makanan yang mengandung kalsium
makanan yang mengandung kalsium

Selain Susu, inilah Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium

Infosehatkeluarga.com – Kalsium merupakan salah satu nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh untuk membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Pada usia dini, kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan. Sedangkan pada usia dewasa dan tua, kalsium dibutuhkan untuk menjaga keutuhan tulang agar tidak cepat rapuh. Namun mungkin selama ini orang-orang hanya mengetahui makanan sumber kalsium hanyalah susu atau produk olahan susu. Padahal masih ada banyak alternatif makanan sumber protein yang bisa didapatkan sehari-hari. Berikut beberapa daftar makanan yang mengandung kalsium selain susu.

Kalsium dari Makanan Laut

  1. Ikan Sarden

Ikan sarden yang banyak dijumpai dalam kemasan kalengan merupakan sumber kalsium yang berasal dari makanan laut. Satu kaleng ikan sarden bahkan dapat memenuhi 30% dari total kebutuhan kalsium harian tubuh. Selain mudah didapatkan, ikan sarden juga biasanya mudah diolah sehingga makanan ini bisa menjadi alternatif makanan sehat yang baik untuk dikonsumsi.

  1. Ikan Salmon

Ikan salmon merupakan salah satu jenis ikan laut yang harganya cukup mahal jika dibandingkan ikan lainnya. Namun, ikan ini memiliki banyak manfaat. Manfaat yang terkenal dari ikan salmon ialah meningkatkan kecerdasan. Selain itu, dalam 3 ons ikan salmon terkandung kurang lebih 181 mg kalsium. Jumlah ini cukup banyak dan hampir sama dengan kalsium dalam satu gelas susu sapi.

Kalsium dari Sayur-Sayuran

  1. Bayam
makanan yang mengandung kalsium
makanan yang mengandung kalsium

Bayam yang terkenal sebagai sumber zat besi, ternyata juga termasuk makanan tinggi kalsium rendah lemak. Bahkan kandungan kalsium pada sayuran ini bisa mencapai 200 mg. Bayam juga sangat mudah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan sehat.

  1. Lobak

Lobak merupakan salah satu jenis sayur yang mungkin kurang populer di Indonesia jika dibandingkan dengan bayam atau kangkung. Namun, lobak mengandung kurang lebih 200 mg kalsium dalam satu batangnya. Jumlah kalsium pada satu batang lobak ini bahkan mirip dengan jumlah kalsium pada satu gelas susu. Oleh karena itu, lobak seharusnya bisa dijadikan makanan sumber kalsium yang bisa diandalkan.

  1. Brokoli

Brokoli mengandung kurang lebih 180 mg kalsium. Sayuran ini juga disebut-sebut sebagai sayuran yang paling lengkap nutrisinya dan dapat dijadikan bahan makanan sehat bagi penderita penyakit apapun. Mengonsumsi brokoli tentu saja dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian pada tubuh.

  1. Bokchoy

Sayuran yang mirip dengan sawi ini merupakan jenis sayuran sehat yang mungkin namanya masih asing di telinga masyarakat. Namun bokchoy ini juga bisa dijadikan makanan sumber protein karena terdapat sekitar 74 mg kalsium di dalamnya.

Kalsium dari Buah-buahan

  1. Alpukat

Salah satu buah yang mengandung cukup banyak kalsium yaitu alpukat. Ada sekitar 12 mg dalam 100 gram buah alpukat. Meskipun jumlahnya tidak sebanyak kalsium pada sayuran di atas, namun mengonsumsi alpukat sebagai buah-buahan sehat akan memberikan manfaat dan khasiat lain yang cukup banyak juga.

  1. Jeruk

Selain alpukat, ada juga jeruk yang mengandung kalsium cukup banyak. Pada kadar yang sama, jeruk mengandung kalsium sebesar 50 mg. Jumlah ini tentu lebih banyak daripada alpukat. Selain itu, jeruk juga mengandung vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh.

