4 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Kecerdasan Otak

Kebanyakan orang menganggap bahwa kecerdasan otak seseorang sudah dibawa sejak lahir. Padahal bukan hal yang mustahil untuk kita dapat meningkatkan kecerdasan otak dengan berbagai usaha. Selain melakukan latihan-latihan tertentu yang berfungsi mengasah otak, tahukah anda jika makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh untuk menstimulasi otak bekerja lebih baik? Nah, berikut inilah makanan yang dapat membantu meningkatkan fungsi otak jika anda konsumsi:

  1. Buah Berry

Berbagai jenis buah berry, seperti: blueberry, strawberry, dan raspberry memiliki kandungan antioksidan yang dapat mengurangi tingkat stres. Selain itu, buah berry ini dapat mencegah seseorang menderita penyakit alzheimer. Menurut sebuah penelitian, mengonsumsi buah blueberry dapat meningkatkan daya ingat serta fungsi kognitif otak.

Makanan penambah daya ingat dan kecerdasan

Makanan penambah daya ingat dan kecerdasan (Ilustrasi/pixabay)

  1. Ikan

Ikan laut memang sangat baik dikonsumsi, terutama ikan salmon karena banyak mengandung omega 3. Omega 3 ini sangat penting dalam meningkatkan kecerdasan otak serta mencegah demensia yang lebih sering diderita oleh orang lanjut usia. Selain itu, omega 3 juga bagus untuk kesehatan karena bersifat anti-inflamasi atau mencegah peradangan.

  1. Wortel

Di dalam sayuran wortel terdapat zat luteolin yang berfungsi mengurangi peradangan otak. Menurut para ahli,  dengan fungsi luteolin tersebut maka penurunan ingatan yang biasanya terjadi saat lanjut usia akan bisa diminimalisir. Selain terdapat pada wortel, luteolin juga dapat anda temukan di sayuran lain, seperti: seledri dan paprika.

  1. Bayam

Bayam serta sayuran berdaun hijau lainnya memiliki manfaat untuk memperlambat terjadinya penurunan fungsi kognitif otak akibat penuaan karena sayuran ini memiliki kadar folat yang tinggi. Bayam serta sayuran lainnya perlu untuk dikonsumsi demi kesehatan. Beberapa penelitian juga menjelaskan orang yang banyak mengonsumsi sayuran umumnya memiliki kemampuan berpikir yang lebih baik.

Itulah 4 makanan yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan otak. Sekarang tahu kan, kalau selain banyak berlatih untuk mengasah otak, kita juga perlu menunjangnya dengan mengonsumsi makanan-makanan bergizi yang dapat membantu otak bekerja lebih baik. Jadi, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan tersebut ya agar kecerdasan otak meningkat.

Leave a Reply

*