10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat

10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat:

1.  Jangan tunggu lagi.. Mulailah sekarang juga!

Siapapun tahu bahkan Anda, menurunkan berat badan tidak cukup Cuma bermodalkan keinginan dan niat saja. Anda harus memiliki tekad dan semangat yang sungguh-sungguh. Bagaimana berat badan bisa turun, sementara Anda tak melakukan apa-apa. Jadi, jangan tunggu lagi.. Mulailah melakukan cara-cara untuk menurunkan berat badan Anda.

2. Target yang sesuai dan masuk akal

Sebelum Anda memulainya, pasang target di awal program penurunan berat badam. Dan ingat, target yang Anda tentukan harus realistis. Penurunan berat badan sebanyak 0,5 kg per minggu sudah sangat ideal. Penurunan berat badan yang drastis akan berbahaya bagi kesehatan Anda. Sebagai motivasi, Anda bisa menggantung celana jins atau hot pants favorit di tempat yang mudah terlihat. Pikirkan keinginan Anda untuk pakaian yang sudah Anda tinggalkan karena kenaikan berat badan Anda selama ini.

3. Jangan memaksakan diri sendiri, kesehatan jauh lebih penting

Tubuh kita membutuhkan 1.200-1.500 kalori setiap hari.  Kebutuhan kalori yang cukup akan menjaga tubuh tetap segar dan prima. Kekurangan kalori justru akan menghambat metabolisme tubuh. Dan, jika metabolisme tubuh lambat, lemak akan tertimbun, dan apa hasilnya? Berat badan akan semakin bertambah!! Tidak hanya itu saja, berbagai penyakit akan lebih mudah menyerang!!

4. Percepat waktu makan pagi dan makan malam Anda    

Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan, 4.000 orang dewasa di Amerika yang sudah terbukti sukses menurunkan berat badan sebanyak 15 kg dalam satu tahun adalah orang-orang yang selalu sarapan. Bagi Anda yang sebelumnya terbiasa makan pagi pada jam 9 pagi, rubah kebiasaan  tersebut menjadi jam 7 pagi. Makan pagi lebih awal akan mempercepat proses pembakaran energi. Hal yang berbeda berlaku untuk makan malam. Hindari makan malam menjelang tidur. Makan malam menjelang tidur hanya akan membuat penumpukan lemak semakin banyak. Bila Anda sangat lapar, makanlah makanan kecil dengan protein rendah, dan perbanyak minum air putih.

5. Atur kualitas menu makan pagi dan makan malam Anda.

Pada pagi hari, cobalah untuk mengkonsumsi menu sarapan yang mengandung 300-400 kalori. Menurut dr. Pauline Endang SpGK, seorang dokter spesialis gizi di Jakarta, Anda sebaiknya menghindari makanan yang berlemak tinggi. Anda bisa memilih 100 gram nasi dengan lauk 1 potong ikan dan 1 mangkuk sayur, atau satu tangkup roti panggang dengan telor dadar 1 dan 1 mangkuk salad, atau makanan sejenis dengan kandungan kalori yang setara.

10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat

10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat (Ilustrasi)

6. Mengunyah makanan lebih banyak, setidaknya 20 kali

Berapa kali Anda mengunyah makanan Anda ketika makan? Jika kurang dari 20 kali, biasakan untuk menambah jumlah kunyahan Anda. Mengapa? Karena semakin lama Anda mengunyah, maka makanan akan lebih lembut dan mudah dicerna. Dan berhubungan dengan program diet Anda, semakin lama Anda mengunyah, Anda akan lebih merasa lebih kenyang, walaupun dengan porsi makan yang sama.

7. Perbanyak air putih

Kekurangan minum air putih akan menambah beban kerja ginjal yang menyebabkan terjadinya dehidrasi. Kekurangan minum air putih akan mengganggu kinerja metabolisme tubuh. Mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5 liter atau 8 – 10 gelas per hari akan memperlancar kerja organ pencernaan dan mempermudah program diet sehat.

8. Perbanyaklah aktifitas tubuh

Berolahragalah 30-60-90 menit sehari, 3-4 kali seminggu, lakukan dengan rutin. Perpaduan aerobic, misalnya joging dan jalan kaki yang dilakukan berselang setiap 3 menit akan sangat efektif untuk membakar lemak tubuh. Atau jika Anda tidak sempat, cobalah untuk berjalan kaki mengelilingi rumah atau tempat kerja selama +/- 5 menit. Hal tersebut bisa membakar  200 sampai 300 kalori. Bila Anda ingin melakukan hal yang sedikit lebih ekstrim, jogging pada siang hari akan sangat cepat untuk menurunkan berat badan.

9. Perbanyak makanan berserat

Makanan berserat tinggi berperan banyak untuk mengurangi lemak. Semakin banyak makanan berserat yang Anda konsumsi,  feses akan mudah membesar, karena serat bersifat mudah menyerap air. Rata-ta orang dewasa membutuhkan 21 gram serat setiap hari.

10. Protein itu penting!!

Mengkonsumsi buah atau sayur saja akan membuat Anda mudah kelaparan. Di setiap menu makan Anda, konsumsilah setidaknya 15%-20% protein untuk menunjang metabolisme tubuh. Carilah makanan yang mengandung kadar protein yang sesuai dengan kesukaan Anda. Masih cukup menyenangkan bukan? Anda hanya perlu menyesuaikan makanan yang sesuai untuk program diet Anda.

Demikianlah artikel 10 Tips Menurunkan Berat Badan Dengan Sehat, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*