Jenis vitamin dan manfaatnya
Jenis vitamin dan manfaatnya (Ilustrasi/pixabay)

Seputar Vitamin B dan Fungsinya Yang Perlu Anda Tahu

Pasti anda sudah tahu bahwa vitamin B merupakan salah satu vitamin yang penting untuk tubuh. Vitamin ini sangat unik karena memiliki 8 jenis, yaitu vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Keseluruhan vitamin tersebut sering juga disebut dengan vitamin B kompleks. Namun, tahukah anda fungsi dari ke-8 vitamin tersebut? Lalu makanan apa saja sih yang mengandung vitamin B? Yuk kita bahas penjelasan seputar vitamin B ini:

  1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin berfungsi untuk mengubah zat karbohidrat pada makanan menjadi energi yang dapat kita gunakan untuk beraktivitas. Mencukupi kebutuhan akan vitamin B1 penting agar anda selalu bersemangat dan tidak mudah lelah. Makanan yang menjadi sumber tiamin ini ada pada nasi, roti, tepung terigu, dan sebagainya.

Jenis vitamin dan manfaatnya
Jenis vitamin dan manfaatnya (Ilustrasi/pixabay)
  1. Vitamin B2 atau riboflavin

Terpenuhinya kebutuhan tubuh akan vitamin B2 dapat membantu menjaga kesehatan mata dan kulit anda. Setidaknya wanita membutuhkan 1,1 mg dan pria 1,3 mg vitamin B2 setiap harinya. Vitamin ini dapat anda temukan pada susu, keju, bayam, brokoli, dan lain-lain.

  1. Vitamin B3 atau niasin

Vitamin B3 akan membantu menjaga sistem pencernaan dan juga meningkatkan nafsu makan. Anda dapat mencukupi kebutuhan akan niasin dengan mengonsumsi kacang-kacangan.

  1. Vitamin B5 atau panthothenic acid

Vitamin B5 dibutuhkan bersamaan dengan vitamin B lainnya untuk membantu proses pemecahan lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi. Selain itu, vitamin B5 juga berperan dalam pembentukan sel darah merah. Makanan yang mengandung vitamin B5, antara lain: ayam, alpukat, ikan sarden.

  1. Vitamin B6 atau piridoksin

Vitamin B6 berfungsi untuk membantu proses asam amino dan lemak. Mengonsumsi Vitamin B6 sesuai kebutuhan yaitu 1,3 mg setiap hari akan sangat baik untuk tubuh. namun, mengonsumsi lebih dari 50 mg perhari justru akan berakibat buruk yang dapat menyebabkan kerusakan saraf permanen. Adapun sumber vitamin B6 ini dapat anda temukan pada daging sapi, tomat, dan kentang.

  1. Vitamin B7 atau biotin

Vitamin B7 juga berperan penting dalam proses memecah lemak serta protein menjadi energi. Makanan yang memiliki kandungan vitamin B7 ini, seperti: ikan salmon, telur, susu, dan sereal.

  1. Vitamin B9 atau folat

Vitamin B9 memiliki fungsi yang penting untuk menjaga sel-sel dalam tubuh berkembang dengan baik, membantu pembentukan sel darah merah, serta mencegah terjadinya kerusakan saraf pada janin yang ada dalam kandungan. Sumber vitamin B9 ini dapat anda jumpai pada susu, hati, dan sayuran berdaun hijau.

  1. Vitamin B12 atau kobalamin

Vitamin B12 memiliki fungsi yang cukup lengkap. Di samping berperan dalam proses pemecahaan karbohidrat, protein dan lemak menjadi energi, vitamin B12 juga mencegah penyusutan otak. Mencukupi kebutuhan akan vitamin ini dipercaya mencegah terjadinya penyakit jantung. Untuk mendapatkan manfaat dari vitamin B12 anda perlu mengonsumsi susu, telur, atau hati.

Nah, itulah infomasi seputar vitamin B dan manfaatnya bagi tubuh kita. Jangan lupakan untuk memenuhi kebutuhan vitamin B secara cukup ya.

data-ad-format="link">
Seputar Vitamin B dan Fungsinya Yang Perlu Anda Tahu Post in | Last updated: September 8th, 2016 | 10 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *