Makanan untuk menjaga jantung sehat
Makanan untuk menjaga jantung sehat (Ilustrasi/pixabay)

5 Makanan Ini Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat

Padatnya aktivitas yang harus dijalani setiap harinya ditambah dengan kurangnya berolahraga akan membuat seseorang lebih mudah terserang penyakit berbahaya, termasuk adanya gangguan pada organ jantung. Untuk mencegah datangnya penyakit tersebut, pola hidup sehat perlu anda terapkan, yang paling mudah ialah dengan mulai memilih makanan yang kita konsumsi setiap hari. Beberapa makanan ternyata ampuh membuat denyut jantung berdetak dengan teratur. Stabilnya denyut jantung tersebut akan membuat organ jantung lebih sehat. Nah, berikut inilah makanan yang perlu anda konsumsi untuk kesehatan jantung anda:

1. Omega 3

Makanan yang mengandung asam lemak omega 3 banyak terdapat pada hewan laut, seperti: ikan tuna, tiram, dan lain-lain. Omega 3 juga dapat anda temukan pada kacang-kacangan, seperti: kacang kenari. Makanan dengan kandungan omega 3 bermanfaat untuk jantung karena dapat mencegah denyut jantung berdetak tak beraturan.

2. Biji-bijian

Makanan untuk menjaga jantung sehat
Makanan untuk menjaga jantung sehat (Ilustrasi/pixabay)

Biji-bijian kaya akan vitamin B, serat, antioksidan, serta berbagai mineral, seperti: magnesium, zinc, dan zat besi. Dengan kandungan yang lengkap tersebut, menjadikan biji-bijian sebagai sumber karbohidrat tentunya dapat mencegah penyakit masuk ke tubuh. Adapun jenis biji-bijian, antara lain: beras merah, gandum, dan lain-lain.

3. Apel

Sebuah penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi 2 buah apel setiap harinya dapat mencegah seseorang mengalami serangan jantung. Penelitian tersebut juga menjelaskan di dalam buah apel terkandung senyawa quercetin dan pektin yang baik bagi kesehatan jantung.

4. Kubis

Kubis memiliki kandungan vitamin A, C, kalsium, dan potasium yang dibutuhkan tubuh, termasuk organ jantung. Oleh karena itu, sayuran yang juga mengandung senyawa fitronutrien ini juga sebaiknya anda konsumsi agar jantung lebih sehat.

5. Anggur

Anggur juga termasuk salah satu buah-buahan yang memiliki kandungan quercetin. Senyawa quercetin inilah yang akan menjaga pembuluh darah agar tidak mengalami penyumbatan. Jika aliran darah berjalan lancar ke seluruh tubuh berarti organ jantung bekerja dengan normal dan berdenyut secara stabil.

Nah, itulah 5 makanan yang dapat menjadi menu pilihan untuk mencegah penyakit jantung. Yuk, jaga kesehatan tubuh dimulai dari menentukan apa yang kita konsumsi.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- menjaga jantung tetap sehat

data-ad-format="link">
5 Makanan Ini Menjaga Jantung Anda Tetap Sehat Post in | Last updated: August 16th, 2016 | 49 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *