4 Makanan yang Baik dikonsumsi Saat Sakit Gigi

Mengalami sakit gigi pasti sangat tidak enak rasanya. Gigi yang cenat-cenut juga bisa berimbas pada sakit kepala. Rasa sakit yang tak tertahankan juga akan membuat anda menjadi sangat sensitif, apalagi jika mendengar bunyi berisik. Hanya mendengar suara gaduh saja rasanya sudah sangat terganggu, apalagi jika diharuskan untuk makan yang sudah jelas perlu mengandalkan gigi untuk mengunyah makanan. Tapi jangan sampai tidak makan ya, karena bagaimana pun tubuh anda memerlukan makanan sebagai sumber energi.

Nah, berikut ini 4 makanan yang dapat anda konsumsi saat sakit gigi:

  1. Sup

Sup dapat menjadi makanan yang mudah dimakan saat sakit gigi. Gizi yang ada pada sup juga akan memberikan tubuh energi, sehingga lebih cepat pulih dari sakit. Anda dapat menyiapkan sup ayam, sup sayur, maupun sup buah untuk anda konsumsi saat sedang sakit gigi.

  1. Kentang
Makanan buat orang sakit gigi

Makanan buat orang sakit gigi (Ilustrasi/pixabay)

Kentang merupakan jenis sayuran yang mengandung serat dan bergizi tinggi. Anda dapat mengonsumsi kentang yang sudah direbus atau pun dipanggang. Untuk memudahkan makan ketika sakit gigi, haluskan kentang terlebih dahulu sehingga memiliki tekstur yang lembut.

  1. Yogurt

Yogurt mengandung kalsium yang akan membantu gigi sembuh lebih cepat. Selain itu, kandungan gizi yang terdapat pada yogurt juga akan membantu menjaga kesehatan tubuh anda. Tak ada salahnya menyediakan yogurt sebagai makanan untuk dikonsumsi saat sakit gigi. Dengan begitu, anda dapat langsung menelan makanan tanpa mengunyahnya terlebih dahulu.

  1. Keju

Seperti halnya yogurt, keju juga termasuk jenis makanan yang kaya akan kalsium dan zat besi. Nutrisi tersebut berguna untuk memperkuat tulang dan gigi. Selain itu, nutrisi lainnya pada keju dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh sehingga akan mempercepat proses penyembuhan anda ketika mengalami sakit gigi.

Itulah 4 makanan yang baik dikonsumsi ketika sakit gigi. Supaya sakit gigi segera sembuh, jangan lupa untuk berobat ke dokter gigi. Memeriksakan gigi secara berkala juga penting untuk memantau kesehatan gigi. Pastikan pula untuk membersihkan gigi secara teratur ya.

Leave a Reply

*