  1. Blueberry

Blueberry ternyata tidak hanya dapat menjadi makanan sumber antioksidan yang baik. Namun juga merupakan sumber kalsium yang cukup baik. Setidaknya ada sekitar 40 mg kalsium dalam 1 cangkir blueberry. Jadi, mengonsumsi blueberry tidak hanya baik untuk kesehatan kulit, namun juga baik untuk kesehatan tulang.

  1. Kurma

Berbeda dengan blueberry, kurma memiliki kandungan kalsium yang lebih banyak lagi. Pada tiga butir kurma ada sekitar 45 mg kalsium. Jika dibandingkan dengan jeruk dan alpukat, kurma tentu lebih baik. Selain mudah dimakan, kurma juga memiliki rasa yang begitu manis. Mengonsumsi kurma sebanyak tiga butir per hari cukup membantu menyehatkan tubuh.

  1. Strawberry

Strawberry mengandung cukup banyak kalsium yang bisa membantu pemenuhan kalsium harian tubuh. Setidaknya dalam 160 gram buah strawberry, ada kandungan 80 mg kalsium. Buah ini juga mudah didapatkan dan mudah diolah.

Kalsium dari Kacang-kacangan dan Biji-bijian

  1. Kacang Kedelai

Kacang kedelai yang sering diolah menjadi makanan olahan seperti tempe, tahu, maupun susu kedelai ternyata mengandung kalsium yang cukup baik untuk kesehatan. Dalam satu cangkir kacang kedelai ada 260 mg kalsium. Jumlah ini lebih banyak jika dibandingkan dengan makanan lain yang sudah disebutkan di atas.

  1. Kacang Putih

Selain kedelai, jenis kacang yang mengandung kalsium yang cukup ialah kacang putih. Kacang putih mengandung setidaknya 75 mg kalsium. Jumlahnya memang tidak sebanyak kedelai, namun kacang putih bisa menjadi alternatif pemenuhan kalsium harian tubuh.

  1. Kacang Almond

Kacang almond cukup populer di kalangan masyarakat menengah ke atas. Hal ini berkaitan dengan harganya yang memang cenderung mahal. Namun, kandungan kalsium di dalamnya sangat banyak dan hampir sama dengan kandungan kalsium pada kacang kedelai. Dalam kadar yang sama, kacang almond memiliki kalsium sebanyak 250 mg. Cara mengonsumsi almond yang baik ialah dengan minum susu almond atau minyak almond.

  1. Edamame

Edamame yang juga sering disebut sebagai kedelai Jepang ternyata mengandung kalsium yang tidak sebanyak kedelai biasa. Ada setidaknya 78 mg kalsium pada edamame dengan kadar yang sama. Namun mengonsumsi edamame juga bisa membantu tubuh mendapat nutrisi yang cukup. Apalagi edamame merupakan jenis kacang yang sering dijadikan camilan sehat.

  1. Kacang Brazil

Jenis kacang lain yang mengandung kalsium ialah kacang Brazil. Di dalam 100 gram kacang jenis ini ada kandungan 160 mg kalsium.

  1. Wijen

Wijen merupakan jenis biji-bijian yang cukup populer di Indonesia. Biji wijen sering digunakan sebagai pelengkap makanan tradisional. Ternyata biji wijen sangat kaya akan kalsium. Pada kadar 1 ons wijen, terdapat 280 mg kalsium. Wijen tentu dapat dijadikan alternatif makanan sehat yang bisa dipertimbangkan. Mengonsumsi wijen juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi minyak wijen.

Itulah beberapa daftar makanan yang mengandung kalsium selain susu. Semoga artikel ini bermanfaat. Marilah menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan sehat yang nutrisinya dibutuhkan oleh tubuh.

data-ad-format="link">
Selain Susu, inilah Daftar Makanan yang Mengandung Kalsium Post in | Last updated: August 15th, 2017 | 152 views
Blogger dan content writer yang ingin berbagi informasi serta wawasan pada banyak orang melalui tulisan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *