obesitas dapat menyebabkan penyakit
Obesitas dapat menyebabkan penyakit

Waspada! Obesitas Dapat Menyebabkan 7 Penyakit Ini

Sebenarnya lemak di tubuh memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh dari suhu sekitar. Namun, lemak yang berlebihan akibat pola makan serta pola hidup yang tidak sehat justru akhirnya membuat seseorang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Apabila dibiarkan, hal itu bisa mengganggu kesehatan tubuh. Dilansir dari boldsky.com, obesitas dapat menyebabkan penyakit berikut ini:

  1. Penyakit jantung

Lemak berlebih pada tubuh dapat mempengaruhi kinerja jantung dalam memompa darah. Jantung akan lebih ekstra dalam menjalankan perannya sehingga jika terus dibiarkan dapat memperbesar risiko penyakit jantung.

  1. Diabetes

Tumpukan lemak di sekitar perut akan menghambat produksi insulin yang akhirnya bisa memicu naiknya kadar gula dalam darah dan menjadi tanda seseorang terkena diabetes.

obesitas dapat menyebabkan penyakit
Obesitas dapat menyebabkan penyakit
  1. Kanker

Lemak yang semakin tebal juga mempengaruhi hormon dan pembentukan sel-sel di tubuh. Lemak yang semakin banyak akan semakin meningkatkan risiko terkena kanker usus.

  1. Hipertensi

Pada saat tubuh kelebihan lemak, lemak juga akan ada dalam darah dan menghambat sirkulasi darah yang akhirnya dapat menyebabkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Nyeri pada lutut

Ketika mengalami obesitas, saat berdiri maka kaki harus menahan berat tubuh. Hal ini bisa menyebabkan nyeri pada lutut jika terlalu lama berdiri.

  1. Liver dipenuhi lemak

Saat seseorang mengalami obesitas, lemak akan berada di hampir seluruh organ tubuh, termasuk pada liver. Jika organ liver dipenuhi lemak maka kerjanya juga akan lebih berat.

  1. Asam Urat

Obesitas  bisa  membuat seseorang lebih berisiko mengalami asam urat. Asam urat terjadi karena purin yang berlebih pada area sendi yang menjadikan sendi terasa nyeri bahkan bengkak. Penguraian purin sulit dilakukan karena tecampur oleh lemak. Selain karena lemak yang menghambat penguraian purin, penyebab penderita asam urat karena obesitas ialah organ ginjal yang tak bisa menyaring asam urat di tubuh dengan baik akibat banyaknya lemak yang juga menghambat kinerja organ ginjal.

Kini kita telah tahu bahwa obesitas dapat menyebabkan penyakit, kalau begitu yuk jaga pola makan dan terapkan pola hidup sehat demi memperoleh berat badan ideal. Bukan hanya karena penampilan, tapi hal itu diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penyakit akibat obesitas. Kalau bukan sekarang kapan lagi kan?

data-ad-format="link">
Waspada! Obesitas Dapat Menyebabkan 7 Penyakit Ini Post in | Last updated: September 13th, 2017 | 64 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *