Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa

Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa – Bulan puasa adalah bulan istimewa bagi umat Islam. Berbeda dengan hari-hari selain pada bulan puasa, ketika kita berpuasa, asupan cairan yang masuk ke tubuh akan jauh berkurang. Kurangnya asupan cairan ke tubuh akan menyebabkan berkurangnya produksi air liur. Mulut yang kering merupakan penyebab utama bau mulut yang berlebihan. Selain fakta bahwa air liur berguna mencegah mulut menjadi kering, ternyata produksi air liur yang cukup akan berfungsi membunuh bakteri penyebab bau mulut. Tidak adanya aktivitas mengunyah makanan saat berpuasa akan mengurangi produksi air liur, lalu menyebabkan bakteri berkembang cepat, mengubah sisa makanan berubah menjadi gas sulfur yang menyebabkan bau mulut tak sedap.

Seperti kita ketahui, bagi muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa, bau mulut adalah bau surga.  Tetapi, saat harus berdekatan dengan orang lain, bau mulut yang berlebihan kadangkala menggangu orang lain yang berdekatan dengan kita, dan hal tersebut akan menyebabkan rasa kurang percaya diri.

Kali ini kami akan berbagi tips dan cara menghilangkan bau mulut yang tidak sedap pada waktu berpuasa.

Cara membersihkan gigi dan mulut saat bulan puasa:

  1. Sikat gigi Anda setelah sahur, sebelum berangkat taraweh, dan menjelang tidur. Pastikan tidak ada sisa makanan yang tertinggal di mulut yang dapat menyebabkan bau mulut tak sedap.
  2. Pada waktu menyikat gigi, sikatlah juga lidah Anda, terutama lidah bagian belakang, karena area lidah belakang adalah tempat yang paling mendukung untuk perkembangbiakan bakteri penyebab bau mulut dan napas tak sedap.
  3. Bila Anda memilikinya, gunakanlah benang gigi atau dental floss  untuk membersihkan sisa makanan di antara sela-sela gigi.
  4. Gunakan cairan atau obat yang tidak mengandung alkohol. Alkohol akan menyebabkan mulut menjadi lebih mudah kering, karena alkohol akan mengurangi produksi air liur.
Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa
Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa (Ilustrasi)

Tips Mencegah Bau Mulut Tak Sedap Saat Berpuasa

  1. Hindarilah makanan berbau menyengat, misalnya petai, jengkol, bawang putih dan buah durian
  2. Perbanyaklah meminum air putih pada saat sahur dan berbuka puasa.
  3. Minum 8 gelas air putih sehari dapat membantu mencegah bau mulut dan napas tak sedap di siang hari. Asupan air minum yang cukup akan membantu mencegah mulut kering saat puasa dan meningkatkan produksi air liur yang akan mencegah bau mulut tak sedap.
  4. Minumlah teh hijau tanpa tambahan gula, Zat polyphenol yang terkandung dalam teh tanpa gula akan mencegah bau mulut  dan napas tak sedap, karena polyphenol mengandung zat yang berfungsi membasmi bakteri penyebab bau mulut dan napas tak sedap.
  5. Pada waktu bulan puasa, sangat disarankan untuk memperbanyak makan makanan yang berserat tinggi dan mengandung vitamin C. Makan makanan berserat tinggi dan makanan yang mengandung vitamin C akan menjaga tubuh lebih fit dan terhindar dari kemungkinan sariawan yang juga menyebabkan bau mulut dan napas tak sedap.
  6. Stop merokok, baik saat sahur maupun berbuka puasa. Bagi Anda yang terbiasa merokok, sebagai gantinya Anda bisa mengunyah ekaliptus, daun ketumbar, atau tarragon untuk menghilangkan bau mulut dan bau napas secara alami.
  7. Jangan tidur berlebihan. Tidur yang terlalu lama mengurangi aktifitas mulut Anda, bahkan walaupun Anda tidak makan. Aktifitas mulut yang terhenti terlalu lama akan memudahkan bakteri penyebab bau mulut dan napas tak sedap berkembang lebih cepat.
  8. Sebisa mungkin, berolahragalah walaupun sebentar. Olah raga ringan akan menjaga kesimbangan tubuh dan mengurangi berbagai zat beracun yang menyebabkan bau mulut dan bau napas tak sedap.
  9. Berkonsultasilah dengan dokter spesialis gigi Anda. Pemeriksaan  dokter akan memudahkan Anda untuk mengetahui masalah pada mulut dan gigi Anda. Mintalah juga beberapa suplemen tambahan yang berguna menjaga kebugaran yang pastinya juga akan mengurangi bau napas tak sedap ketika Anda menjalankan ibadah puasa.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca “Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa”. Semoga tips tentang cara mengatasi dan mencegah bau mulut dan napas tak sedap selama Anda menjalankan ibadah puasa berpuasa tersebut bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- tips mengatasi air liur berlebihan, - cara mengatasi air liur berlebihan, - cara mengurangi air liur, - cara mengatasi air liur berlebih saat puasa, - obat air liur berlebihan, - Mengatasi air liur berlebih, - cara mengatasi air liur berlebihan saat puasa, - cara mengurangi produksi air liur, - cara menghilangkan ludah berlebihan, - air ludah berlebihan saat puasa

data-ad-format="link">
Tips Mengatasi Dan Mencegah Bau Mulut dan Napas Tidak Sedap Saat Puasa Post in | Last updated: January 11th, 2017 | 411 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *