Perbedaan Gel, Krim (Cream) dan Salep (ointment)

Perbedaan Gel Krim dan Salep – Sering kali kita tidak benar-benar memperhatikan obat oles yang kita beli dan gunakan. Obat yang dioleskan pada luka atau pada sekitar luka kita, merupakan obat yang memiliki basis berbeda-beda. Basis adalah bahan dasar, sedangkan obatnya merupakan zat aktif yang memiliki manfaat atau khasiat.

Perbedaan Gel Krim dan Salep

Ada 2 jenis basis yang digunakan pada sediaan obat, yaitu washable (dapat dicuci dengan air) dan non-washable (tidak dapat dicuci dengan air). Basis washable merupakan basis pada gel dan krim, sedangkan basis non-washable merupakan basis pada salep.

Basis pada Gel merupakan basis yang sangat mudah tercuci dengan air. Umumnya gel berwarna bening transparan, meskipun ditambahkan pewarna tetap terlihat transparan. Obat basis gel ini biasanya sangat cepat terserap dan agak lengket di kulit. Contoh obat dari gel ini seperti pada obat memar.

Basis pada Krim merupakan basis yang tidak dapat bertahan terhadap pencucian menggunakan air, karena sifatnya yang larut air. Sehingga pemakaian obat, biasanya disarankan setelah mandi atau saat di mana pasien hampir tidak terkena air. Umumnya zat aktif pada krim lebih cepat terserap ke dalam kulit, sehingga banyak digunakan pada obat oles untuk mengeringkan luka.

Basis pada Salep merupakan basis yang tahan terhadap pencucian menggunakan air, karena sifatnya yang sangat berminyak. Pemakaian obat akan disarankan setelah mandi atau setelah daerah yang akan diobati dibersihkan seperti pemakaian krim, karena daerah yang bersih memungkinkan zat aktif terserap optimal dibandingkan dengan yang tidak dibersihkan. Biasanya obat oles Salep ini bersifat sangat lengket dan berminyak. Umumnya zat aktif pada Salep cenderung perlahan terserap ke dalam kulit, sehingga pemakaiannya bisa untuk jangka panjang.

Di Apotek, jika pasien ingin melakukan swamedikasi menggunakan obat oles, pada obat-obat tertentu, pasien akan ditawarkan obat dalam bentuk Krim atau Salep. Obat-obat oles tertentu ini bahan dasarnya berbeda namun memiliki zat aktif yang sama. Penggunaan Krim atau Salep akan disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan pasien.

Baca juga: Body Cream Ampuh untuk Melawan Keriput dan Kulit Kering.

Untuk itu, penting bagi kita mengetahui tentang obat oles yang akan kita gunakan, sehingga sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan kita.

*