Penyakit Tumor

Penyakit Tumor- Tumor dalam bahasa Inggris : tumor, tumour, merupakan grup sel-sel yang tidak normal hasil proses pembelahan sel yang berlebihan dan tidak terkoordinasi dengan baik. Dalam bahasa medisnya tumor dikenal dengan Neoplasma atau pertumbuhan baru. Neoplasma mengacu pada pertumbuhan sel yang baru dan berbeda dari pertumbuhan
sel-sel di sekitarnya yang normal. Yang perlu diketahui bersama adalah bahwa sel tubuh mempunyai 2 tugas utama yaitu melaksanakan aktivitas fungsionalnya serta melakukan perkembangbiakan dengan cara membelah diri. Namun pada sel Tumor hampir terjadi pertumbuhan dan perkembangbiakan yang tidak normal, perkembangbiakan ini dilakukan oleh inti sel (nucleus). Sel Tumor dijumpai pada inti sel yang kian membesar karena over kerja yang meningkat.

Penyebab Tumor

Penyebab Tumor adalah mutasi dalam DNA sel, yang terjadi karena adanya penimbunan mutasi yang dibutuhkan sehingga akan memunculkan tumor. Mutasi ini mengaktifkan onkogen atau menekan gen penahan tumor hingga mengakibatkan tumbuhnya Tumor. Sifat Sel memiliki mekanisme guna memperbaiki DNA dan mekanisme lainnya yang menjadi sebab sel guna
penghancuran dirinya via apoptosis bila DNA mengalami kerusakan parah.

Mutasi yang menahan gen untuk mekanisme ini juga berpotensi Kanker. Mutasi gen dalam satu oncogen biasanya tidak cukup sebagai penyebab terjadinya Tumor.

Penyebab tumor
Terjadinya mutasi DNA dalam sel yang terakumulasi merupakan faktor penyebab tumor. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab tumor:

  1. Merokok dengan kadar nikotin yang tinggi.
  2. Menyukai minuman yang beralkohol
  3. Perubahan karakteristik kulit yang disebabkan oleh tembusan sinar matahari secara langsung.
  4. Masalah genetis
  5. Gaya hidup yang tidak sehat
  6. Kegemukan dan radiasi
  7. Tumbuhnya virus pada tubuh
Penyakit Tumor
Penyakit Tumor (Ilustrasi)

Jenis Tumor

Sebagai pengetahuan bahwa jenis tumor dibagi menjadi dua bagian, yaitu

  1. Tumor Ganas atau Kanker, karakteristik tumor ganas adalah pertumbuhan yang relatif cepat karena Tumor GanasĀ  ini lebih aktif dan agresif, yang berakibat, jika permukaan tumbuh akan nampak tumor yang bisa membesar dengan cepat serta seringkali di puncaknya ada luka atau pembusukan yang tidak kunjung sembuh. Luka yang menahun ini diakibatkan karena suplai nutrisi pada sel-sel normal kalah dan tidak mampu mengimbangi lagi sel-sel tumor yang pertumbuhannya sangat cepat dan berlipat-lipat, yang terjadi adalah sel-sel yang kurang nutrisi dan mati. Jadi perlu diingatkan bahwa bila kita memiliki luka yang kotor, bau dan tidak kunjung sembuh segeralah diobati atau diperiksakan ke dokter.
  2. Tumor Jinak, karakteristiknya adalah tumbuh secara ekspansif, tetapi tidak merusak struktur jaringan sel-sel di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena tumor jinak memiliki kapsul yang fungsinya membatasi antara sel-sel tumor yang tidak normal dengan sel-sel yang normal.

Gejala Tumor

Adapun gejala-gejala Tumor terjadi pada tubuh kita, yaitu

  1. Munculnya benjolan daging yang tumbuh dan besar pada bagian tubuh tertentu.
  2. Penebalan sel jaringan.
  3. Keluarnya zat yang berupa cairan atau pendarahan pada tubuh.
  4. Nyeri haid yang berkepanjangan
  5. Mempunyai sakit luka lama yang tidak kunjung sembuh.
  6. Berat badan menurut drastis

Demikianlah tentang Tumor, dan jika kita mempunyai gejala-gejala yang penulis paparkan, maka tugas kita adalah mewaspadainya, karena Tumor baik jinak atau ganas tentulah sangat berbahaya, apalagi tumor ganas
juga dapat menyebabkan Kanker. Ada cara aman untuk mengobati jenis tumor ganas yaitu dengan obat herbal atau obat non-herbal. Pengobatan ini hanya bersifat stadium pra gejala. Semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- penyakit tumor, - bahasa asing tumor ganas, - penyakit tumor kunjung tipa, - penyskit tdk ganas bhsa inggrisya bagamana

data-ad-format="link">
Penyakit Tumor Post in | Last updated: October 18th, 2014 | 35 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *