10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan

By | March 31, 2015
10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan 1

10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan – Mengkudu mempunyai nama yang berbeda dari tiap-tiap daerah atau Negara seperti mengkudu (bahasa Aceh=keumeudee, Jawa: pace, kudu, kemudu), cenkudu (Sunda), Kodhuk (Madura), Tibah (Bali), Noni (Hawaii), Nono (Tahiti), Nonu (Tonga), Ungcoikan (Myanmar), dan Ach (Hindi).

Karakteristik tanaman mengkudu bisa tumbuh di dataran rendah dan pada ketinggian 1500 meter. Tinggi tanaman mengkudu hanya mencapai 3-9 meter, mempunyai bunga bongkol berwarna putih. Buah mengkudu bersifat majemuk, yang masih muda berwarna kehijauan mengkilap dan memiliki beberapa totol-totol, dan ketika hampir matang atau tua maka warnanya berubah putih dengan bintik-bintik hitam.

Secara tradisional daun dan buah mengkudu sudah 2000 tahun yang lalu digunakan sebagai tanaman obat tradisional. Diduga buah mengkudu digunakan sebagai pembersih internal serta sebagai pengobatan alami yang efektif, disamping untuk mengobati nyeri sendi. Dalam beberapa penelitian bahwa ditemukan pada buah mengkudu atau sering dinamai noni. Hasilnya sangatlah memuaskan dan positif dalam mengoptimalkan kesehatan. Buah mengkudu merupakan buah yang mempunyai beberapa manfaat yang banyak karena memiliki lebih dari 150 fitonutrien. Fitonutrien merupakan senyawa yang ditemukan dalam tanaman atau tumbuhan selain zat vitamin, macronutrients, serta mineral. Sifat fitrnonutrien memiliki anti-inflamasi, anti virus, anti bakteri, dapat meningkatkan imunitas seluler dan sifat perbaikan sel tubuh.

Beberapa fitonutrien yang terdapat pada buah mengkudu adalah senyawa organik yang disebut antrakuinon yang bertugas sebagai agen anti-bakteri, selain itu zat phytonutrisi yang lain dan lebih penting adalah proxeronine, alkaloid yang dapat bekerja pada tingkat molekuler, dapat memperbaiki sel-sel yang rusak dalam tubuh serta dapat meningkatkan fungsionalitas.

10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan

10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan (Ilustrasi)

10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan

Kandungan zat yang terdapat pada buah mengkudu, antara lain:

1. Zat nutrisi. Pada buah mengkudu, buah ini mengandung gizi yang cukup lengkap,misalnya zat nutrisi yang gunanya sangat bermanfaat untuk tubuh, selain nutrisi seperti protein, mineral, vitamin, serta selenium yang bermanfaat sebagai zat antioksidan yang bagus.

2. Zat anti bakteri. Pada buah mengkudu ini terdapat zat-zat aktif sari buah mengkudu dan sangat berguna untuk mematikan bakteri sebagai penyebab infeksi seperti: Escherichia coli, bacillus subtilis, protens morganii. Zat pada kandungan buah mengkudu untuk mengkontrol bakteri yang mematikan seperti salmonella.

3. Terpenoid, pada buah mengkudu zat ini berfungsi untuk membantu proses sintesis organik dan juga bermanfaat untuk pemulihan sel-sel pada tubuh.

4. Zat anti kanker. Pada buah mengkudu terdapat zat anti kanker yang berfungsi untuk  melawan sel-sel abnormal.

Adapun manfaat buah mengkudu diantaranya, adalah sebagai berikut:

1. Daya tahan tubuh.
Buah mengkudu mempunyai keseimbangan yang sempurna dari beberapa zat-zat yang sangat berguna bagi tubuh seperti mineral, peptide, asam amino dan enzim. Kesemua zat tersebut sangat bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan minum juz mengkudu dapat melindungi dan membantu tubuh dari efek radikal bebas, sebab buah mengkudu mengandung kaya dengan antioksidan alami seperti koenzim Q10 dan vitamin E yang sangat diperlukan oleh tubuh.

