4 Kebiasaan di Pagi Hari Ini Dapat Mengakibatkan Naiknya Berat Badan

Tahukah anda, jika waktu bangun tidur dan apa yang anda lakukan setelahnya dapat mempengaruhi berat badan? Jika anda saat ini anda sedang mengeluhkan berat badan yang semakin hari bertambah sehingga terancam obesitas, mungkin anda perlu memperhatikan kebiasaan apa saja yang anda lakukan selama ini di saat bangun tidur di pagi hari.

Yuk, cek 5 kebiasaan pada pagi hari yang bisa mengakibatkan berat badan mengalami kenaikan:

  1. Tidur terlalu lama

Kurang tidur memang tidak baik untuk kesehatan, tapi terlalu banyak tidur juga tidak baik lho. Tidur lebih dari 10 jam per hari ternyata dapat berpotensi menaikkan berat badan. Seseorang yang menerapkan jatah tidur lebih dari 10 jam setiap harinya, memiliki risiko mengalami obesitas lebih tinggi. Jam tidur yang disarankan ialah 7-8 jam setiap harinya. Selain itu, jangan lupakan pula untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Menurut survei yang pernah dilakukan oleh National Sleep Foundation, kamar yang rapi akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang menjadi lebih baik.

  1. Abai terhadap berat badan
Penyebab berat badan naik

Penyebab berat badan naik (Ilustrasi/pixabay)

Obesitas seringnya menimpa orang yang tidak terlalu mempedulikan timbangan berat badannya. Mulai sekarang, coba deh untuk menimbang berat badan setiap pagi. Dengan selalu mengecek berat badan di pagi hari, anda pun jadi bisa mengontrol makanan apa yang boleh anda makan dan terlarang untuk hari ini. Selain itu, motivasi untuk menjaga berat badan tetap ideal juga akan selalu bergelora, karena anda pupuk setiap harinya.

  1. Tidak sarapan

Seseorang yang melewatkan sarapan, biasanya akan makan berlebihan pada siang hari sehingga membuat berat badan justru semakin naik. Sebaiknya sarapan tidak ditinggalkan, karena juga bermanfaat untuk membuat anda lebih berkonsentrasi pada segala aktivitas yang menanti. Sebuah penelitian dari University of Missouri Columbia menyarankan untuk mengonsumsi yang mengandung protein saat sarapan, agar rasa kenyang bisa bertahan lebih lama hingga siang.

  1. Tak terkena sinar matahari pagi

Jika anda selama ini terbiasa menghabiskan waktu di dalam rumah saja saat pagi, mungkin itu yang menjadi penyebab berat badan tidak terkontrol. Mulai sekarang, biasakan beraktivitas di luar rumah pada pagi hari. Anda dapat berjalan kaki atau pun bersepeda untuk menikmati keindahan pagi. Sebuah penelitian menjelaskan bahwa sinar matahari pagi berpengaruh terhadap berat badan seseorang, orang yang terbiasa berjemur di bawah sinar matahari pada pagi hari, memiliki kecenderungan mempunyai berat badan yang lebih rendah dibanding yang tidak.

Nah, itulah 4 kebiasaan di pagi hari yang dapat mengakibatkan meningkatnya berat badan jika tak berusaha untuk anda hentikan. Demi berat badan ideal, mau kan merubah kebiasaan-kebiasaan tersebut?

Leave a Reply

*