Waspadai 12 Tanda Jantung Anda Tidak Dalam Keadaan Sehat

Tanda Tanda Jantung tidak sehat – Jantung merupakan organ yang sangat vital di tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh, sedangkan dalam darah terdapat oksigen dan juga nutrisi yang harus disebarkan ke setiap bagian di dalam tubuh. Jadi, dapatkah anda bayangkan ketika organ jantung sedang bermasalah? Penyakit jantung memiliki beberapa jenis, yaitu: jantung koroner, gagal jantung, lemah jantung, dan sebagainya. Dari berbagai macam kategori tersebut penyakit ini termasuk penyakit yang perlu penanganan serius karena dapat menyebabkan kematian. Nah, 4 tanda berikut ini akan membuat anda menyadari bagaimana kondisi organ jantung anda?

Tanda Tanda Jantung tidak sehat

Mendengkur saat tidur

Salah satu dari tanda tanda jantung tidak sehat ialah tidur mendengkur. Bagi kebanyakan orang yang tidak tahu, mendengkur biasanya hanya dianggap sebagai kewajaran karena terlalu nyenyak seseorang dalam tidurnya. Tapi sebenarnya mendengkur merupakan sebuah gangguan tidur atau yang disebut dengan sleep apnea. Bagi anda yang terbiasa tidur dengan mendengkur sebaiknya waspada karena di saat mendengkur akan membuat denyut jantung seseorang tidak beraturan yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner dan kongestif.

Nyeri dada

Nyeri pada bagian dada biasanya menjadi gejala seseorang terkena serangan jantung. Nyeri dada ini disebabkan adanya penyumbatan arteri yang membuat darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh.

Pembengkakan

Tanda berikutnya seseorang mengalami gangguan pada organ jantung ialah terjadinya pembengkakan di bagian tubuh, seperti: perut dan pergelangan kaki. Pembengkan tersebut karena cairan menumpuk di dalam tubuh.

Pusing, sesak napas dan pingsan

Apabila anda sering mengalami pusing, sesak napas, dan bahkan pingsan ketika sedang menjalani aktivitas sehari-hari, hal tersebut perlu anda waspadai. Laporan dari Journal of the American heart association menyebutkan 40% perempuan yang mengalami serangan jantung lebih dulu akan merasakan sesak napas, pusing dan juga pingsan ketika sedang beraktivitas.

Hal itu terjadi karena darah yang melalui arteri untuk membawa oksigen ke jantung tidak mencukupi. Plak yang memenuhi jantung membuat oksigen tidak dapat masuk secara normal dan akan membuat seseorang merasakan sakit saat menghirup napas dalam-dalam.

Migrain

Tanda Tanda Jantung tidak sehat-migrain

Migrain merupakan salah satu dari tanda Tanda Jantung tidak sehat

Migrain merupakan penyakit yang sangat umum, namun sekitar 40 persen pasien yang menderita penyakit jantung juga mengalaminya. Namun penelitian yang mendukung teori ini belum jelas.

Batuk.

Jika Anda batuk yang agak berat dan tidak hilang dalam beberapa minggu, maka sebaiknya konsultasikan kepada dokter. Gagal jantung kongestif dapat menyebabkan penumpukan cairan di paru-paru, menyebabkan mengi dan batuk yang tidak sembuh-sembuh.

Depresi

Sekitar 350 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi. Ada cara untuk mencegah depresi, atau setidaknya membantu mengelolanya, namun tidak ada obat yang benar-benar menyembuhkan masalah ini. Meskipun depresi tidak menyebabkan penyakit jantung. tetapi mungkin karena korelasi yang melibatkan faktor gaya hidup, depresi dan kondisi jantung saling berhubungan.

Disfungsi Erek**si

Ada banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang pria gagal menjaga fungsinya sebagai seorang “pria”. Salah satunya karena aliran darah yang tidak berfungsi dengan baik yang dikaitkan dengan masalah jantung.

Faktanya, disfungsi erek**si sering menjadi tanda awal masalah jantung, yang mendahului timbulnya gejala lain sekitar dua tahun lamanya.

Kelelahan

Pada hari-hari menjelang terkena serangan jantung, pasien sering merasa lelah dan lemah, meskipun sudah cukup istirahat. Perasaan itu jauh berbeda dengan kelelahan yang biasa dialami.

Kurang nafsu makan

Mual atau kurang nafsu makan adalah pertanda bahwa ada sesuatu masalah yang terjadi pada tubuh. Salah satu masalah kesehatan yang mendasarinya bisa saja karena kondisi jantung. Jika nafsu makan Anda terus menerus tidak baik, maka sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Kurangnya Bulu Rambut di Kaki.

Rambut membutuhkan sumber nutrisi yang terus menerus dari aliran darah untuk dapat bertumbuh. Tanpa nutrisi, tubuh akan berhenti menumbuhkan rambut. Rambut yang pertama kali mulai tidak tumbuh ialah di kaki, karena letaknya jauh dari jantung, setelah itu baru kelihatan pada kepala.

Kram Otot.

Kram otot tidak hanya dialami oleh orang tua. Otot kram telah terbukti menjadi tanda signifikan dari penyakit arteri perifer (PAD), yaitu penumpukan plak di arteri tungkai.

Nah, itulah 12 tanda-tanda jantung tidak sehat. Segera kenali kondisi tersebut dan periksakan diri ke dokter apabila mendapatkan tanda-tanda di atas ya.

Leave a Reply

*