Kebiasaan sehat sebelum berangkat kerja
Kebiasaan sehat sebelum berangkat kerja (Ilustrasi/pixabay)

5 Rahasia Kebiasaan Sehat Sebelum Berangkat Kerja

Bekerja merupakan aktifitas sehari-hari yang bisa menguras tenaga. Anda dan orang lain memiliki tujuan yang sama ketika bekerja, yaitu untuk menghasilkan pendapatan dan menjadi sukses dalam karir. Menjadi sukses memang menjadi tujuan banyak orang. Ketika kesuksesan harus dibayar mahal dengan bekerja, maka orang-orang kebanyakan rela bekerja sampai mengesampingkan kesehatan dan keamanan dirinya. Padahal kesehatan juga penting untuk dijaga. Sang bos juga sebenarnya akan memperhatikan kesehatan dari si pekerja agar produktifitasnya bisa tetap tinggi.

Kebiasaan sehat sebelum berangkat kerja
Kebiasaan sehat sebelum berangkat kerja (Ilustrasi/pixabay)

Nah kali ini kita akan membahas mengenai 5 Rahasia Kebiasaan Sehat Sebelum Berangkat Kerja. Anda bisa mengikuti tips sederhana di bawah ini agar pekerjaan anda bisa nyaman dan tidak terganggu karena kebiasaan yang justru tidak menyehatkan sebelum anda berangkat bekerja.

1. Bangun Pagi

Bagi anda yang susah untuk bangun pagi, jangan berharap bisa memulai kebiasaan sehat dari sekarang. Kenapa orang-orang sukses selalu bangun pagi? Karena ada banyak faktor mereka sudah beraktifitas ketika orang masih tidur dengan lelap. Jangan langsung membuka smartphone anda. Pergilah ke kamar mandi kemudian cucilah muka dan tangan anda.

Bagi anda yang muslim, jangan lupa untuk sholat shubuh. Selesai beribadah, Jangan langsung tidur. Hiruplah udara segar yang dihasilkan pada pagi hari. Udara yang kaya oksigen akan mendorong otak untuk lebih berpikir positif dan tenang. Bangun tidur lebih pagi juga memberikan keuntungan bagi anda untuk mempersiapkan segala hal yang perlu sebelum bekerja, misalnya deadline presentasi atau laporan bulanan. Bangun pagi mengurangi anda dari risiko keterlambatan masuk kerja.

2. Minum Segelas Air Putih

Setelah anda bangun tidur perut dalam kondisi kosong. Pada saat perut dalam kondisi seperti itu, disarankan untuk meminum segelas air putih. Dalam keadaan kosong, perut akan lebih mudah menyerap kandungan mineral dalam air putih. Minum air putih sehabis bangun tidur juga dapat memperlancar sistem pencernaan, detoksifikasi racun tubuh, mengurangi sakit kepala dan juga membantu anda yang sedang diet. Karena ternyata meminum air putih sehabis bangun tidur dapat membersihkan lemak. Air akan mencuci lemak karena metabolisme tubuh yang semakin meningkat.

Hal yang perlu anda perhatikan ialah cukup meminum air putih satu atau dua gelas saja. Karena apabila berlebihan akan memicu peningkatan volume darah yang akan memberatkan kerja jantung di pagi hari. Anda bisa mencampur air putih dengan lemon atau madu asli untuk mengurangi rasa mulas di perut.

3. Olahraga Ringan

Pagi hari setelah bangun tidur merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga kecil. Olahraga ringan tidak membutuhkan waktu lama dan energi besar untuk melakukannya. Olahraga ringan seperti berlari kecil, push-up atau bermain skeeping akan membuat tubuhmu menjadi lebih fit. Tubuh akan mengeluarkan senyawa endorfin yang berfungsi meningkatkan kadar energi dalam tubuh. Olahraga ringan juga membantu kamu untuk fokus dalam menghadapi tugas yang diberikan oleh atasan pada saat bekerja nanti.