2. Anti inflamasi.
Pada buah mengkudu terdapat sari buah yang memiliki sifat dan fungsi anti inflamasi yaitu mampu mencegah terjadinya peradangan sekaligus dapat menurunkan terkena resiko jantung.

3. Analgesik atau penghilang rasa sakit.
Pada daun buah mengkudu dapat dijadikan peredam sakit kepala. Sejak dulu bila ada orang yang sakit kepala, maka digunakanlah daun buah mengkudu sebagai obat alami, kandungan analgesic pada buah mengkudu sebanyak 75% dan efektif sebagai morfinsulfat untuk mengurangi nyeri sendi.

4. Melawan kuman.
Buah mengkudu pada kandungan senyawanya seperti antrakuinon, skopoletin dan terpana mempunyai sifat antibakteri, anti parasit, anti jamur yang baik untuk memelihara kesehatan tubuh dan kulit.

5. Anti kanker.
Pada buah mengkudu terdapat senyawa yang bernama 2-methoxy-1,3,6-trihydroxyanthraquinone yang sangat penting untuk mencegah kanker, mencegah kerusakan DNA serta baik untuk menjaga sel-sel sehat dalam tubuh.

6. Mengendalikan tekanan darah.
Mengkonsumsi buah mengkudu berupa juz, buah segar atau suplemen sangat dianjurkan, karena isi kandungan pada buah mengkudu mempunyai nutrisinya yang bisa mencegah dan menghindari hipertensi. Sehingga tekanan darah menjadi lebih stabil.

7. Memulihkan PMS (Premenstrual Syndrome).
Perempuan rentan marah dan lebih sensitifisme ketika menjelang menstruasi disebabkan adanya perubahan hormon yang dapat diminimalisir dengan buah mengkudu dimana pada buah tersebut memuat senyawa-senyawa aktif guna membantu proses menenangkan emosi sehingga efeknya tidak mengalami perubahan mood yang terlalu tinggi.

8. Kesehatan tulang.
Pada buah mengkudu terdapat kandungan asam kapril, morindin, morindone, metil asetil, morindadiol dan sorandiyiol yang dapat menguatkan tulang. Bagi wanita yang berusia berkisar antara 40-50 kemungkinan tulangnya akan keropos, dengan mengkonsumsi juz mengkudu secara teratur akan membantu dan menjaga kesehatan tulang.

9. Kanker.
Kanker memang sangat ditakuti oleh siapapun, karena jenis penyakit ini mematikan apalagi bila yang mengindap adalah wanita misalnya kanker pay*dara atau kanker serviks, agar terhindar dari itu semua (penyakit) maka disarankan untuk mengkonsumsi seperti buah mengkudu juga juz buah mengkudu secara berkala.

10. Kesehatan rambut dan kulit.
Bagi kita yang ingin memiliki rambut indah dan kulit bersih dan bening dan tetap kencang, caranya adalah menggosokan mengkudu pada kulit kita setelah dikupas sebelumnya.
Untuk rambut maka jadikanlah buah mengkudu seperti halnya ketika kita keramas dengan cara menggosokan pada kulit kepala kita.
Apabila kulit kita bersisik maka gunakan juga buah mengkudu dengan cara ambil buah mengkudu yang sudah matang kemudian gosokan pada kulit tersebut biarkan 5-15 menit, kemudian bersihkan dengan kain bersih yang dibasahi dengan air hangat.

Manfaat buah mengkudu memang sangat banyak khasiatnya, dulunya buah ini tidak dilirik oleh orang, tetapi sejak diketahui manfaatnya untuk kesehatan, akhirnya buah mengkudu bagai artis yang sedang naik daun.

Demikianlah artikel mengenai 10 Manfaat buah Mengkudu bagi kesehatan, Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *