5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan 1

5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan

5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan – Salah satu komponen kunci dari makan adalah mengunyah makanan dengan kesadaran. Hal ini mungkin tampak seperti sebuah konsep sederhana, namun kapan terakhir kali Anda benar-benar sadar mengunyah?

Lain kali Anda mengunyah makanan, perhatikan berapa kali Anda mengunyah dan refleks alami Anda untuk menelan. Di kehidupan serba cepat ini, mungkin Anda tidak sadar hanya biasa mengunyah makanan hanya dua atau tiga kali. Padahal kegiatan mengunyah makanan memiliki dampak yang signifikan pada kesehatan.

Berikut adalah lima alasan agar Anda menjadi sadar pentingnya mengunyah makanan dengan baik dan benar, sebagaimana dilansir dari USNews, Kamis (12/3/2015).

5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan

Membantu pencernaan

Mengunyah makanan dua atau tiga kali saja tidak baik untuk pencernaan. Semakin banyak mengunyah, makanan akan lebih baik dan mudah dipecah oleh enzim pencernaan yang dikeluarkan sejak makanan ada di mulut. Ketika makanan tidak dicerna dengan benar, risiko kembung bisa terjadi.

5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan
5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan (Ilustrasi/Foto: Usnews)

 

Meningkatkan penyerapan nutrisi

Semakin banyak mengunyah, semakin banyak nutrisi yang akan diserap tubuh untuk menyehatkan tubuh kita. Jika Anda benar mengunyah makanan Anda, makanan akan dicerna dan dimetabolisme dengan lebih efektif.

Mengontrol berat badan

Ketika Anda mengunyah secara sadar, Anda akan memperlambat kecepatan makan. Dengan ini, Anda dapat lebih menyadari sinyal rasa lapar dan kenyang, yang dapat menurunkan risiko makan berlebihan. Cobalah mengunyah makanan 15 sampai 30 kali.

Merasakan makanan

Penelitian menunjukkan bahwa banyak orang menyadari gigitan pertama pada makanan kemudian melahap sisa makanan tanpa berpikir. Mengingat rasa memainkan peran penting dalam mengapa Anda memilih salah satu makanan daripada yang lain.

Menghargai makanan

Ketika Anda memperlambat mengunyah makanan, Anda akan lebih sadar dalam mengunyah dan Anda akan lebih bisa menghargai makanan. Menghargai bagaimana makanan Anda dibuat dan mengapresiasi lingkungan yang menciptakan makanan dapat membangun dasar hubungan yang sehat dengan makanan. (Sumber: Okezone.com)

Selain ke lima alasan mengapa makanan harus dikunyah, saya punya pengalaman, bahwa mengunyah makanan dapat menyelamatkan nyawa. Waktu itu, saya makan ikan teri kecil, karena mungkin ikan terinya kecil sekali, sehingga yang menangkapnya tidak sadar kalau ada pecahan kaca yang ikut terjaring. Pecahan kaca itu saya kunyah, dan saya sadar, itu adalah pecahan beling. Coba Anda bayangkan seandainya makanan itu tidak dikunyah atau cuma dikunyah 1-2 kali? Mungkin saya tidak sadar kalau ada pecahan beling di dalamnya.

Demikianlah 5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
5 Alasan Anda Harus Mengunyah Makanan Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 241 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *