Agar Otak Bekerja dengan Baik
Agar Otak Bekerja dengan Baik

Agar Otak Bekerja dengan Baik, ini hal yang perlu dan jangan dilakukan

Infosehatkeluarga.com – Rahasia kesehatan otak terletak pada bagaimana Anda menjaga kesehatan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki. Kebiasaan seperti menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol, makan makanan yang seimbang, dan menghindari stres berlebih membuat otak berfungsi dengan baik. Kebiasaan tersebut merupakan pertahanan terbaik otak melawan kehilangan ingatan seiring dengan penuaan, dan gangguan neurologis jangka panjang, seperti Alzheimer dan demensia. Ikuti hal berikut ini Agar Otak Bekerja dengan Baik sekarang dan seterusnya.

Agar Otak Bekerja dengan Baik, ini hal yang perlu dan jangan dilakukan

  • Jangan melakukan Multitasking

Multitasking tidak berarti melakukan dua hal pada saat bersamaan, Anda melakukan dua buah pekerjaan secara bergantian juga termasuk multitasking. Agar otak Anda tetap tajam, kurangi gangguan dan biarkan diri Anda fokus pada satu pekerjaan yang sebenarnya menghemat waktu dalam jangka panjang.

  • Melakukan latihan atau olahraga
Agar Otak Bekerja dengan Baik
Agar Otak Bekerja dengan Baik

Latihan singkat dapat meningkatkan aliran energi dan darah ke otak. Dalam jangka panjang, melakukan aktivitas fisik secara teratur – baik latihan kardio dan kekuatan – merupakan salah satu cara terbaik untuk menjaga kesehatan otak. Semakin Anda menjaga tubuh, dan juga pikiran, terlibat dan aktif, semakin baik keduanya akan bersinergi. Studi menunjukkan bahwa olahraga teratur dapat meningkatkan kognitif dan memperbaiki faktor risiko demensia. Dianjurkan melakukan setidaknya 150 menit aktivitas aerobik sedang sampai tinggi setiap minggu, termasuk aktivitas membentuk otot dua hari dalam seminggu.

  • Jangan sepelekan tidur

Bila tubuh Anda merasa lelah karena tidak pernah tidur atau kurang tidur, maka otak Anda juga akan menderita. Hal ini akan membuat Anda tidak bisa berkonsentrasi atau fokus. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan sekitar delapan jam tidur setiap malam. Dan jika Anda merasa sangat mengantuk di siang hari dan bisa berbaring, tidur siang selama 10 sampai 20 menit akan memperbaiki fokus Anda secara keseluruhan. Tapi tidur lebih lama dari 40 menit di siang hari bukanlah ide yang bagus, karena hal itu bisa mengganggu jadwal tidur malam Anda.

  • Konsumsi Omega-3.

Lemak bagus ditemukan pada ikan, dan juga beberapa kacang, membantu menjaga sel otak tetap sehat dan berfungsi secara maksimal, yang membantu tubuh berkinerja lebih baik secara keseluruhan. Penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3, khususnya, dapat memperbaiki fungsi kardiovaskular – dan baik untuk jantung dan otak. Peningkatan aliran darah (yaitu pengiriman oksigen) ke otak merupakan salah satu cara terpenting untuk memastikan fungsi otak optimal.

  • Konsumsi Vitamin

Kekurangan vitamin B tertentu, serta vitamin D dan asam folat, memperburuk fungsi otak dalam jangka pendek dan bahkan bisa menimbulkan tanda-tanda demensia. Mengonsumsi makanan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, dan susu rendah lemak memberi sebagian besar kebutuhan sehari-hari bagi vitamin yang dibutuhkan oleh otak. Jika Anda membeli multivitamin, baca labelnya dan cari setidaknya mengandung vitamin E, vitamin D, vitamin B kompleks, terutama (B-1, B-6, dan B-12). ), dan asam folat. Selain itu, Anda juga harus membaca 15 Makanan yang Dapat Meningkatkan Kemampuan Otak

  • Tetap Bersosial

Hindari pekerjaan monoton. Interaksi sosial akan menstimulasi pikiran, meningkatkan aktivitas otak, dan menghadirkan masalah baru bagi otak untuk dipecahkan, yang merupakan salah satu cara terbaik untuk mempertahankan kinerjanya. Dalam jangka panjang, pemecahan masalah kehidupan nyata meningkatkan memori dan membantu fungsi kognitif yang melebihi permainan kata dan latihan memori.

  • Jangan Stress.

Meskipun lebih mudah mengucapkan daripada mempraktekannya. Efek jangka panjang dari hormon stres seperti kortisol, bisa merusak dan menghancurkan sel otak.

Demikianlah artikel mengenai Agar Otak Bekerja dengan Baik, ini hal yang perlu dan jangan dilakukan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
Agar Otak Bekerja dengan Baik, ini hal yang perlu dan jangan dilakukan Post in | Last updated: December 18th, 2017 | 186 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *