Tips Mengencangkan Perut Buncit

By | May 28, 2015
Tips Mengencangkan Perut Buncit 1

Tips Mengencangkan Perut Buncit – Setiap orang tentu ingin memiliki perut yang rata. Namun sebenarnya, yang mereka butuhkan adalah tubuh yang kencang.

Kondisi tubuh yang kencang secara otomatis akan menciptakan bentuk perut yang rata dan bebas dari tumpukan lemak. Hal ini sendiri bisa diperoleh dengan melakukan olahraga. Maka dari itu, pilihlah jenis olahraga yang memang bisa mengencangkan tubuh seperti yoga ataupun latihan beban.

Tips Mengencangkan Perut Buncit

Yoga

Pada dasarnya, yoga memiliki bermacam-macam gerakan, ada yang mudah hingga yang rumit sekalipun. Selain itu, gerakan yoga juga harus diiringi dengan mengatur sistem pernafasan. Hal ini dikarenakan setiap gerakan yoga memiliki sasaran yang berbeda-beda pula.

Agar bisa mendapatkan perut yang kencang, maka lakukan gerakan chair pose. Gerakan ini bisa membantu untuk mengencangkan dada, otot pinggul, dan mengusir lemak dari perut. Chair pose bisa dilakukan dengan duduk seperti biasa di kursi, namun kursi tersebut sebenarnya tidak ada (hanya dibayangkan saja). Setelah itu, pertemukan telapak tangan Anda lalu angkat ke atas. Tahan gerakan ini selama mungkin yang Anda bisa. Akhiri gerakan dengan meluruskan kaki lalu turunkan tangan ke area dada.

Untuk Anda yang masih pemula, sebaiknya jangan terlalu memporsir diri Anda. Pasalnya, gerakan ini akan menimbulkan rasa pegal pada awalnya, namun jika sudah sering dilakukan maka Anda akan sudah mulai terbiasa. Agar bisa melakukan gerakan secara benar, maka sebaiknya lihatlah video-video tutorial mengenai gerakan chair pose, sekaligus membantu Anda untuk mengikuti instruksi pengaturan pernafasan secara benar.

Latihan Beban

Tips mengencangkan perut buncit selanjutnya adalah dengan latihan beban, dalam hal ini tidak menggunakan alat sama sekali. Anda bisa mencoba untuk melakukan push up, squat, sit up dan bridging. Push up bisa membantu untuk mengencangkan bagian dada dan bahu, sementara squat dan bridging akan mengencangkan paha dan bokong.

Tips Mengencangkan Perut Buncit

Tips Mengencangkan Perut Buncit (Foto Ilustrasi)

Nah, apabila Anda bisa melakukan gerakan secara tepat, maka secara otomatis otot perut Anda akan ikut terbentuk dengan sendirinya.

  • Untuk bridging, posisikan tubuh Anda secara terlentang kemudian tekuk kedua kaki hingga rapat dan angkat pinggul ke atas. Pastikan agar posisi pinggul, lutut, dan bahu bisa sejajar 180 derajat. Setelah itu, turunkan tubuh anda secara perlahan, lalu ulangilah gerakan tersebut.
  • Sementara squat adalah gerakan jongkok dan bangun yang dilakukan secara bergantian. Pastikan agar lutut Anda tidak melewati ujung kaki dan turunkan bokong hingga 45 derajat dan sejajar dengan posisi lutut. Kepala dan punggung tetap tegak lurus sementara dada membusung.

Idealnya, bridging dan squat sebaiknya dilakukan 15 kali dalam satu set. Lakukanlah gerakan ini sebanyak 3-4 kali dalam seminggu dengan 2-5 set. Sementara untuk push up dan sit up, Anda bisa memodifikasi gerakannya jika menurut Anda sangat sulit untuk dilakukan.

Pada intinya, semua gerakan di atas baik itu yoga maupun latihan beban menuntut sebuah konsistensi. Apabila Anda hanya melakukan satu kali atau jika ada kesempatan saja, maka jangan terlalu berharap untuk mendapatkan perut kencang dengan cepat. Tidak ada tubuh sehat dan perut kencang yang bisa diperoleh secara instan.

Selain itu, iringi pula dengan pola makan yang baik. Pastikan untuk tidak mengurangi porsi makan Anda atau tidak makan sama sekali. Hal seperti ini hanya akan merusak sistem tubuh Anda. Mungkin cara seperti ini akan membuat tubuh Anda menjadi lebih ramping dari sebelumnya, namun sangat besar resiko untuk terkena berbagai penyakit akibat kurangnya asupan nutrisi bagi tubuh.

Sekian tips mengencangkan perut buncit yang sekiranya bisa membantu Anda untuk mendapatkan penampilan tubuh yang lebih ideal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *