaga dari radikal bebas.

Baca juga: 8 Penyakit Yang Bisa Dicegah dengan Bayam

Manfaat Sayur Bayam Dan Tips Memasaknya

Seperti yang sudah dituliskan di atas, ada beberapa manfaat tanaman bayam yang bisa anda rasakan bila rutin mengonsumsinya. Seperti contohnya ialah :

  • Melancarkan metabolisme tubuh
  • Menjaga kesehatan kulit
  • Membantu perkembangan janin
  • Menguatkan tulang
  • Mengobati penyakit anemia

Tetapi, bagaimana cara terbaik mengonsumsi bayam?

Untuk masyarakat Indonesia, bayam biasanya dimasak menjadi sayur bening. Dan memang cara ini menjadi salah satu cara paling baik untuk mengonsumsi bayam merah maupun bayam biasa.

Agar manfaat tanaman bayam bisa anda rasakan dengan lebih efektif, ada baiknya bila anda tidak merebus bayam terlalu lama. Sebab hal ini bisa membuat kandungan di dalamnya ikut hilang karena termasak. Selain itu, jangan terlalu banyak menambahkan garam dan bumbu instan. Sebaiknya anda menggunakan bumbu alami saja seperti lengkuas dan bawang putih.

Seperti itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat tanaman bayam dan bayam merah untuk manusia. Jadi, mulailah konsumsi bayam secara rutin bila anda ingin merasakam manfaatnya. Dan jangan lupa untuk selalu membiasakan gaya hidup sehat agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Bantu kami di tengah-tengah wabah COVID-19 untuk tetap bisa menyajikan informasi kesehatan yang bermanfaat dengan memberikan donasi seikhlasnya agar bisa tetap bertahan di tengah krisis ini. Donasi Anda dapat dikirimkan lewat .
Atau melalui Gopay:

Balsem cap Tawon

Balsem cap tawon merupakan salah satu produk khas Sulawesi Selatan

Balsem cap Tawon

Manfaat Balsem cap tawon antara lain:

Mengobati sakit kepala – mengobati sakit pinggang – mengobati rematik – mengobati pusing – mengobati sakit otot – mengobati hidung tersumbat – mengobati salah urat – mengobati gatal gatal karena gigitan serangga – mengobati perut kembung

Informasi dan pemesanan: