Sering Sakit Kepala Mendadak? Waspada, Bisa Jadi 6 Gejala Serius!

Sering Sakit Kepala Mendadak? Waspada, Bisa Jadi 6 Gejala Serius! – Dalam hal memberi reaksi, tubuh biasanya mengabarkannya lewat rasa sakit sehingga kita dapat mengetahui jika ada sesuatu yang tidak beres sedang terjadi. Meski demikian, tidak semua rasa tersebut harus terlalu dikhawatirkan, walau dalam beberapa kasus sebaiknya segera dilakukan pengobatan karena bisa jadi itu merupakan gejala penyakit serius.

Salah satunya adalah mengalami sakit kepala yang cukup hebat dan terjadi secara tiba tiba. Di dunia medis, gejala ini merupakan awal dari penyakit serius yang terjadi di dalam tubuh. Bahkan, rasa sakit yang datang tiba tiba itu kemungkinan memiliki indikasi yang cukup banyak seperti :

1. Terjadinya Infeksi Bakteri

Bakteri yang terkadang tidak diketahui dari mana asalnya, kerap masuk ke dalam tubuh dengan berbagai cara. Salah satu indikasi yang diberikan oleh tubuh adalah rasa sakit yang terjadi pada kepala dan itu cukup hebat. Infeksi bakteri seperti meningitis ditandai dengan perut terasa mual, lesu, muntah dan leher pun terasa kaku. Untuk itu, segera lakukan pengobatan dengan cara pergi ke dokter terdekat untuk mendapatkan penanganan medis.

2. Stroke

Tidak banyak orang yang paham tentang awal mulanya atau gejala stroke. Namun yang pasti, jika kepala terasa sakit yang diikuti dengan nyeri pada bagian belakang salah satu mata, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Semakin cepat semakin baik karena lebih dari 3 jam biasanya beresiko cukup tinggi. Apalagi, jika diikuti dengan sulitnya anggota tubuh bergerak.

3. Tandanya Stres Akut

Biasanya, disebut cluster yang terjadi kebanyakan pada pria dibandingkan wanita. Adapun tekanan berlebihan akan menimbulkan stres dan rasa nyeri di kepala, bisa timbul saat malam hari atau menjelang pagi adalah gejalanya. Penyakit ini bisa berlangsung sekitar satu menit atau bahkan dua jam sekali. Untuk itu, segera cari bantuan medis untuk menanganinya.

Sering Sakit Kepala Mendadak? Waspada, Bisa Jadi 6 Gejala Serius!

Sering Sakit Kepala Mendadak? Waspada, Bisa Jadi 6 Gejala Serius! (ILustrasi)

4. Penyakit Glaukoma

Sakit yang terjadi pada kepala dengan rasa seperti ditusuk serta pandangan yang langsung agak kabur, sangat beresiko pada Glaukoma. Glaukoma adalah salah satu penyakit jenis mata yang bila tidak diobati akan membuat mata terasa kabur, dan secara perlahan bisa menimbulkan kebutaan.

5. Trauma

Kepala terasa nyeri atau sakit dikarenakan trauma yang timbul akibat benturan atau terjatuh. Biasanya, ini terjadi pada mereka yang pernah mengalami kecelakaan hingga patah tulang. Kondisi parah biasanya akan disertai dengan hilangnya kesadaran.

6. Adanya Indikasi Keracunan

Jika terjadi keracunan monoksida, biasanya yang langsung memberi reaksi adalah kepala. Rasa sakit yang begitu menusuk disebabkan kurangnya masukan oksigen. Sebagai langkah awal, segera bawa penderita ke ruangan terbuka agar suplai oksigen secara perlahan bisa menggantikan racun tersebut.

Nah, dengan melihat beberapa indikasi sakit kepala yang bisa saja terjadi, sebaiknya mewaspadai jika hal ini terjadi. Namun, sebagai langkah awal adalah tetap menjaga kesehatan baik melalui makanan sehat, olahraga dan bergaya hidup teratur.

Demikianlah artikel mengenai Sering Sakit Kepala Mendadak? Waspada, Bisa Jadi 6 Gejala Serius!, semoga bermanfaat.

One Response to “Sering Sakit Kepala Mendadak? Waspada, Bisa Jadi 6 Gejala Serius!”
  1. Avatar hadis mudakir September 16, 2015

Leave a Reply

*