Sebelum olahraga jangan lupa melakukan pemanasan untuk menghindari cedera, karena otot otot masih belum siap untuk melakukan gerakan gerakan berat. Waktu yang baik untuk olahraga pagi ialah sekitar pukul 6 pagi. Pada saat olahraga, tarik nafas dalam-dalam agar pasokan oksigen pagi meningkatkan daya ingat otak karena darah yang kaya oksigen akan dipompa menuju pembuluh darah ke otak. Lakukan olahraga ringan ini lebih kurang 20 menit. Bila rutin melakukannya, maka kebugaran tubuh akan anda dapatkan.

4. Mandi Air Dingin

Setelah olahraga ringan, saatnya anda membersihkan diri. Mungkin banyak diantara kita yang tidak biasa mandi pagi karena tidak kuat karena suhu yang terlalu dingin. Banyak dari kita mandi memakai air hangat untuk menetralisir suhu dingin di pagi hari. Air hangat justru akan merelaksasi otot dan membuat tubuh yang habis olahraga justru lemas. Ini memicu terjadinya rasa kantuk.

Mandi pagi akan memperlancar sistem peredaran darah dan aktifitas syaraf yang semakin aktif. Adanya reaksi dingin setelah mandi akan menimbulkan reaksi positif yang menyehatkan. Mandi pagi juga diketahui dapat meningkatkan kesuburan, meningkatkan sistem imun tubuh dengan meningkatnya sel darah putih, dan menurunkan risiko serangan hipertensi atau darah tinggi.

5. Sarapan Sehat

Ketika kecil anda mungkin selalu diberikan sarapan oleh orang tua. Semua bahan sarapan sudah disediakan oleh orang tua. Namun seiring bertambahnya usia, sarapan sudah sering anda tinggalkan dengan alasan sibuk dan tergesa gesa berangkat bekerja sehingga tidak sempat menyediakan sarapan. Jika kita tidak sarapan, maka kadar gula darah dalam tubuh akan berkurang drastis sehingga konsentrasi anda saat bekerja akan berkurang.

Kita mesti memperhatikan menu sarapan yang seimbang. Kriteria sarapan yang baik ialah sarapan yang mengandung protein. Konsumsi karbohidrat yang terlalu banyak seperti nasi, jagung atau gandum akan menaikkan kadar gula darah secara spontan yang justru akan menyebabkan kita menjadi mengantuk. Konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi dan rendah karbohidrat seperti telur, susu, buah pisang, semangka, melon, atau berbagai jenis sayuran hijau kaya serat. Protein akan mensuplai nutrisi dan energi yang dibutuhkan tubuh tanpa meningkatkan kadar gula di dalam darah. Sehingga tubuh bisa lebih siap menerima aktifitas melelahkan ketika kita bekerja.

Demikian artikel mengenai 5 Rahasia Kebiasaan Sehat Sebelum Berangkat Kerja. Menjaga kesehatan memang menjadi hal yang penting. Kebiasaan sederhana sebelum berangkat kerja bisa dimulai setiap hari. Menerapkan kebiasaan ini akan memberikan energi positif bagi jasmani dan rohani kita. Bila jasmani dan rohani telah sehat, maka bekerja-pun akan semakin menyenangkan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- olahraga pagi sebelum kerja, - sarapan sebelum kerja, - olahraga sederhana sebelum beraktifitas kerja, - olah raga sedang sebelum berangkat kerja, - menu sarapan sehat sebelum kerja, - sarapan yang baik sebelum bekerja, - berangkat kerja, - sarapan sehat sebelum bekerja, - makanan sebelum kerja, - Makan sebelum kerja

data-ad-format="link">
5 Rahasia Kebiasaan Sehat Sebelum Berangkat Kerja Post in | Last updated: December 30th, 2015 | 856 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *