Mengenal Berbagai Macam Jenis Kanker

By | August 30, 2015
Berbagai jenis kanker

Mengenal Berbagai Macam Jenis Kanker – Orang akan berpikir bahwa penyakit yang paling mematikan adalah serangan jantung, karena gejalanya yang begitu cepat dan mendadak, namun masih ada penyakit yang sangat mematikan selain serangan jantung. Penyakit itu adalah kanker. Kanker adalah penyakit yang dikarenakan adanya pertumbuhan sel yang abnormal dan bisa menjalar ke seluruh organ tubuh. Kanker banyak menyerang organ penting pada tubuh kita. Kanker sering disebut silent k1ller, karena gejala awalnya yang jarang terdeteksi, sehingga ketika telah terdeteksi tingkat stadiumnya sudah tinggi. Kali ini kita akan mengenal berbagai macam penyakit kanker yang menyerang organ tubuh kita.

Berbagai Macam Jenis Kanker

Berbagai jenis kanker

Berbagai jenis kanker (Gambar Ilustrasi)

Kanker otak
Kanker yang satu ini memang sangat ganas dan mematikan, bagaimana tidak. Kanker ini menyerang organ syaraf kita. Gejala kanker otak diantaranya sakit kepala yang tidak kunjung reda, pusing disertai mual dan juga muntah yang memancar, penglihatan menjadi buram dan gangguan keseimbangan. Namun kadang gejala awalnya begitu samar untuk diketahui.

Kanker pay*dara

Kanker yang satu ini merupakan penyakit paling mematikan no. 2 di dunia, kanker ini akan menyerang daerah pay*dara dan sekitarnya dan akan cepat menjalar ke bagian tubuh lain. Kanker ini sering menyerang kaum hawa, namun kaum adam pun beresiko mengidap penyakit ini walau kemungkinannya sedikit. Gejala penyakit ini diantaranya kulit pada pay*dara mengeras dan ada benjolan.

Kanker serviks

Kanker serviks (leher rahim) merupakan penyakit paling mematikan di dunia no. 3. Kanker ini menyerang leher rahim, pengobatannya dilakukan dengan kemoterapi dan penggunaan sinar gamma, namun untuk stadium lanjut mungkin pengangkatan rahim menjadi cara terakhir untuk mengatasi penyakit ini. Banyak penelitian mengatakan bahwa kanker serviks ini terjadi karena adanya sisa darah menstruasi dalam rahim yang tidak keluar sehingga menjadi biang penyakit.

Kanker Hati

Kanker hati atau biasa disebut sirosis hati. Kanker ini terjadi karena rusaknya fungsi hati, dan juga bisa terjadi karena lanjutan dari gejala hepatitis C. Perut penderita kanker hati akan membesar karena membengkaknya hati. Para ahli mengatakan kebiasaan begadang akan membuat sistem metabolisme pada hati tidak teratur sehingga resiko kanker hatinya pun sangat besar.

Kanker usus

Bagi anda yang sering sembelit atau sulit buang air besar, hati-hatilah. Karena sembelit merupakan salah satu penyebab kasus kanker usus. Kanker usus akan menyerang usus besar dan juga usus halus.

Kanker paru-paru

Inilah penyakit terberat yang disebabkan karena merokok. Kanker paru-paru akan menyebabkan terganggunya pertukaran gas oksigen dengan karbondioksida pada alveolus. Gejala penyakit ini diantaranya batuk hebat disertai darah, nafas yang terengah-engah, sesak nafas, dan sakit luar biasa pada dada.

Kanker pr0stat

Kanker yang satu ini menyerang kelenjar pr0stat. Kanker prostat sering menyerang orang dewasa usia 40 tahun ke atas.

Kanker pankreas

Ini dia penyakit yang menyebabkan Steve Job wafat. Penyakit ini tidak banyak diketahui, namun kanker pankreas memiliki gejala yang tidak begitu dirasakan sehingga penyakit ini betul-betul berbahaya

Kanker lambung

Kanker ini menyerang lambung, kanker ini merupakan lanjutan dari maag kronis. Ketika maag kronis sudah begitu parah maka kemungkinan penyakit ini datang sangatlah besar.

Kanker tulang

Kanker tulang adalah kanker yang menyerang tulang, biasanya diawali dengan benjolan pada tulang, rasa ngilu seperti rheumatik dan juga rasa lemas pada tulang

Kanker darah

Kanker darah atau biasa disebut leukemia adalah penyakit yang menyerang sel darah merah atau kelebihan leukosit atau sel darah putih. Penyebab besar penyakit ini adalah karena virus dan bakteri yang menstimulasi sel darah putih berkembang sebanyak mungkin sehingga mengalahkan jumlah sel darah merah, namun selain virus dan bakteri. Leukemia juga disebabkan olrh autoimun sehingga sehingga sel darah putih pun menghancurkan sel darah merah.

Kanker lidah

Kanker lidah adalah kanker yang menyerang lidah dan sekitarnya, memang kanker ini terlihat sepele namun kanker ini sangat berbahaya. Gejala penyakit ini diantaranya lidah yang membengkak dan bahkan bisa mati rasa. Gejala penyakit ini bisa membuat anda sulit menelan. Kanker lidah pun bisa menyebabkan kematian walau kanker ini menyerang organ yang tidak terlalu vital.

Masih banyak lagi macam-macam kanker diantaranya kanker kepala, kanker tenggorokan, kanker pita suara, kanker mata, kanker kelenjar getah bening, kanker ginjal dan lainnya.

Demikianlah Mengenal Berbagai Macam Jenis Kanker, semoga bermanfaat.

One thought on “Mengenal Berbagai Macam Jenis Kanker

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *