cara menyimpan bahan makanan agar awet
cara menyimpan bahan makanan agar awet (Ilustrasi/pixabay)

7 Tips Menyimpan Bahan Makanan Tetap Awet Selama Seminggu

Bagi para ibu rumah tangga, berbelanja bahan pokok pasti hal yang menjadi kebutuhan. Namun, terkadang rutinitas sehari-hari sudah sangat menyita waktu sehingga tak sempat lagi untuk berbelanja. Untuk menyiasatinya, anda bisa berbelanja dalam jumlah yang lebih banyak. Agar tetap segar, berikut ini kami bagikan tips menyimpan bahan makanan di dalam kulkas:

Cara menyimpan bahan makanan agar awet

  1. Untuk daging dan ikan, simpanlah pada sebuah wadah, kemudian masukkan di freezer agar beku sehingga dapat lebih tahan lama. Untuk ikan, tips agar lebih awetnya ialah dengan mencucinya bersih, kemudian lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis.
  2. Tempatkan sayuran, seperti: wortel, buncis, dan lain-lain dalam satu wadah, untuk sayuran berdaun seperti bayam dan kangkung, sebaiknya pisahkan dengan gagangnya terlebih dulu sebelum ditempatkan di wadah terpisah.
cara menyimpan bahan makanan agar awet
cara menyimpan bahan makanan agar awet (Ilustrasi/pixabay)
  1. Bumbu dapur, seperti: jahe, lengkuas, kunyit, dan lain-lain dibungkus menggunakan alumunium foil.
  2. Apabila anda ragu mengonsumsi telur yang telah tersimpan lama di kulkas, cara menguji kualitasanya ialah dengan memasukkan telur pada larutan garam. Apabila telur tenggelam, tandanya masih segar dan dapat digunakan. Sebaliknya, bila mengambang di permukaan air berarti telur sudah tidak bagus lagi untuk dikonsumsi.
  3. Untuk brokoli, pastikan dulu tak ada ulat yang bersembunyi di sayuran tersebut sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Caranya, celupkan brokoli pada air hangat, setelah ulat keluar angkat dan kibaskan. Jangan lupa masukkan brokoli pada plastik untuk menjaga dari kelembaban. Setelah itu baru disimpan di dalam kulkas.
  4. Apabila sayuran sedikit layu, ada tips khusus untuk menyegarkannya kembali. Caranya dengan mencampur perasan air lemon ke dalam semangkuk air dingin. Rendam sayuran tersebut selama setengah jam, lalu tiriskan. Anda dapat menggunakannya sebagai isi sandwich atau pun memasaknya.
  5. Lebih baik masak terlebih dahulu bahan makanan yang akan cepat busuk apabila terlalu lama disimpan, seperti: kangkung, tauge, bayam, dan lain-lain.

Itulah beberapa cara menyimpan bahan makanan agar awet selama satu minggu. Dengan cara penyimpanan yang benar, akan membuat sayuran dan bahan makanan lainnya menjadi lebih awet dan segar. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- apakah awet menaruh sayuran dan ikan seminggu, - cara menyimpan bahan makanan agar tetap segar, - cara menyimpan bahan makanan dalam kulkas slama seminggu, - cara penyimpanan bahan makanan agar tetap awet, - masakan sayur yang awet seminggu, - tips menyimpan bahan makanan selama seminggu di kulkas, - tips menyinpan makanan dalam seminggu

data-ad-format="link">
7 Tips Menyimpan Bahan Makanan Tetap Awet Selama Seminggu Post in | Last updated: August 25th, 2017 | 200 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *