8 Zat Penting Di Dalam Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Infosehatkeluarga.com – Tubuh kita memerlukan sistem imun yang bekerja dengan baik untuk menjaga diri dari berbagai serangan dari luar tubuh. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa orang-orang yang hidup dalam kemiskinan dan tidak mendapatkan asupan gizi yang baik menjadi lebih rentan terkena penyakit infeksi, apalagi yang ada secara tetap saat ini di bumi khatulistiwa seperti penyakit infeksi thyphoid (tifus), tuberkulosis (TBC) dan sebagian kecil penyakit infeksi cacing. Seperti halnya pasukan pengawal keamanan yang menjaga keamanan suatu wilayah, maka tubuh kita pun mempunyai sekian macam dan banyak pasukan penjaga kesehatan tubuh yang disebut imun sistem yang banyak berjajar di saluran pencernaan, oleh karena itu penting untuk mengetahui kandungan gizi yang baik yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh dan menunjang beragam aktivitas kita sehari-hari.

Zat Penting Di Dalam Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Zat Penting Di Dalam Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh (Ilustrasi/pixabay)

Apakah kandungan gizi di dalam makanan yang kita santap sehari-hari sudah cukup untuk menunjang kerja sistem imun untuk menangkal berbagai kuman yang masuk melalui berbagai cara ( udara yang dihirup atau makanan dan minuman yang dikonsumsi)? Bisa jadi Anda tidak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur dan dalam jumlah yang cukup. Dalam kasus ini mengonsumsi suplemen multivitamin dan mineral bisa mengompensasi kebutuhan tubuh yang tidak didapatkan langsung dari pola diet kita sehari-hari. Beberapa peneliti berpendapat mengonsumsi multivitamin dalam kadar yang moderat lebih baik dibandingkan dengan mengonsumsi vitamin dosis besar, ternyata dosis lebih banyak belum tentu memberikan efek lebih baik.

Baca juga:

Bagaimana sistem imun tubuh kita bekerja

Tanda-tanda sistem imun tubuh yang buruk

6 Cara meningkatkan daya tahan tubuh tanpa obat

Berikut adalah beberapa zat penting di dalam makanan yang dapat berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh

  1. Selenium


Banyak terdapat diantaranya dalam ikan tuna, udang, ikan sardin dan ikan salmon. Manusia tidak membutuhkan terlalu banyak mineral Selenium, akan tetapi apabila zat ini kurang terdapat di dalam diet untuk waktu yang tertentu maka akan meningkatkan risiko terjadinya kanker di berbagai organ seperti kandung kemih, pa*yu*da*ra, usus besar, paru-paru dan pro*stat.

  1. Vitamin A

Banyak terdapat diantaranya dalam ubi jalar, wortel dan bayam merupakan salah satu sumber makanan yang banyak mengandung vitamin A. Para ahli telah lama mengetahui bahwa vitamin A memiliki peran penting dalam mempertahankan keutuhan permukaan lapisan lendir di dalam tubuh. Oleh karenanya kekurangan vitamin A kerap dihubungkan dengan kerusakan daya tahan tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya penyakit menular pada seseorang.

  1. Vitamin B2

Banyak terdapat diantaranya dalam daging sapi, daging kambing, kacang almon dan telur rebus. Dalam percobaan di makhluk hidup diketahui bahwa vitamin B2 meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri.

  1. Vitamin B6

Banyak terdapat diantaranya dalam ikan tuna, kalkun, ayam, daging sapi, daging ayam dan kentang. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa kekurangan vitamin B6 di dalam tubuh dapat menghambat respon imun, misalnya terjadi keterlambatan dalam proses pematangan limfosit, salah satu sel yang berperan penting dalam mempertahankan tubuh dari serangan dari luar.

  1. Vitamin C

Beberapa makanan yang mengandung banyak vitamin C diantaranya ialah pepaya, paprika, brokoli, stroberi, jeruk dan kiwi. Peran langsung vitamin C terhadap sistem imun belum diketahui secara pasti, diduga vitamin C bekerja sama dengan mikronutrien lain untuk menunjang daya tahan tubuh.

  1. Vitamin D

Beberapa makanan dan minuman yang banyak mengandung vitamin D diantaranya ialah ikan salmon, ikan sardin, ikan tuna, susu sapi dan telur. Para peneliti menemukan bahwa vitamin D yang diproduksi di dalam tubuh ketika kulit terpapar oleh sinar matahari mengeluarkan sinyal yang berfungsi dalam memerangi mikroba seperti bakteri tuberkulosa.

  1. Seng

Beberapa makanan yang mengandung seng diantaranya ialah daging sapi, daging kambing, biji wijen, kacang mede dan kalkun. Mineral seng disebutkan sebagai salah satu elemen penting di dalam sel untuk menunjang mekanisme kekebalan tubuh. Kekurangan mineral seng di dalam tubuh akan menghambat fungsi sel T dan sel lain yang berperan dalam sistem imun.



Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- zat untuk daya tahan tubuh, - makanan yg menunjang imun tubuh, - obat dionicol untuk ibu menyusui?, - zat gizi makanan yang berfungsi menjaga ketahanan tubuh, - zat daya tahan imun tubuh, - mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh, - mineral yang berfungsi dalam menjaga kekebalan tubuh, - mineral tertentu yang berperan dalam menunjang fungsi imun, - mekasnisme kerja sengdidalam tubuh unggas, - zat zat yang dapat digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh
Gravatar Image

dr. Tessa Sitorini

Kontributor Infosehatkeluarga.com - Reigersbos, Amsterdam.

Enthusiastic, experienced in marketing, healthcare and customer care over 10 years with an excellent interpersonal and team-management skills
Gravatar Image

Latest posts by dr. Tessa Sitorini (see all)

Artikel Terkait dan Link Sponsor

8 Zat Penting Di Dalam Makanan Yang Dapat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Post in | Last updated: April 7th, 2016 | 316 views

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tes berhitung dulu *