Pap Smear : Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan 1

Pap Smear : Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan

Pap smear? Apa itu pap smear? Dan apa manfaat pap smear? Memang, saat ini istilah pap smear baru diketahui oleh sebagian kecil wanita di Indonesia. Sebenarnya pap smear sangat penting untuk dilakukan, yaitu untuk mengetahui berbagai masalah seputar organ kewanitaan, misalnya untuk mencegah dan mengetahui ada tidaknya kanker serviks/ kanker rahim atau gangguan lain pada organ dalam wanita. Lebih lanjut tentang pengertian pap smear, manfaat pap smear dan proses dilakukannya pap smear akan kami ulas sebagai berikut:

Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan Pap Smear

Pap smear ditemukan sekitar 40 tahun lalu oleh Dr. Geroge Papanicolaou. Ketika itu pap smear dilakukan untuk mengetahui kondisi sel-sel dalam serviks (leher rahim) seorang wanita. Sampai saat ini pap smear masih terus dilakukan dan diakui kehandalannya untuk mengetahui berbagai masalah dalam rahim.

Manfaat Pap Smear:

Pap smear adalah satu-satunya langkah untuk mengetahui keberadaan sel kanker dalam leher rahim seorang wanita. Walaupun pemeriksaaan pap smear tidak 100% akurat, tapi pap smear yang dilakukan secara teratur akan mengurangi dan mencegah resiko terserang kanker rahim.

[Baca juga: Mengapa meski sudah divaksin, wanita harus tetap rutin pap smear?]

Cara pemeriksaan Pap Smear:

Bagian ini mungkin menjadi penyebab mengapa beberapa wanita Indonesia enggan melakukan pap smear, walaupun mereka sebenarnya sudah mengetahui pentingya pap smear. Ketika pap smear dilakukan, Anda akan diminta berbaring dengan posisi membuka kedua lutut dan paha. Setelah itu alat medis akan dimasukkan ke dalam organ kewanitaan Anda, misalnya tongkat khusus yang sudah disterilkan dan sikat khusus untuk mengambil contoh sel dalam leher rahim. Sel-sel tersebut nantinya akan diteliti dan dianalisa di laboratorium untuk mengetahui apa saja yang terdapat dalam rahim.

Pap Smear : Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan
Pap Smear : Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan (Gambar Ilustrasi)

Hasil Pemeriksaan Pap Smear:

Tentu kita mengharapkan hasil pemeriksaan laboratorium yang baik. Tapi bila hasil pemeriksaan pap smear abnormal, dokter akan mengambil tindakan tertentu untuk mengatasi masalah yang ada. Lakukanlah pap smear tiga atau paling lama enam bulan sekali, terutama untuk Anda yang memiliki masalah kewanitaan. Rutin melakukan pap smear akan menghindarkan Anda dari resiko kematian yang disebabkan oleh kanker serviks.

Wanita adalah mahluk isitimewa yang diciptakan oleh Tuhan. Salah satu kesitimewaan yang dimiliki wanita adalah organ reproduksi yang tidak dimiliki oleh pria. Hal tersebut tentu merupakan karunia dari Tuhan, jadi sudah semestinya kita sebagai wanita melakukan berbagai upaya untuk menjaganya. Ingat, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Demikianlah Pap Smear, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apa itu pap smear, - pap smear, - pengertian pap smear, - Apa itu papsmear, - manfaat pap smear, - pap smear itu apa, - arti pap smear, - manfaat papsmear, - pengertian papsmear, - langkah langkah pemeriksaan pap smear

data-ad-format="link">
Pap Smear : Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan Post in | Last updated: September 12th, 2015 | 31,869 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

3 thoughts on “Pap Smear : Pengertian, Manfaat dan Langkah Pemeriksaan

  1. Pap smer sangat baik untuk para wanita melalukan tes sejak sini sehingga dapat mengetahui sejauh mana kesehatan organ tubuh Anda,.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *