Manfaat Cokelat
Manfaat Cokelat (Ilustrasi/pixabay)

Si Hitam Manis Yang Banyak Manfaatnya

Warnanya hitam, disukai, menjadi sasaran pertama kaum hawa, semua usia menyukai dirinya, banyak produk yang menggunakan dirinya, sering dijumpai di berbagai jenis makanan pencuci mulut atau dissert. Benda apakah itu?

Cokelat, cemilan yang sangat nikmat. Warnanya yang hitam, memiliki daya tarik dengan rasa yang manis dan menenangkan. Zaman semakin berkembang, variant cokelat pun ikut berkembang. Mulai dari warna yang beraneka ragam, rasa, cara penyajian, dan dimanfaatkan untuk berbagai produk, selain makanan.

Anggapan tentang si hitam manis ini pun beragam, ada yang menganggap cokelat merupakan makanan yang dapat merusak kesehatan, dan ada pula yang menganggap cokelat dapat merusak program diet. Meskipun begitu, cokelat tetap digemari hingga saat ini.

Tahukah kalian, di balik desas-desus tentang cokelat. Cemilan manis ini mengandung beberapa manfaat yang baik bagi tubuh. Apa saja sih, manfaat dari makanan yang paling dihindari oleh kaum hawa saat menjalani program diet ini? Yuk, simak baik-baik beberapa manfaat si hitam manis di bawah ini.

Manfaat Cokelat

Manfaat Cokelat
Manfaat Cokelat (Ilustrasi/pixabay)

1. Cokelat Sebagai anti depresan alami.

Manusia selalu dipenuhi dengan masalah. Tidak ada yang tidak punya masalah di dunia ini, terkadang menemukan jawaban akan masalah membuat kalian stres, ketegangan melanda fikiran kalian, dan tidak sedikit yang melampiaskan dengan marah-marah pada orang di sekitar.
Tahukah kalian, cokelat merupakan obat penenang yang ampuh untuk mengurangi tingkat stres atau depresi pada diri kalian. Di dalam cokelat mengandung senyawa keratin yang berperan sebagai anti depresan alami yang dapat memberikan rasa nyaman dan tenang.

2. Cokelat Mengurangi timbangan berat badan 

Cokelat dapat menurunkan berat badan? Bukannya menambah bobot tubuh? Pertanyaan yang banyak diutarakan oleh seluruh kaum hawa di dunia. Menghindari cokelat untuk melancarkan program diet tidak ada salahnya, mengonsumsinya pun juga tidak ada salahnya.

Cokelat memang dapat membantu mengurangi bobot tubuh. Cokelat hitam atau Dark Chocolate sangat bagus untuk membantu program diet kalian. Cokelat hitam ini akan memberikan perasaan kenyang pada kalian, sehingga hal ini akan membantu proses menurunnya berat badan kalian. Menjalani program diet itu susah, tapi kalau ada cara semanis ini, saya rasa akan menjadi menyenangkan.

3. Cokelat Mencegah penyakit jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang mematikan. Penyebab penyakit jantung ini banyak dikarenakan pola makan yang tidak sehat, atau sering mengonsumsi makanan yang mengandung kadar lemak yang tinggi.

Di dalam cokelat mengandung 31% lemak. Loh, kalau begitu cokelat gak bagus untuk jantung? Setiap mengonsumsi sesuatu secara berlebihan memang tidak baik bagi kesehatan. Sesuatu yang berlebihan sangat dilarang dalam agama manapun, dan dalam ilmu medis manapun.

Dark chocolate mengandung senyawa kimia yang membantu sistem kardiovaskuler menjadi lebih lancar. Dalam penelitian, cokelat hitam dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 50% dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsi cokelat hitam. Hal ini disebabkan oleh, cokelat hitam dapat menghambat pembekuan trombosit dalam darah.

4. Cokelat Meningkatkan daya tahan pada tubuh.

Kondisi cuaca yang ekstrem saat ini membuat kekebalan tubuh kita menurun. Kita harus lebih selektif dalam memilik makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terutama untuk anak-anak.
Makanan yang tidak sehat dapat menyebabkan kekebalan tubuh kita semakin menurun, alhasil penyakit pun banyak hinggap dan mulai menggerogoti tubuh kita. Cokelat merupakan salah satu asupan yang dapat membantu mempertahankan kekebalan tubuh. Cokelat mengandung antioksidan konsentrat yang dapat menjaga kekebalan tubuh. Cokelat ini akan menjadi sehat asalkan tetap menjaga kadar gulanya dalam taraf minimum, seperti cokelat pahit dan bubuk cokelat dapat bekerja untuk meningkatkan imunitas.

5. Cokelat Kolesterol? Minggat.

Lemak yang terkandung dalam cokelat merupakan lemak HDL atau lemak baik. Lemak terbagi menjadi dua, LDL atau sering dibilang lemak jahat dan HDL, lemak baik. Kolestrol disebabkan peningkatan lemak jahat atau LDL yang ada di dalam tubuh.
HDL, lemak baik merupakan lemak yang diperlukan dalam tubuh untuk membangkitkan energi. Manfaat makan coklat dapat menurunkan kadar kolesterol LDL atau lemak jahat, kemudian meningkatkan kadar kolesterol HDL atau lemak baik dalam tubuh.

6. Cokelat Meningkatkan Sirkulasi darah

Kandungan zat flavanoid yang terdapat di dalam cokelat hitam berperan sebagai antioksidan yang dapat membuat sirkulasi peredaran darah menjadi baik. Selain itu, cokelat juga merupakan obat alami untuk mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi dan menyeimbangkan hormon yang ada di dalam tubuh kita.

7. Cokelat Bermanfaat bagi kecantikan.

Cantik, setiap wanita di muka bumi ini pasti mempunyai hasrat untuk tampil cantik, sempurna, bersih, kencang, dan awet muda. Bukan saja wanita, pria pun juga ingin tampil menawan dan selalu muda.
Perawatan kecantikan banyak sekali beredar di pasaran. Bahan-bahan yang digunakan juga beraneka ragam, ada yang memanfaatkan hewan, tumbuh-tumbuhan, dan bahkan zat kimia.

Tahukah kalian, salah satu bahan yang digunakan dalam serum kecantikan adalah cokelat. Mengonsumsi cokelat dapat menghilangkan kerutan, selain itu cokelat juga bisa dijadikan scrub dan detoksifikasi. Manfaatnya selain dapat membantu menyamarkan kerutan pada wajah, detoksifikasi pada kulit dan anti aging.

Wah… ternyata cokelat banyak sekali manfaatnya. Meskipun begitu, jangan pernah menggunakan atau memakan cokelat secara berlebihan. Cokelat hitam atau bubuk memang sangat bermanfaat untuk tubuh kita, tergantung bagaimana cara kita menggunakannya dengan bijak.


 

Sumber:

  • disehat.com/manfaat-makan-coklat-bagi-kesehatan-untuk-kecantikan/
  • manfaat.co.id/manfaat-coklat

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- si hitam yang banyak manfaatnya, - makanan yang dijuluki hitam manis dari hawa, - makanan hitam manis, - kecantikan si hitam manis, - jawaban mengapa orang sering dibilang hitam manis?, - coklat tos, - berat coklat tos, - benda apa yg hitam manis, - apakah cokelat semakin hitam semakin manis?, - apa saja yang hitam manis

data-ad-format="link">
Si Hitam Manis Yang Banyak Manfaatnya Post in | Last updated: January 3rd, 2017 | 80 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *