Terlalu lama duduk
Terlalu lama duduk (Ilustrasi/pixabay)

Terpaksa Harus Berlama-lama duduk? Selingi juga dengan 5 aktivitas Sehat Ini

Sebuah penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa seseorang yang hidupnya tidak berpindah-pindah tempat seperti duduk seharian akan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler serta diabetes. Namun, apa daya jika kebiasaan tersebut memang berhubungan dengan pekerjaan? Di era teknologi seperti sekarang ini, duduk berjam-jam di depan komputer menjadi hal yang tidak bisa dihindari.

Nah, jika anda juga termasuk dari sebagian orang yang memang harus berlama-lama duduk seharian, imbangi juga dengan kegiatan lain yang menyehatkan seperti 5 aktivitas berikut ini:

  1. Jalan-jalan

Sebelum bekerja dan membuat waktu anda tidak terasa dihabiskan untuk duduk selama berjam-jam, setidaknya sempatkan waktu di pagi hari untuk berjalan kaki. Jalan-jalan berkeliling sekitar rumah atau pun kompleks akan membuat aliran darah menjadi lebih lancar, bahkan penelitian mengungkapkan bahwa berjalan kaki sekitar 30 menit setiap hari dapat mengobati waktu yang digunakan untuk duduk seharian.

Terlalu lama duduk
Terlalu lama duduk (Ilustrasi/pixabay)
  1. Naik turun tangga

Membiasakan naik turun tangga dibandingkan lift akan membuat tubuh lebih sehat. Kalau ada tangga di kantor, sesekali pilihlah menggunakan tangga. Bagi kebanyakan orang naik tangga memang akan lebih repot dan capek. Tapi anda perlu tahu, naik turun tangga ini bisa mengurangi kebiasaan tak sehat anda yang duduk selama seharian menyelesaikan pekerjaan kantor.

  1. Berdiri

Duduk selama berjam-jam dapat membuat sendi dan tulang cepat mengalami pengeroposan, karena itulah, paling tidak anda perlu berdiri sebagai variasi dari kegiatan anda agar tidak terus duduk. Berdirilah sesekali untuk ke pantry atau kamar mandi, berjalan ke meja rekan kerja, atau aktivitas lainnya sebagai selingan.

  1. Bersih-bersih

Melakukan aktivitas bersih-bersih di rumah juga dapat menjadi selingan yang menyehatkan dari duduk selama seharian. Terkadang aktivitas seperti ini justru akan menjadi obat stres dari segala beban pekerjaan. Dengan bersih-bersih rumah seperti menyapu dan mengepel maka tubuh akan bergerak dan lebih sehat serta rumah pun akan bersih dan nyaman.

  1. Yoga

Melakukan gerakan yoga sembari mendengarkan musik dapat anda lakukan untuk menghapus rasa lelah akibat duduk berjam-jam. Melakukan stretching atau peregangan akan membuat otot dan sendi-sendi tubuh menjadi lebih ringan dan segar.

Ada banyak aktivitas yang dapat anda lakukakan untuk mengimbangi kebiasan duduk lama seharian agar tidak berisiko mengganggu kesehatan. Jadi, jika anda harus berlama-lama duduk, jangan lupa untuk melakuan ke 5 aktivitas ini juga ya.

data-ad-format="link">
Terpaksa Harus Berlama-lama duduk? Selingi juga dengan 5 aktivitas Sehat Ini Post in | Last updated: September 12th, 2016 | 12 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *