5 Faktor Penyebab Kepikunan Dan Tips Meminimalisirnya

Tahukah anda kenapa ada sekian banyak manusia yang mengalami kepikunan di masa muda ? Ya, kalau pikun di masa tua sih itu suatu kewajaran karena mungkin faktor usia, tapi kenapa di jaman modern ini semakin banyak saja orang yang usianya masih muda sudah mengalami kepikunan? Dan ini bukanlah hal yang wajar ketika harus mengalami kepikunan di usia yang seharusnya masih mempunyai daya ingat yang terus berkembang, mari kita cari beberapa penyebab kepikunan di masa muda dan cara meminimalisir kepikunan di masa muda dan masa tua.

Penyebab kepikunan

Penyebab dan cara mencegah kepikunan

Penyebab dan cara mencegah kepikunan (Ilustrasi/pixabay)

Beberapa faktor yang menyebabkan kepikunan di masa muda :

1. Sering begadang

Tidak bisa dipungkiri terlalu seringnya begadang bisa melemahkan ingatan kita di masa sekarang dan di masa yang akan datang, karena ketika kita sering begadang secara otomatis fokus fikiran kita melemah, daya tahan tubuh menurun.

2. Beban fikiran

Beban fikiran juga bisa menyebabkan manusia mengalami kepikunan di masa muda, karena ketika manusia terbentur pada suatu masalah dan terlalu memikirkanya secara otomatis otak kita langsung merespon dan fokus pada masalah tersebut dan mengabaikan hal lainnya dalam hidup kita.

3. Meminum minuman k*ras dan nark*tika

Ini adalah hal yang lumrah di kalangan remaja saat ini bahkan bukan hanya remaja, anak kecil sekalipun sudah terbiasa dengan hal seperti ini. Dengan kita mengonsuminya secara perlahan daya ingat kita melemah, karena di dalamnya terdapat beberapa zat yang berbahaya yang bisa menyebabkan kepikunan atau bahkan kematian.

4. Makanan yang kita konsumsi

Pada dasaranya semua makanan boleh di konsumsi, tapi ada takaran-takaran tertentu untuk mengonsumi makanan tersebut. Ada sebagian makanan yang tidak boleh kita konsumsi secara berlebihan

5. Memakai handsfree saat tidur / mendengarkan lagu terlalu keras

Mendengarkan musik terlalu keras bisa menyebabkan pendengaran dan ingatan kita melemah karena pada saat tidur harusnya syaraf – syaraf kita beristirahat bukannya malah diganggu dengan mendengarkan musik yang terlalu keras.

Mencegah kepikunan

Beberapa upaya untuk meminimalisir kepikunan di masa muda dan masa tua :

1. Tidur secara teratur

Tidurlah secara teratur karena tubuh kita memerlukan waktu untuk istirahat 8 jam dalam sehari, karena dengan tidur teratur otot dan syaraf kita bisa beristrahat sejenak untuk melepaskan lelah setelah beraktiftas seharian penuh.

2. Bangun di waktu seperempat malam dan mandi

Mungkin sebagian orang merasa aneh dengan upaya yang satu ini, tapi ini nyata dialami oleh salah satu manusia atau sebagian manusia di pelosok negri ini. Dulu ada seorang kakek yang usianya sampai 101 tahun, di usianya yang sudah cukup tua itu ingatanya masih saja tajam bahkan syaraf matanya pun masih bisa melihat dengan jelas, badannya masih bisa berdiri tegak layaknya anak remaja usia 17 tahun. Ketika saya tanya “ kek, kok bisa sih di usia yang sudah setua ini masih sehat bugar, ingatan tajam , pandangan pun normal sudah seperti anak remaja usia 17 tahun saja” lalu kakek itu menjawab dengan gampangnya “ kamu cukup bangun di waktu seperempat malam lalu mandi karena mandi di seperempat malam bisa me refresh otak kita yang sudah lelah bekerja selama seharian penuh

[Baca juga: 5 Fakta dan Mitos seputar Alzheimer]

3. Konsumsi makanan secara teratur

Pola hidup yang sehat atau mengonsumsi makanan secara teratur bisa mengurangi proses kepikunan di masa muda dan masa tua.

4. Piknik

Istilah yang lagi booming di jaman sekarang ini , bahkan ada celotehan anak remaja “ jangan marah – marah mulu nanti keliatan kurang piknik “ celotehan yang cukup fenomenal di jaman sekarang ini, tapi ini memang benar, sekali kali kita butuh piknik atau sekedar bercengkrama dengan dunia hiburan untuk melepas penat kehidupan dan pekerjaan yang selama ini menjadi aktifitas keseharian kita, sehingga otak kita menjadi fresh kembali.

5. Hindari stres

Stres yang berlebihan bisa menyebabkan kita gelisah tak karuan, dan mengakibatkan otak kita tidak berfungsi dengan baik sehingga menyebabkan kepikunan.

Itulah beberapa tips untuk menghindari kepikunan dan beberapa hal yang menyebabkan kepikunan yang bisa saya sharing menurut pengalaman beberapa orang yang ada di kehidupan nyata , bukan kehidupan dunia maya 🙂 . Salam lestari , salam gerakan anti pikun 🙂

Leave a Reply

*